Friday, June 22, 2012

Ibu.. Malaikatku

MALAIKAT ITU BERNAMA IBU
(taken from Hypno-birthing milis, www.hypno-birthing.web.id, and http://rinie.info/tag/kehamilan/)

Menjelang diturunkannya, ia bertanya kepada Tuhan.
"Para malaikat di sini mengatakan bahwa besok Engkau akan mengirimkanku ke dunia. Tapi bagaimana cara saya hidup disana, saya begitu kecil dan lemah” kata si bayi

Tuhan menjawab,
“Aku telah memilih satu malaikat untukmu. ia akan menjaga dan mengasihimu”

“Tapi di surga, apa yang saya lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini cukup bagi saya untuk bahagia” Demikian kata si bayi

Tuhan pun menjawab,
“Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya dan jadi lebih berbahagia”

Si bayi pun bertanya kembali
“Dan apa yang dapat saya lakukan saat saya ingin berbicara kepada-Mu?”

Sekali lagi Tuhan menjawab,
“Malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdo’a”

Si bayi masih belum puas. ia pun bertanya lagi,
“Saya mendengar bahwa di bumi banyak orang jahat. Siapa yang akan melindungi saya ?”

Dengan penuh kesabaran Tuhan menjawab,
“Malaikatmu akan melindungimu bahkan dengan taruhan jiwanya sekalipun”

Si bayipun tetap belum puas dan melanjutkan pertanyaannya,
“Tapi saya akan bersedih karena tidak melihat Engkau lagi”

Dan Tuhan pun menjawab,
“Malaikatmu akan menceritakan kepadamu tentang Aku dan akan mengajarkan bagaimana agar kamu bisa kembali kepada-Ku walaupun sesungguhnya Aku selalu berada di sisimu”

Saat itu surga begitu tenangnya. sehingga suara dari bumi dapat terdengar dan si bayipun dengan suara lirih bertanya,
“Tuhan… Jika saya harus pergi sekarang, bisakah engkau memberitahu siapa nama malaikat di rumahku nanti ?”

Tuhanpun menjawab,
“Kamu dapat memanggil malaikatmu.. . IBU”

Kenanglah ibu yang menyayangimu

Untuk ibu yang selalu meneteskan air mata ketika kau pergi…

Ingatkah engkau, ketika ibumu rela tidur tanpa selimut demi melihatmu tidur nyenyak dengan dua selimut membalut tubuhmu

Ingatkah engkau ketika jemari ibu mengusap lembut kepalamu ?

Dan ingatkah engkau ketika air mata menetes dari mata ibumu ketika ia melihatmu terbaring sakit ?

Sesekali jenguklah ibumu yang selalu menantikan kepulanganmu di rumah tempat kau dilahirkan

Kembalilah memohon maaf padanya yang selalu rindu akan senyumanmu

Jangan sampai kau kehilangan saat-saat yang kau rindukan di masa datang.

Ketika ibu telah tiada…

Tak ada lagi yang berdiri di depan pintu menyambut kita

Tak ada lagi senyuman indah tanda bahagia

Yang ada hanyalah kamar yang kosong tiada penghuninya

Yang ada hanyalah baju yang digantung di lemari kamarnya

Tak ada lagi....
Dan tak akan ada lagi yang meneteskan air mata mendo’akanmu disetiap hembusan nafasnya

Kembalilah segera…
peluk ibu yang selalu menyayangimu. ..

Ciumlah kaki ibu yang selalu merindukanmu dan berikanlah yang terbaik untuk ibu

Thursday, June 7, 2012

Polah mu Kehebatan mu


Semakin hari semakin hebat
Semakin hari semakin sehat
Semakin hari semakin kuat
Semakin hari semakin bahagia

Puji Tuhan... Itu yang ditunjukkan Abimanyuku dari hari ke hari
Bulan ini genap usianya 3 tahun 4 bulan, bulan depan Abi masuk sekolah KB hehehe...

Dengan postur tubuhnya yang tegap, berat badan 23 kg dan tinggi badan 108 cm, ga  heran dia jadi murid KB yang paling besar :)
Semoga di sekolah nanti bisa jadi panutan yang baik oleh teman-temannya ya

Sekarang kalo ngobrol uda logis dan pinter menyimpulkan suatu kalimat ato sikap
Misalnya:
Kalo dia tanya "kenapa harus bobo siang Ma?"
Dia pun akan jawab sendiri "biar badan tetep sehat ya Ma?"

Yaah walopun kata "kenapa" itu ga lepas dari mulutnya selalu setiap dia menemukan hal yang dirasa membingungkan, kalo yang ini bisa lepas dari sudut pandang logis kita sebagai orang dewasa.. seperti misalnya ada orang lewat di depan rumah, dia akan bertanya:
A: "Woh siapa itu Ma?"
M: "Ga tau ya, orang lewat aja?" (kondisi di dalam rumah)
A: "Kenapa dia lewat, mau kemana?"
M: "Hmm.. dia mo pulang ke rumahnya?"
A: "Kenapa dia pulang ke rumahnya?"
M: "Hmmm.. (uda mulai agak bingung ini).. karena sudah pulang kerja dan pengen istirahat di rumahnya disitu, sebelah sana"
A: "Kenapa rumahnya disitu?"
M: "Hmmm... (xixixixi... mulai deh...) karena waktu beli rumah dia milih disitu, jadilah itu rumahnya"
Tau dong dia akan berlanjut tanya apa... hahahaha..
Begitulah, mungkin karena rasa ingin tau nya sangat tinggi ya, jadi harus detil semua keheranan yang ada diotaknya.

Dan dia selalu tanya "apa artinya" untuk kosa kata yang baru dia dengar, bukan hanya diam
Apapun itu, bahkan ketika aku dan papanya lagi ngobrol di depannya, dia pasti akan langsun tanya "Mama ngomongin apa?" dan itu harus dijawab.

Yang aku makin bahagia - iya kata yang paling tepat adalah bahagia - Abi bisa dengan sendirinya nyanyi Bapa Kami dan Smua Baik. Aku memang suka ajak nyanyi bersama, tapi kembali kepada mood dia kadang suka ikutin tapi lebih sering cuma dengerin aja.
Dan kira-kira seminggu ini, dia suka nyanyi sendiri lagu itu. Aku ga boleh ikutan nyanyi.
Lucu ya.. kadang suka lupa syairnya.

Berdoa pun begitu
Suatu malam, pas mo bobo, seperti biasa setelah minum susu, cuci kaki cuci tangan gosok gigi, kami ajak berdoa. Eeehh.. dia bilang "Mama ga usa ikut, Abi aja"
OKE.. aku diem dan coba dengarkan dia berdoa... dan bisaaaa!!! hahahahaha... Thanks God.
Dengan mimiknya yang senyam senyum bilang ke Tuhan kalo mo bobo.
"Atas Bapa, Puta, Kudus, Amin. Tuhan, sekawang Abi mo bobo. Bekatilah spy nyenyak, bsk bangun pagi sehat. Timakasih Tuhan. Amin. Atas Bapa, Puta, Kudus, Amin"
lucu bangeeeetttt!! hehehehe... gemes dewe aku...

Kalo aku masak, suka ikut bantu.
"Mas, tolong ambilkan sendok ya, tolong ambilkan kecap ya, tolong ambilkan itu ini."
Wah dengan senang hati dia akan berlari mencarikannya. :)

Pokoknya lucu lucu lucu ....
Yang masih jadi PR besarku adalah, mendisiplinkan jam biologisnya untuk jam tidur.
Apalagi sekarang dia sudah bisa memaknai bahwa keluarganya adalah kami bertiga: Papa, Mama, Abimanyu. Maka ketika hari-hari kerja Papa nya harus pulang malam, kadang dia ga mau diajak bobo sebelum Papanya pulang. Maunya tunggu papa.
Kalo Papanya pulang, wah bisa heboh sendiri tu.. lari sana lari sini.. cerita panjang lebar.. hehe
Semoga bisa menyesuaikan dengan cepat pas besok harus sekolah ya nak..

Trimakasih Tuhan atas segalanya.


 



Sup Ayam Jahe

Sup ini merupakan salah satu andalan menu di keluarga kecil ku, apalagi ketika ada yang mulai uhuk uhuk.. alias batuk dan sentlap sentlup (bahasa jawa)... alias pilek..
Cukup membantu menghangatkan saluran nafas kita dan melegakan tenggorokan tentunya..
Berhubung semua urusan rumah dan abi dihandle sendiri, aku membuat resep yang simpel saja untuk sup ayam jahe ini :)

Bahan yang diperlukan:
  • Ayam, bisa ayam utuh ato ceker ato bagian yang lain, kalo aku ambil fillet yang sudah dipack
  • Wortel ukuran besar 1 buah ato diiris 1/2nya, iris tipis
  • Brambang ato Bawang Merah 5 buah, iris tipis
  • Bawang Putih 2 buah ato bisa diganti dengan Bawang Bombay 1/4nya, iris tipis
  • Loncang ato Daun Bawang, iris biasa (maksudnya ga usa tipis hehe..)
  • Jahe 1 ruas
  • Garam, Gula Pasir, Royco secukupnya
  • Air kurang lebih 500 ml (semoga bener ya takarannya :D)
  • Blue Band 1 sdm

Langkah Memasak:
  • Ayam direbus sampai empuk, sisihkan air rebusannya
  • Potong ayam yang sudah empuk seukuran dadu, sisihkan
  • Ambil 1 sdm Blue Band, panaskan di panci
  • Masukkan irisan bawang merah & bawang putih, tumis sampai harum
  • Masukkan irisan ayam, tumis sampai ayam berubah warna
  • Tuang air rebusan ayam tadi dan Masukkan jahe
  • Masukkan irisan tipis wortel, aduk
  • Masukkan garam, gula, royco secukupnya, aduk dan diamkan sebentar
  • Lalu masukkan daun bawang, aduk dan biarkan sampai mendidih
  • Jangan lupa dicicipin ya.. hehehehe...
  • Siap disajikan hangat

Takaran yang ada disini kira-kira cukup untuk 5 orang

Hmmm... kalo ada yang kebetulan baca dan mau coba .. monggo aja
hangat di badan, dan senengnya lagi buat aku adalah.. Abi suka... :)

- Tuhan Memberkati -

Tuesday, June 5, 2012

Smua Baik

Dari Semula.. Tlah Kau tetapkan
Hidupku dalam tanganMu, dalam rencanaMu Tuhan
Rencana indah.. Tlah Kau siapkan
Demi masa depanku yang penuh harapan

Smua Baik.. Smua Baik
Apa yang tlah Kau perbuat di dalam hidupku
Smua Baik.. Smua Baik
Kau jadikan hidupku berarti


Tiba2 aku inget lagu ini.. dan nyanyiin seharian
Lagu ini bener-bener deh lagu aku n aji..
sampe jadi kata mutiara di undangan nikahku
Pas malam midodareni, aku juga nyanyiin lagu itu diiringi aji pake keyboard
Sekalian juga kami aransemen untuk menjadi salah satu lagu pas misa pernikahan kami

Banyak hal yang terjadi secara mengagumkan dan indah
Apapun itu dalam rentang waktu itu, baik dari masa lalu sampe sekarang kami bersama dan menjalin persahabatan yang erat dengan teman2 baru juga teman2 lama

Bahkan yang terjadi sekarang, aku percaya.. ini adalah rencana Tuhan
Bagaimana kami belajar tegar, percaya, mandiri, dan saling memperhatikan dlm komunikasi
Bagaimana kami belajar menjadi pribadi yang mampu membahagiakan sesama
Bagaimana kami dengan langkah pasti, merencanakan masa depan dengan pertimbangan

sejak proses pacaran, menikah dan punya ABI sekarang
dimana segalanya menjadi lebih kompleks hehehehe...

Dan lucunya, Abi suka banget ama lagu ini
bahkan sekarang uda mulai bisa nyanyi walopun sepotong-sepotong
ternyata bisikanku saat menjelang tidur ketika dia bayi, terekam dalam memorinya

Terima kasih Tuhan atas segalanya
kami pasrah dan ikhlas.. Amin..

Saturday, June 2, 2012

To Sing is my Passion (2)

Yes Indeed! :)
I really love to sing.. and it is really my passion.. say, it's my life

Walopun sebenernya mami papi tidak secara langsung mengajakku masuk ke dalam dunia "menyanyi" .. tapi saat itu mereka memperkenalkanku dengan yang namanya musik.
Mulai dari diajak untuk ikut les musik, dan saat itu aku memilih orgen karena mbak vita (kakakku) sudah mulai lebih dulu sehingga aku mudah untuk ngikutin (orgen & buku uda ada hehehehe..). Sampai dengan diajak untuk aktif di gereja melalui koor atau paduan suara.

Aku mulai les orgen sejak usia kurang lebih 7 tahun, kalo ga salah kelas 2 SD waktu itu, di Sekolah Musik LYRA - dulu terkenal sekelas dengan CRESCENDO, sayang sekarang uda tutup - di Pakuningratan Jogja. Di sana aku mendalami orgen sampai kelas 2 SMA, mencapai tingkat 9 dan memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi. Kenapa ya waktu itu, kalo ga salah karena uda bosen heheehehee... dan uda mo kelas 3 SMA.

Hasil dari les orgen ini, aku salurkan ke gereja sebagai organis gereja sejak SMP sampai kuliah.
Tapi sekarang nih, kalo aku flashback lagi.. baru nyadar, ternyata aku textbook banget :D
Jadi dalam bermain aku tidak mudah untuk improvisasi melainkan harus tertulis chord apa yang harus dimainkan dalam melody itu.

Setelah lulus kuliah dan bekerja di Jakarta hingga kini stay and live here at Tangerang.. aku uda sama sekali ga menyentuh orgen untuk bermain sebuah lagu seperti waktu di Jogja dulu.
Dan sejak kuliah pun, aku mulai menyadari that I am enjoying my voice, I love to sing !

Kalo ga salah, aku mulai belajar menyanyi sendiri ketika SMP, ternyata suaraku lumayan juga :D. Begitupun di SMA, aku memilih vocal group sebagai kegiatan di luar jam sekolah (ekstra kurikuler). Disini aku belajar bernyanyi bersama dan membuat paduan duo atau tri suara. Lalu aku pernah dipercaya bergabung dalam vocal group mewakili Sekolah untuk ikut lomba. Lupa deh juara berapa saat itu.. dan ga ada fotonya pula. hiks..
(kalo saat-saat seperti ini, sangat terasa bahwa foto itu penting sebagai kenangan kita ya)
Di luar kegiatan sekolah, aku mulai aktif di berbagai paduan suara, di kelompok wilayah, paduan suara paroki, dan paduan suara gabungan di tempat lain, sampai bergabung dengan vocal group yang menjadi backing vocal beberapa penyanyi lokal Jogja.

Ikut berbagai lomba paduan suara dan rekaman sebagai backing vocal adalah sebuah pengalaman luar biasa dan sangat menyenangkan. Paling antusias kalo uda menyangkut kegiatan yang satu ini. Bahkan sampai sekarang, menyanyi masih mendarah daging hehe...
Sampai kapan pun.. keep on singing.. :D

Beberapa dokumentasi yang terkumpul:

Prelude BV in Konser Grego Julius Orchestra, 25 September 2004, with Ronnie Sianturi
Prelude BV in Konser Grego Julius Orchestra, 25 September 2004, with Harry "Idol' Mantong
Prelude BV in Konser Grego Julius Orchestra, 25 September 2004, with Nikita
Backing Vocal Yuni Shara on Mandiri Fiesta, 18 September 2010

Friday, June 1, 2012

People Changes

Dulu... tak pernah terbayangkan bahwa seiring berjalannya waktu, bertambahnya usia, bertumbuhnya pola pikir sebagai proses pendewasaan dari berbagai pengalaman hidup akan membawa seseorang kepada perubahan.
 Ketika masih kuliah, bertemu dengan A yang punya sikap lemah lembut dan ramah... beberapa tahun kemudian bertemu.. bukan sikap ramah yang dibawakan A, melainkan tegas namun mahal senyum.. hanya contoh saja

Manusia dianugerahi rasa dan pikiran untuk berproses dalam jalan kehidupan mereka masing-masing, pastinya perubahan dalam bentuk apapun mungkin saja terjadi
Berubah?! ... mestinya wajar saja ya.. hehehehe.. kalo aku memandang hal itu saat ini
Namun kadang dalam benak kita akan muncul "kamu kok berubah sekarang?.. Aduh kenapa dia jadi begini?" dan macam-macam pikiran lain yang memaknai perubahan sikap seseorang.

Mengarah kepada hubungan antara laki-laki dan perempuan....
Sepasang kekasih yang sudah berpacaran hampir 10 tahun pun yang menyatakan bahwa mereka sangat saling mengenal luar-dalam pasti akan merasakan adanya perubahan pada masing-masing pribadi dalam kehidupan pernikahan mereka nantinya. Sepertinya hampir semua pasangan suami istri mengalami hal ini.

Menikah, punya anak, dan menjadi keluarga besar adalah pembelajaran hidup yang paling lengkap di dunia ini menurutku. Didalamnya kita belajar untuk mengendalikan ego, memberikan toleransi, menciptakan keterbukaan dan komunikasi yang baik, merencanakan suatu perjalanan hidup baik untuk anak atopun pasangan kita, dll.
Perubahan yang terjadi dalam diri kita masing-masing semestinya murni untuk kebaikan keluarga walopun ada baiknya kebutuhan pribadi kita juga bisa tercukupi.

Aku pun masih belajar dan tiada akan ada habisnya.
Dan belajar dari pengalaman hidup para pasutri yang hebat adalah kekuatanku untuk memaklumi adanya perubahan saat ini. Namun aku bersyukur.. bahwa aku pun bisa merubah pola pikir ku .... realizing that People does Change!!

Love you Papa & Abimanyu