Tuesday, April 21, 2009

ABI OpName Di GaNdaRia..

Fiuuhh... Kali ini kesabaran akan hal yang sama ditambah hal baru teruji kembali..

Hari pertama aku masuk kantor, aku kena flu.. ringan aja sih
Yang pasti karena kecapekan manage all things..
dan yang bikin sedih, Abi ikut tertular flu juga.. hiks
Mulai hari Kamis dia batuk2 kecil, berlanjut hari sabtu batuknya mulai terdengar berlendir,
dia berusaha mengeluarkan riak/dahak di dalam tenggorokan plus ingus, tapi namanya juga masih bayi belum tau caranya dan harus gimana.. kasian aku ngeliatnya.
Untung, Puji Tuhan.. Abi ga pake demam dan dia anak yang KUAT.
Nafsu minum nya pun tetep kuat, Kalo abis batuk2 malah suka ketawa2.. padahal kita yang ngeliat panik tuh..

Akhirnya, Senin Pagi.. Abi muntah2 karena berusaha keluarin riak nya
aku langsung bawa Abi ke RS.Gandaria (dalam pikirku saat itu, Gandaria yang terdekat)
aku daftar dg dr. Rini Purnamasari, spesialis anak yang bertugas paling pagi saat itu
dan Abi dpt urutan pertama..
Pas ditimbang, beratnya 5.560 kg (naik 410 gram dari 2 minggu yg lalu) hehehe..
Begitu diperiksa pake stetoskop, dokter blg ada lendir di paru2 dan harus dikeluarkan karena kalo dibiarkan bisa jadi cikal bakal asma ini berkelanjutan
masa sih?? di keluarga kami ga ada riwayat asma padahal...
tapi kemudian menawarkan pengobatan dengan uap (inhalasi) dan sinar (fisioterapi) supaya lendir mencair dan ga lekat di paru2 yang mengganggu pernapasannya
Aku sempat dikasih denger pake stetoskop, dan emang paru2 nya berisik banget pas dia bernafas.. kasian ya..

SO, supaya proses inhalasi lebih efektif ak putuskan Abi untuk opname aja selama 2 hari. Soalnya kalo rawat jalan kami harus bolak-balik selama 1 minggu, pagi dan sore.. kasian Abi

Kami dapat Kamar Flamboyan IV, yang katanya Ruang Rawat Inap Anak, untuk 2 orang (paling murah) seharga 475ribu/per malam. Ruang nya sempit, layout kurang bagus, kurang bersih, perawat kurang cekatan dan cenderung menyepelekan/meremehkan. Pegawai bagian depan pun kurang bagus pelayanannya: yang aku alami bagian admission.

Pas dianter ke ruang rawat inap, dia jalan di depan dan cepet banget tanpa basa basi kayak ga bawa pasien, padahal lagi gendong Abi ga mungkin juga jalan ujlag ujlug.
Sampe di sana.. uda ada penghuni 1 balita. Ranjang yang mo dipake Abi belum disiapin, terpaksa aku bersihin. Ga ada perlak ato lemek kain apa, terpaksa aku lemekin juga.

Ga ada perawat yang serah terima dg pihak admission, dan ga ada penjelasan apapun dari perawat ttg kamar itu juga pelayanan yang akan kami terima nantinya selama disitu.
Peralatan Mandi pun baru dikasih pas mo mandi, dan itu bukan peralatan mandi bayi melainkan orang dewasa. Halooo.. pasiennya tu sapa gitu lho!!
Pas mo mandi, washlap, Abi dipegang perawat muda umurnya 23 katanya.. ngeliat cara dia ngusapin anakku.. aku jadi was was.. ternyata dia ga biasa mandiin bayi
Dan lucunya, minyak telon-bedak ga disediakan.. untung aku bawa
SOrenya, aku lgs minta Abi dimandiin pihak keluarga aja.

Saat mo fisioterapi, kami harus ke ruang lain di gedung baru lantai 2.. kami diantar suster
tapi kejadian lagi deh.. suster nya ngujlug aja ke depan tanpa peduli kita di belakang
dan pas buka pintu, dia ga tungguin aku yg lagi gendong abi.. main bablas aja
terpaksa aku mundur dong, biar pintunya nutup dulu kan pintu otomatis gitu.. otomatis aku spontan bilang dengan pura2 ngomong ma Abi"aduh duh.. suster ini gimana ya Bi ya.. kita dicuekin aja nih dibelakang" eeehh.. suster nya senyam senyum tok!

Trus.. kalo kita butuh apa2.. nganterin nya lamaaaa super duper lama banget..
ga banget deh RS ini.. walopun deket.. tapi pelayanannya BURUK SEBURUK2nya..
yah menang deket aja..

Abi.. sehat ya.. kita keluar dari situ besok..
I Love You My Hero..

Wednesday, April 15, 2009

Being a Woman


Menjadi seorang wanita adalah Anugerah dari Tuhan dan Kehormatan..
Mungkin temans uda sering dengar or baca cerita ttg Tanya Jawab Tuhan dengan Malaikat ketika Tuhan menciptakan sosok wanita.
Di situ diceritakan bahwa Tuhan sungguh hati2 menciptakan sosok wanita.
Aku agak lupa kalimat2 di dalam ceritanya, tapi yg pasti di situ sangat jelas terungkap bahwa menjadi wanita itu sungguh merupakan pekerjaan menantang yg sangat komplit.

Wanita memang tampak rapuh dan lembut pun dianugerahi Tuhan emosi dan perasaan untuk bisa menangis tetapi dia harus menjadi tangguh dan tegar pada saat yang sama.
Wanita harus MAMPU untuk melakukan beberapa hal/pekerjaan yang sangat berbeda dan sangat dimungkinkan dalam waktu yang bersamaan pula.
Wanita berperan sebagai istri dan sebagai ibu yang merupakan tanggung jawab besar dan sangat berarti dalam perkembangan dan keharmonisan sebuah keluarga.
Wanita bisa menangis dalam marah dan dalam kesedihannya.
Dan satu hal... wanita harus banyak mengalah..

ada artikel yang aku upload di Facebook-ku, tentang pengorbanan seorang Ibu
bahwa Ibu adalah makhluk yang sangat hebat... karena dia adalah seorang wanita
ga terkatakan deh!

Mamieku.. juga sosok yang sangat hebat
di luar sikapnya yang selalu cerewet.. hehehe.. I Love You Mom
Mamie sangat tangguh dan tegar, mampu menjaga keluarga ini dari nol sampe sekarang
Ibu juga.. dengan kesabarannya.. mampu menjaga keharmonisan keluarganya

Can I?
I wish I Could..
Be Great Wife for papa Abi.. and WOnderful Mom for Abimanyu-ku

Tuesday, April 14, 2009

Jagoanku.. Hidupku

Ga terasa uda bulan April tahun 2009 ..
dan aku uda punya 2 jagoan sekarang dalam kehidupanku, My lovely husband and My son..
mereka lah sekarang yang menjadi tujuan hidup ku
yang aku ingin adalah mereka bahagia dan kami berkumpul bersama sebagai satu tim yang kompak dalam keluarga kristiani yang bisa saling berbagi cinta kasih..
muluk ga yach keinginanku ini??

So many things happened..
dari awal masa kehamilan Abimanyu sampe dengan kelahirannya
trus sekarang masa perkembangan Abi..
Perjuangan masih perlu dilanjutin, manakala aku n aji kerja di Jakarta dan saat ini ga ada sodara yang bisa membantu untuk menjaga Abi.
Aku yakin, banyak pasangan muda di Jakarta ini yang mengalami hal yang sama dengan ku dan mereka mengambil solusi dengan cara mereka sendiri yang pastinya uda dipertimbangkan kekurangan dan kelebihannya..
Kadangkala sulit buat ku untuk mengambil keputusan dalam menata kelanjutan hidup keluarga kecil ku.. makin kesini makin kompleks memang .. dan itu wajar
Semua orang akan mengalaminya, dan itu adalah seni dari hidup berkeluarga

Kehidupan di Jakarta dan taraf hidupnya ga memungkinkan aku untuk lepas kerja dan full untuk Abi (terpaksa..) dan juga ga memungkinkan untuk memilih jasa orang lain untuk menimang jagoan kecilku
Sempat terpikir, kami berpisah.. tapi ada perasaan ga rela tapi mo gimana lagi..
Di tangan orang2 terdekat dalam keluarga yang penuh kasih, jagoan kecilku pasti akan nyaman dan berkembang dengan baik

Selalu... Tuhan tumpuan ku untuk berbagi beban dan minta petunjuk
walopun Dia ga langsung menunjukkan jalan yang mana, tapi aku selalu yakin bahwa Dia akan mengarahkan langkahku menuju jalan-Nya

Di atas semua ini, keyakinan kita terhadap Tuhan ga boleh goyah..
Semoga rencana hidup yg kurancang sesuai dengan kehendak Tuhan dan semua baik adanya

Wednesday, April 8, 2009

Abimanyu 3 Minggu

16 hari usia Abi, menjelang 3 minggu..
banyak orang pasti akan menanyakan hal yang sama hehe..
"gimana rasanya jadi ibu baru?"
"gimana rasanya begadang untuk anak?"
"gimana rasanya menyusui?"
"gimana... dan gimana yang lain2..."

Pengalaman baru menjadi Ibu memang suatu hal yang ga bisa diungkapkan dg kata2
dari sakit kontrkasi dan melahirkan, sakit krn jahitan dan lemes saat pemulihan, sampe capek begadang .. menjadi hal baru yang sungguh tak akan terlupakan..

Menjelang Minggu 1
Aku masih dalam proses pemulihan, yang belum bisa banyak gerak, yang masih nyeri di bagian jahitan dan rahim karena penyusutan, dan ASI yang belum lancar.
Abi baru bisa menangis, dan pipis/pup, dengan raut muka yang datar..
muka memerah pas mo nangis, pas lagi ngulet.. lebih sering bobo daripada melek
Susu formula masih dikonsumsi Abi lebih banyak daripada ASI aku, hmm.. gpp ya nak yang penting kebutuhan kamu terpenuhi
Proses pengeluaran kotoran Abi belum begitu lancar..

Menjelang Minggu 2
Kondisi aku membaik, nyeri jahitan sudah berkurang banyak dan mulai bisa berjalan agak cepat hehe..
ASI ku pun mulai berproduksi lebih banyak dari Minggu 1
Susu formula sudah mulai berkurang untuk Abi, alias lebih banyak ASI aku
dan pengeluaran kotoran Abi sudah mulai lancar..
selain apa yang Abi lakuin di Minggu 1, dia mulai suka melek.. alias tenguk-tenguk
ekspresinya juga lebih banyak, dari yang mulutnya manyun, mewek, senyum2 sendiri, berlagak kayak orang mikir, marah... hihihi.. lucu

Menjelang Minggu 3
sakit jahitan jarang sekali aku rasakan, alias bisa dikatakan sudah pulih
dan aku mulai berkegiatan lebih..
waaahh, sekarang ekspresi Abi makin menjadi
suka gaya "capek deh" dg tangan 1 di taruh di jidatnya.. kalo ga suka gaya senggowang alias bertopang dagu.. ato juga gaya penerima tamu ato ngapurancang n sedakep.. ck ck ck..
gaya bener ini anak..

walopun begadang tetep jalan, tapi yaaaahhh.. dinikmati aja apalagi kalo uda liat dia berkekspresi,
semua terasa indah hihihiihi..

Hmmm.. papanya pasti uda kangen lagi nih.
 
ini nih posenya Abi.. "CAPE DEH!!"
.

Keajaiban & Anugerah Terindah Tuhan - Welcome My Baby -



Abi, setelah 12jam lahir.. 
dibawa ke kamar aku untuk rooming-in 
cakep juga dirimu nak.. hehehe..
1 February 2009, hari terindah untuk aku dan adjie
anak pertama kami lahir, "CHRISTOPHORUS ABIMANYU RAKA WIJAYA"
panggilannya ABI..
Arti namanya adalah Laskar Kristus yang Setia dan Gagah Berani
Semoga Abi bisa memenuhi 'rencana Tuhan' yang telah disiapkan buat dia

Sungguh keajaiban dan anugerah Tuhan yang tiada duanya
aku melahirkan seorang bayi.. yang aku bawa kemana2 selama 9 bulan..
yang keluar dari jalan lahirnya dengan penuh perjuangan menahan sakitnya kontraksi ..
hehehehe... so so so amazing.. :)

Aku bersyukur... Tuhan menguatkan aku dalam menahan sakit sampe pada akhirnya Abi lahir
Aku bersyukur... Tuhan memperkenankan Adjie menemani aku dari awal hingga akhir

Cerita Proses Lahirnya Abi
31 Jan, jam 5am aku keluar lendir dan darah dan berlanjut selama hari itu tanpa ada kontraksi dan aku masih minta jalan2 ke Ambarukmo Plaza ama adjie n papie mamie
1 Feb, aku n adjie ke gereja jam 6am.. selama misa aku merasa mules n nyeri di perut dan terjadi tiap 15menit.. tapi ya masih biasa aja dan aku masih bisa ketawa2
Jam 10am, aku n adjie coba periksa bidan panti rapih untuk memastikan kondisi aku.. dan bidan menyatakan aku uda pembukaan 2 trus minta aku pul untuk siap2 dan kembali lagi ke panti rapih langsung ke carolus (tempat bersalin)
Jam 11am, aku n adjie ke carolus ketemu suster khusus persalinan dan diperiksa lagi (diobok2 mulu) & dinyatakan belum pembukaan.. lho?! adjie bingung juga.. disuruh jalan2 dulu dan kembali 2 jam lagi..
Jam 1pm, kami kembali dan aku dinyatakan bukaan 2
Jam 3pm, masih juga bukaan 2.. aku pun masih bisa becandaan ama adjie.. pecicilan juga
Jam 6pm, baru lanjut bukaan 3, tapi sakit yang aku rasakan uda makin sering & berkualitas
Jam 9pm, suster bilang.. belum tambah.. anehnya.. dokter aku langsung cek sendiri (ga percaya kali ama susternya..hehehe).. n u know what? dokter bilang uda bukaan 7
akhirnya aku digledek ke kamar bersalin.. dan karena proses lambat sebelumnya.. aku dipacu infus
infus baru turun sedikit aku uda mulai kontraksi cepet dan sakit banget..
adjie elus2 punggungku.. n tangan satunya aku genggam n remes2 hehehe...
Ntah jam berapa aku dinyatakan bukaan lengkap.. aku uda ga denger..
cuman manut aja apa yang disuruh suster n dokter, "Ayo Ngeden.. Terus.. Terus.. Yaaak.."
Jam11.07pm, Abi lahir dan agak meloncat hihihi..

Hmm... ga terkatakan deh..
bahagia, sakit, lemes, bersyukur, macem2

Terima kasih Tuhan