Tuesday, November 27, 2012

Keikhlasan dibalas Keindahan

Cerita Indah... Sharing dari salah satu blogger...

Cuaca hari ini sangat sangat panas. Mbah Sarno terus mengayuh sepeda tuanya menyisir jalan perumahan Condong Catur demi menyambung hidup. Mbah Sarno sudah puluhan tahun berprofesi sebagai tukang sol sepatu keliling. Jika orang lain mungkin berfikir “Mau nonton apa saya malam ini?”, Mbah Sarno cuma bisa berfikir “saya bisa makan atau nggak malam ini?”

Di tengah cuaca panas seperti ini pun terasa sangat sulit baginya untuk mendapatkan pelanggan. Bagi Mbah Sarno, setiap hari adalah hari kerja. Dimana ada peluang untuk menghasilkan rupiah, disitu dia akan terus berusaha. Hebatnya, beliau adalah orang yang sangat jujur. Meskipun miskin, tak pernah sekalipun ia mengambil hak orang lain.

Jam 11, saat tiba di depan sebuah rumah mewah di ujung gang, diapun akhirnya mendapat pelanggan pertamanya hari ini. Seorang pemuda usia 20 tahunan, terlihat sangat terburu-buru. Ketika Mbah Sarno menampal sepatunya yang bolong, ia terus menerus melihat jam. Karena pekerjaan ini sudah digelutinya bertahun-tahun, dalam waktu singkat pun ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

“Wah cepat sekali. Berapa pak?”

“5000 rupiah mas”

Sang pemuda pun mengeluarkan uang seratus ribuan dari dompetnya. Mbah Sarno jelas kaget dan tentu ia tidak punya uang kembalian sama sekali apalagi sang pemuda ini adalah pelanggan pertamanya hari ini.

“Wah mas gak ada uang pas ya?”

“Nggak ada pak, uang saya tinggal selembar ini, belum dipecah pak”

“Maaf Mas, saya nggak punya uang kembalian”

“Waduh repot juga kalo gitu. Ya sudah saya cari dulu sebentar pak ke warung depan”

“Udah mas nggak usah repot-repot. Mas bawa dulu saja. Saya perhatikan mas lagi buru-buru. Lain waktu saja mas kalau kita ketemu lagi.”

“Oh syukurlah kalo gitu. Ya sudah makasih ya pak.”

Jam demi jam berlalu dan tampaknya ini hari yang tidak menguntungkan bagi Mbah Sarno. Dia cuma mendapatkan 1 pelanggan dan itupun belum membayar. Ia terus menanamkan dalam hatinya, “Ikhlas. Insya Allah akan dapat gantinya.”

Waktu menunjukkan pukul 3 lebih ia pun menyempatkan diri shalat Ashar di masjid depan lapangan bola sekolah. Selesai shalat ia berdoa.

“Ya Allah, izinkan aku mencicipi secuil rezekimu hari ini. Hari ini aku akan terus berusaha, selebihnya adalah kehendakMu.”

Selesai berdoa panjang, ia pun bangkit untuk melanjutkan pekerjaannya.
Saat ia akan menuju sepedanya, ia kaget karena pemuda yang tadi siang menjadi pelanggannya telah menunggu di samping sepedanya.

“Wah kebetulan kita ketemu disini, Pak. Ini bayaran yang tadi siang pak.”

Kali ini pemuda tadi tetap mengeluarkan uang seratus ribuan. Tidak hanya selembar, tapi 5 lembar.

“Loh loh mas? Ini mas belum mecahin uang ya? Maaf mas saya masih belum punya kembalian. Ini juga kok 5 lembar mas. Ini nggak salah ngambil mas?”

“Sudah pak, terima saja. Kembaliannya, sudah saya terima tadi, pak. Hari ini saya tes wawancara. Telat 5 menit saja saya sudah gagal pak. Untung bapak membiarkan saya pergi dulu. Insya Allah minggu depan saya berangkat ke Prancis pak. Saya mohon doanya pak”

“Tapi ini terlalu banyak mas”

“Saya bayar sol sepatu cuma Rp 5000 pak. Sisanya untuk membayar kesuksesan saya hari ini dan keikhlasan bapak hari ini.”

Tuhan punya cara tersendiri dalam menolong hamba-hambaNya yang mau berusaha dalam kesulitannya. Dan kita tidak akan pernah tahu kapan pertolongan itu tiba.

Keikhlasan akan dibalas dengan keindahan, Kesuksesan akan menyertai keikhlasan dan rasa syukur.

Sumber : Artikel dari milis Indonesia Business Forum

Monday, November 26, 2012

Menu Ayam

Hari ini aku beli ayam setengah kilo di tukang sayur yang lewat, dan itu bukan kebiasaanku beli segitu banyaknya mengingat di rumah cuma bertiga. Itupun PapaAbi biasanya cuma makan di rumah sepulang dari kantor aja.
Aah..tapi nggak apalah, sekali ini coba beli setengah kilo sekalian kasih rejeki tukang sayur, begitu pikirku hehehe... Akhirnya aku beli ayam setengah kilo, sawi putih 1 bonggol besar, daun bawang bonggol besar, totalnya 16ribu. Untuk makan 3x sehari bertiga... SIP!

So, mau diapakan ayam setengah kilo ini? 
Rencananya, mau masak sawi putih cah ayam. Setelah dihitung-hitung, ayamnya sisa... 
aku pikir-pikir... menu 1 sudah bernuansa gurih asin.. kalo mau buat menu ayam lagi harus yang beda rasa pastinya. Akhirnya menu ayam kedua adalah ayam goreng manis.


Sawi Putih cah Ayam

Bahan:
- ayam 1/4 kg, direbus sampai empuk dan kaldunya bisa dipakai
- sawi putih 1 bonggol, diiris pendek
- daun bawang 2 atau 3 batang, diiris bebas sesuai selera
- bawang putih 3 siung, diiris tipis/dicincang
- bawang merah 5 siung, diiris tipis
- bawang bombay 1/2, diiris tipis
- blue band secukupnya
- garam dan gula secukupnya
- tepung maizena 1 sdt, dicampur air matang 3 sdm
- air kaldu secukupnya

Cara Masak:
- ayam yang sudah empuk tadi dipotong dadu atau boleh juga disuir dg ukuran sedang
- panaskan wajan, masukkan blue band dan tunggu sampai mencair
- masukkan bawang putih dan bawang merah, aduk hingga harum
- masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam bercampur 
- masukkah bawang bombay, aduk
- masukkan sawi putih, aduk
- masukkan air kaldu secukupnya, aduk dan diamkan beberapa saaat
- tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera, aduk
- setelah hampir matang, masukkan tepung maizena yang sudah dicampur air, aduk
- masak hingga mendidih dan siap disajikan untuk 3 porsi



Ayam Goreng Manis

Bahan:
- ayam 1/4 kg, direbus sampai empuk 
- air kaldu secukupnya
- bawang bombay 1/2, diiris tipis
- saos teriyaki
- garam dan gula secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Cara Masak:
- masukkan saos teriyaki, bawang bombay, dan air kaldu ayam ke dalam panci
- masukkan potongan ayam yang sudah empuk 
- panaskan panci, dan rebus ayam dengan rendaman saos tsb sampai mendidih
- kemudian masukkan ke dalam kulkas, diamkan selama minimal 3jam
- setelah itu, ketika akan digoreng, keluarkan dari kulkas, diamkan beberapa saat atau bisa juga dipanaskan sebentar, lalu aduk untuk meratakan saosnya, dan siap digoreng
- siap disajikan untuk 3 porsi



Hore!!
Jadi deh 2 menu ayam yang nggak kalah enaknya sama menu di Chinese Food yang sering kami beli di dekat rumah hehehehe....
Semua makan dengan lahap! Puji Tuhan.

Besok masak apalagi yaaaa.... tuing tuing..

- Tuhan Memberkati -

Thursday, November 22, 2012

ME - new style

Xixixixi... aku geli sendiri dengan ide gila yang muncul minggu lalu ini...
New style ini memang sungguh gila dan diluar dugaan

Selama ini, aku terbiasa dengan potongan rambut yang bisa dikatakan konvensional, yaitu rambut sebahu kadang berponi pendek atau miring kadang nggak pakai poni sama sekali, atau paling pendek adalah se-telinga, dengan bentuk potongan lurus rata atau oval atau bob.
Nah, entah kenapa... aku bosaaaaan banget rasanya dengan bentuk potongan seperti itu, pengen rasanya iseng cobain gimana kalo potong cepak alias super pendek trus dicat.
Hahahahahaha.. Brilliant! Maksudnya brilliant gilanya.
Lebih herannya lagi.. Aji mengiyakan gitu aja pas aku kasih tau ide itu, malahan dia ikut googling untuk cari jenis potongan yang seperti apa yang enak dilihat.

Setelah pilih sana pilih sini... ada 3 artis luar negeri plus 1 artis indo yg cocok ... hehehehe


 1. Anne Hathaway




                                         2. Rihanna


3. Emma Watson
         


                   4. Agnes Monica










Dari keempat bentuk rambut diatas, aku lebih cenderung ke Rihanna
Kenapa? rambutku ini lurus banget dan jatuh alias lemes, jadi kalo misal dipotong kayak agnes monica atau emma watson, kebayang deh sepertinya bakalan "njabrik" kalo orang jawa bilang.
"Njabrik" itu rambutnya naik seperti mencuat tak beraturan ke atas karena terlalu pendek.

Hari eksekusi pun datang ... hahahaha...
Sabtu kemarin, aku dan abi ikut papa nya ke daerah Jakarta Selatan. Kebetulan setiap sabtu pagi Aji ada acara di daerah Casablanca. Maksud hati, pas Aji sedang ber-acara itu, aku sama abi jalan-jalan sekalian merealisasikan ide gila ini. Tapi ternyata waktunya kurang pas.
Tadinya, siang itu rencana janjian juga sama Antiq (baca: calon adek ipar) untuk jadi juri rambut, tapi karena Antiq nyasar dan ada agenda baru yang mendadak di tempat acara Aji, jadinya cuma pergi bertiga sebentar ke Kota Kasablanca, makan siang, trus balik lagi.

Kupikir, ya sudahlah ya.. besok-besok aja deh potongnya, orang cuma iseng juga ber-ide.
Setelah acara Aji selesai, dia tanya aku, jadi mau potong rambut nggak. Malah jadi bingung aku.
Akhirnya sama Aji dirayu-rayu untuk potong rambut, dibawalah kami ke Karawaci, biar Abi ga bosan pas nungguin aku nanti dan dekat sama rumah.

Sampai sana bingung lagi mau ke salon mana... berhubung jarang 'main' ke salon
Aku putuskan cari yang nggak terlalu antri. Hari Sabtu sepertinya sudah menjadi hari 'Me Time' se-Jabodetabek hehehehe.. karena setiap ke mall, pasti salon-salon dipenuhi dengan para wanita dengan berbagai macam perawatan dari hairspa, creambath, menicure, pedicure, facial, potong rambut, smoothing, coloring, adalagi yang aku baru dengar - scalp treatment.
Mantab yah... hehehehe...
Haircode jadi salon pilihan aku dan antiq, dan kami langsung ditangani oleh kapster yang sudah ahli. Pelayanan para kapster baik dan ramah, cara mencuci rambut kami juga hati-hati dan lembut, dan paling oke adalah kerja si Stylist, namanya Arman. Seolah-olah tangan si Arman ini sudah menyatu dengan rambutku.. (berlebihan ya? hehe), nggak ada rasa rambut ketarik pas dia menyematkan gunting di helai-helai rambutku.
Setelah potongan kurasa sudah sesuai dengan apa yang aku bayangkan, coloring pun dilakukan, aku memilih matrix (coba yang murah dulu) seri red brown 3% kalo nggak salah.
Untuk semua proses salon yang aku jalani ini, aku harus merogoh kocek sebesar sekitar 400 ribu rupiah. Entah itu mahal atau nggak menurut para wanita yang sering ke salon, tapi untuk aku cukup sesekali saja dilakukan.. sesekali yang jarang sekali... hahahaha...

Capek juga ya dari pagi jalan-jalan.. dan berakhir di salon.. rasanya trus pengen bobo aja...
Daaaaaan.. beginilah hasilnya .. Brand New!!!

BEFORE ;)


AFTER :D













Terus terang, pas ngeliat hasilnya aku cekikikan sendiri...
lucu, geli, puas, campur jadi satu

lucu... wajahku jadi tampak beda sekali
geli... rambutnya kok bisa begitu ya
puas.. ide gila bisa juga nekad dilakukan

hahahahahaahha... tapi mas Arman memang OKE.. canggih motongnya.

Nggak heran..
banyak bbm masuk ketika aku ganti PP eh.. DP ding (display picture) di BB..
"itu foto siapa? lia?!"
"itu kamu potong segitu??"
"woii.. rambutnya kemanaa??"
"gile bener! nekad yak.."
Wkwkwkwkwkwwk... makin geli deh lihat bbm dari teman-teman tersayang dan juga keluargaku. Lucunya, beberapa ada merasa termotivasi.. ternyata mereka pernah juga terlintas ide potong seperti itu.. tapi ragu-ragu terus dan belum berani merealisasikan..

Seru yah!
Kalo memang bisa memotivasi orang lain untuk lebih baik, senang sekali rasanya.

Eeeh iya.. reaksi Abi nggak kalah lucu lhoo..
Begitu selesai kami nyusul mereka ke bawah, pas Abi lihat aku dia 'freeze' beberapa detik, trus senyam-senyum sendiri sambil bilang ke papanya, "Itu mama yaaa"..
Hahahaahaha... kok langsung pangling to naaaak.
Langsung dia meluk aku sambil bilang, "kenapa mama potong gitu?"
Aku tanya balik, "gimana mas? bagus nggak? mama cantik nggak?"
Abi masih juga nggak melepaskan pandangannya ke rambutku, trus diam seolah-olah berpikir, "Mama cantik kok, itu rambutnya diapain?" .. dan berlanjut dengan berbagai pertanyaan untuk memuaskan dirinya dan memastikan bahwa ini mamanya.. :D

Fiuh.. what a long day..
Terima kasih Papa Abi atas dukungannya xixixi..
Terima kasih Abimanyu-ku karena setia menunggu mama di salon
Love you both very very much... muuuaaah



- Tuhan Memberkati -

Monday, November 19, 2012

Brokoli Jagung Ca Bombay Teriyaki

Hahaha.. namanya campur aduk ya
Biarin deh, yang penting nilai gizi nya baik untuk Abimanyu-ku yang pemakan segala
Walopun menu favoritnya adalah sup sosis, tapi aku bersyukur dia tetap mau melahap apapun yang aku masak...  
Dia sering minta dimasakin, ketika ditawarkan untuk beli makanan di luar. xixixi.. senengnya aku :p

Hari ini, terlintas pikiran untuk masak menu sendiri alias kreasi sendiri tanpa resep yang ada
Inilaaaah dia... "Brokoli Jagung Ca Bombay Teriyaki"

BAHAN:
1 sdm blue band
1 Jagung Manis, dipipil - bisa juga menggunakan jagung manis kalengan
1 pack brokoli seperti packaging di supermarket - ukuran secukupnya
1/2 bawang bombay
2 sdm saos teriyaki
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1/2 sdm garam 
air matang secukupnya

Caranya gampang banget... 
1. panaskan penggorengan, masukkan blue band tunggu mencair, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai harum
2. masukkan bawang bombay, dan jagung pipil, aduk
3. brokoli sebelumnya rebus setengah matang - jangan terlalu lama - kemudian dipindahkan ke lain tempat dan direndam dengan air dingin untuk menjaga kesegarannya
4. setelah bawang bombay layu, masukkan brokoli, aduk
5. tuang saos teriyaki dan masukkan garam, kemudian tuangkan air matang dan aduk
6. setelah beberapa saat, silakan dicicip, apakah sudah pas sesuai selera
7. siap dihidangkan, kira2 untuk 3porsi orang dewasa


yummy... enak juga loooh... 
Pulang kantor pun Papa Abi kebagian porsi penghabisan hehehehe... (untung masih ada ya :D)

- Tuhan Memberkati -


Wednesday, November 7, 2012

KIA Family Music Contest 2012

Oooh Yes!!!! 
... yang aku maksud adalah KIA sebuah brand mobil yang sedang berkembang di Indonesia. Mengutip informasi dari web resmi KIA tentang event ini, intinya adalah...
PT. KIA Mobil Indonesia secara serentak akan mempromosikan produk terbarunya yaitu KIA Rio dengan event Test Drive di 4 kota yaitu Jakarta & Tangerang, Palembang, Surabaya, dan Yogyakarta. Dalam rangkai event Test Drive tersebut, PT. KIA Mobil Indonesia, untuk lebih meramaikan acara dan menarik minat para calon customer, diselenggarakan pula “FAMILY MUSIC CONTEST” yang bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menunjukkan bakat musical dan diberikan kesempatan untuk tampil di event Test Drive tersebut.

Nah ceritanya nih.. kami iseng-iseng aja ikut berpartisipasi sekaligus menjajal kekompakan bermusik yang selama ini jarang bahkan tidak pernah dilakukan - kecuali menyanyi - hehehe.. 
So, aku langsung mencari persyaratan dan apa saja yang harus disiapkan.
Persyaratan yang harus dipenuhi dalam KIA FMC ini adalah:
- mengisi formulir online di web site KIA FMC dan melampirkan KK
- punya hubungan darah (keluarga) minimal 2 personal dalam grup band tersebut
- hubungan darah diperbolehkan orang tua anak atau kakak beradik
- minimal 3 alat musik dan diperbolehkan dengan vokal
- memainkan 2 lagu yang berbeda dengan durasi maksimal 4 menit per lagu
- lagu yang dimainkan adalah lagu yang umum/populer, bukan karya sendiri

Dari persyaratan ini.. hmmm.. rasanya tidak ada salahnya mencoba... dan akhirnya diputuskan untuk MENDAFTAR.. xixixixi... lucu rasanya mendaftar sebuah kompetisi musik keluarga - karena sama sekali belum pernah mungkin..
Grup Band dadakan ini kami "Band Keluarga Prayitno" sebenarnya nama keren-nya "D'Prayitnos" hahahaha...  tapi kurang komplit rasanya karena mbak vita (anak sulung) tidak ada disini. Grup band kami ini terdiri dari:
- Aku (anak kedua Keluarga Prayitno) memainkan keyboard dan menyanyi
- Adek (anak bungsu Keluarga Prayitno) memainkan bass dan menyanyi
- Aji suamiku yang paling woke permainannya .. akan memainkan gitar dan menyanyi

Minggu terakhir bulan September... 
Daftar online? Sudah... Konfirmasi? Sudah...
Lagu nya niiih... bingung lagi deh wkwkwk... milih ini itu ini itu ... belum juga ketemu yang cocok dan sulit untuk memutuskan karena hanya 3 orang dengan 3 alat musik sambil bernyanyi.. Ditambah lagi... waktu untuk bisa bersama pun terbatas ... Nekad dot com memang... :D

Audisi dilaksanakan tanggal 14 Oktober 2012 Jam 10.00 WIB.
Hanya ada waktu 2 minggu untuk berlatih, dalam arti disini adalah 2 hari hahahaha.. karena bisanya cuma di Sabtu/Minggu saja. Setelah dengar sana dengar sini, akhirnya kami putuskan untuk memainkan lagu:
1. DOREMI versi Jawa dari Citra IDOL
2. HEBAT dari Tangga

Audisi berjalan lancar dan kami lolos...
Itu karena peserta yang datang hanya 7 grup.. jadi lolos semua deh hahaha... Tetep aja loh.. rasanya seneng banget ..  Thank you Lord :*


Secara ini pertama kalinya kami memadukan kegiatan bermusik kami, terutama aku yang biasanya cuma murni nyanyi aja tanpa main musik. Di ajang ini kami semua pegang alat musik sambil bernyanyi.

FINAL diadakan di Mall Living World Alam Sutra, antara 20/21 Oktober 2012.
Karena kami mendapatkan No Undian 06, kami tampil hari Minggu tanggal 21 Oktober 2012 Jam 17.00 WIB.
Ternyata ada rasa dag dig dug juga ya menjelang FINAL .. dan harus memikirkan wardrobe untuk tampil di Panggung dengan tujuan menghibur orang banyak, bukan untuk menang semata dan memuaskan para Juri. Betul kan?

Puji Tuhan Puji Tuhan Puji Tuhan... Thank You Lord...
Tanpa disangka-sangka... Kami bisa meraih JUARA 1 KIA FMC 2012 wilayah Tangerang
Seneeeeeeng banget pastinya .. 

Adek n Papa.. 
makasih ya atas kebersamaan bermain musik nya xixixi...
Abimanyu-ku.. makasih ya sayang atas kesetiaanmu menunggu papa mama berlatih dan tampil
Antiq.. makasih ya dek atas bantuan wardrobe dan segala macamnya
Budiaman Fam.. makasih ya atas supportnya termasuk alat musik nya hehehe..



videonya bisa dilihat disini (yang diupload oleh KIA, hanya 1 lagu):
http://www.youtube.com/watch?v=RRRGz-b2t00&feature=colike









atau disini, kepemilikan pribadi kami, lengkap 2 lagu:





- Tuhan Memberkati -

Tuesday, November 6, 2012

Growing with Our Kid (1)

Growing with our kid is a part of parenting lesson that we should learn and apply in our daily routine... then.. What I know about Parenting?
Everybody knows that parenting thing is important in raising family especially our own children.. What I know is ... That we should learn "from nothing to something" - let say: Growing -  to be a best parent, a wise home-educator, and a good friend for our children. And then... one day we realized that time goes by so quickly.

Kehidupan keluarga baru dengan anak satu atau dua, sebagai orang tua baru, kita pasti mengalami banyak sekali perubahan tanpa disadari. Menurutku perubahan yang terjadi itu pastinya mengarah kepada hal yang lebih baik, at least sesuai dengan pemikiran dan pemahaman kita pada saat itu. Karena kita tidak hanya memiliki title pasangan suami istri tetapi juga orang tua atau pendidik rumahan untuk anak kita dan demi keutuhan keluarga.

Banyak hal yang aku temukan dan pelajari selama berinteraksi dengan Abimanyu-ku .. hehe.. entah kenapa aku seneng banget dengan panggilan "Abimanyu-ku". Dan aku berterimakasih pada Sang Pemberi Hidup atas segala yang ada dalam hidupku, sehingga aku berkembang sampai dengan saat ini. Enough about me.. untuk sementara... :D

What I want to share is about my experience with Abimanyu-ku in our daily routine...

- Be honest to your children - Jujurlah -
Meskipun usianya masih balita, anak berhak mendapatkan kejujuran dari apa yang boleh dan tidak boleh atau belum saatnya dia lakukan, kapan dia boleh melakukannya dan kapan tidak boleh, dan mengatakan kondisi yang ada pada saat2 tertentu.
Misalnya, ketika ada pesta dan ada minuman bersoda Fanta Merah.
Abi: Mama itu apa merah2? aku mau minum juga...
Mama: Itu namanya Fanta Merah. Maaf ya mas, untuk saat ini Abi belum boleh minum Fanta.
Abi: Kenapa ga boleh Ma?
Mama: Karena di dalam minuman Fanta itu ada kandungan zat yang kurang baik untuk anak 3 tahun seperti Abi saat ini.
Abi: Berarti besok kalo uda besar boleh ya?
Mama: Iya. kalo sudah SD sudah boleh. tapi tetap ada batasnya, kalo kebanyakan juga kurang baik. Oke mas?
Biasanya dia akan mengatakan "Ya mama. Besok besar boleh ya" sambil manggut-manggut pertanda dia bisa mengerti saat itu.

Juga ketika kita harus berpisah sementara, mungkin ada acara atau hal apapun yang tidak memungkinkan untuk mengajak anak kita ikut. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan jujur bahwa dia tidak bisa ikut dulu tapi nanti kalo sudah pulang bisa bermain bersama lagi. Hindari untuk berbohong dengan berkata "mama pergi sebentar (ternyata lama)", atau, "mama cuma mau beli permen di toko situ buat kakak (padahal tidak beli permen, bahkan ketika pulang juga tidak bawa apa2)", dll.

- Berusaha dalam mendapatkan sesuatu -
Sebisa mungkin tidak selalu memenuhi keinginannya untuk membeli barang atau mainan yang diinginkan si anak. Ajari anak kita untuk menabung dan kemudian membeli barang yang diinginkannya dengan uang hasil dia menabung. Misalnya:
Abi: Mama, aku mau beli mobil-mobilan itu (ketika di toko mainan)
Mama: Bulan ini mas abi uda beli mobil, jadi untuk beli mobil lagi kita harus menabung dulu sampai bulan depan. Maaf ya mas, belinya bulan depan.
Biasanya penjelasan seperti ini diterima oleh Abi dengan baik, kadang disertai dengan lambaian tangan "bye bye" pada mainan yang dia pengen. Hiks.. kasihan tapi sepertinya kita harus tega hehehee..

Bisa juga dengan sistem reward, anak akan dibelikan mainan atau dapat  hadiah lain kalo melakukan apa yang sudah disepakati; salah satu contoh mengembalikan pada tempatnya atau merapikan barang-barang yang sudah selesai dipakai.

- Pegang Janji/Kata yang diucapkan -
Hal ini sering terjadi pada kedua orang tua yang bekerja, di saat si anak rewel tidak mau ditinggal. Biasanya kita akan bilang "nanti hari minggu kita jalan2 ya", atau, "nanti malam kita baca buku cerita ya", dsb. Please... Lakukan itu .. Pegang kata-kata yang kita ucapkan kepada si anak. Karena dengan begitu, anak pun akan mengerti bahwa ayah/ibu sayang dan perhatian dan memang mengalokasikan waktu untuk bersamanya di samping harus bekerja juga. Hal ini juga secara tidak langsung memberi contoh kepada anak untuk jujur/tidak berbohong.

- Belajar Konsisten -
Bisa dikatakan hampir sama dengan memegang kata-kata yang telah terucap dari mulut kita. Namun ini lebih pada kebiasaan sehari-hari dan sikap yang kita tunjukkan di depan si anak. Beberapa contohnya adalah:
*sebelum tidur gosok gigi - cuci kaki dan tangan - pipis, kita juga harus melakukannya 
*disaat kita memberlakukan NO TV Time kepada anak, aturan itu pun berlaku juga untuk kita
*memberikan konsekuensi karena tidak menurut, hal ini tidak boleh terabaikan - apabila terabaikan (dalam arti tidak konsisten), maka si anak bisa jadi mengganggap sebagai gertakan


Lanjut besok yaaa...
maap ini matanya uda liyer-liyer hehehehe...

Tuhan Memberkati
Mama Abi

Friday, November 2, 2012

Tentang BATIK (2)


Wew! ... 3 bulan berlalu setelah Note "Tentang BATIK (1)" tertuliskan ....
Cukup lama juga ya tidak menjamah keyboard laptop dan memainkannya... hahahaha ...
Membiarkan jari jemari ini berkeliaran - lari sana lari sini - menciptakan kreasi baru yang mudah-mudahan berguna bagi orang lain ... :)

Baiklah, mari dilanjuuuutt..
Setelah mengulas tentang Sejarah dan Definisi BATIK di Note "Tentang BATIK (1)" , sekarang kita coba cari tau yuk seperti apa Jenis/Corak/Motif Batik dan Fisolofi yang terkandung di setiap torehan malam/lilin yang dilukiskan oleh para pembatik dan penciptanya...

============================================================

JENIS/CORAK/MOTIF BATIK

Dari berbagai literatur, termasuk informasi yang dimuat di internet, aku ambil kesimpulan bahwa pengelompokan corak atau motif atau jenis kain Batik mengalami perkembangan yang sangat luas dan harus ditinjau dari 2 kelompok besar terlebih dahulu:

1. Dari Cara Pembuatan Batik
Kenapa dari cara membuatnya? karena setiap daerah memiliki gaya yang berbeda, berikut perbedaan pandangan dan pengalaman berkembangnya daerah tersebut dan penduduk yang tinggal di tempat ini... yang kemudian membawa pada gaya lukis atau seni membatik yang tidak akan sama satu dengan yang lain. Sebagai contoh; Batik Jogja, Batik Cirebon, Batik Solo, Batik Madura, Batik Tasik, Batik Kalimantan, dll.

2. Dari Jenis/Gaya Batik
Motif yang dimaksudkan disini adalah nuansa yang "dibawa" atau digambarkan oleh Batik itu sendiri.
Motif batik dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Gaya Tradisional dan Gaya Bebas/Modern.
Batik Gaya Tradisional punya cara tertentu dan statis, terdiri dari batik klowongan, cecekan, tembokan, isen-isen, dan cara membatiknya menggunakan canting tulis atau canting cap dan juga merupakan batik sogan yaitu kombinasi antara warna dasar putih dengan biru atau coklat. Misalnya batik truntun, batik ukel, batik garuda, batik garuda dasar putih, batik parang rusak dasar hitam, batik parang dasar putih, batik parang rusak, batik parang garuda suli, dll. Batik Tradisional ini biasanya adalah jenis batik yang berasal dari daerah kraton, yang dulunya dikhususkan untuk para bangsawan kerajaan.
Sedangkan Batik Gaya Bebas/Modern tidak ada ikatan tertentu atau abstrak dan cara pembatikannya dilakukan dengan canting tulis dan kuas disertai dengan proses pewarnaan yang bebas tanpa ada batasan warna tertentu. Misalnya batik madura, batik tasik malaya, batik lukisan, batik soga dengan pinggiran garuda, batik cuwiri pekalongan, batik nitik, batik kuda laut, batik mega mendung, batik formika, dan batik gaya dinamis, dll. Batik ini berkembang mengikuti tren masa kini.

Hingga saat ini, BATIK berkembang amat sangat cepat dengan berbagai kreasi gaya yang semakin "mendobrak" dunia fashion, tidak hanya di Indonesia tapi juga di Mancanegara. Seperti yang aku lihat di fashion-tv, bahwa tahun 2013 bahkan mungkin sudah dimulai di akhir 2012... floral printing akan menjadi TREND/pilihan motif pakaian para designers. Hmmm... It brings me to this thought ... That floral printing bisa juga mengacu kepada Batik atau mungkin terinspirasi dari Batik xixixi... We should proud!

Dengan berkembangnya Batik gaya bebas/modern, tidak juga membuat Batik tradisional tersingkir begitu saja. Definitely....
Karena Batik dengan gaya tradisional inilah yang menjadi cikal bakal munculnya ide dan kreasi desain batik gaya bebas/modern, PLUS... Batik tradisional mempunyai FILOSOFI yang kuat yang cukup membuatnya bertahan. Yuk kita coba ulik apa saja filosofi di balik motif Batik yang bisa kita pelajari :)


FILOSOFI BATIK

Berikut beberapa filosofi yang terkandung didalam motif Batik...
1. SIDOLUHUR
Berasal dari Kraton Surakarta, termasuk dalam kategori Batik Tradisional... jenis Batik ini biasanya dipakai oleh Pengantin Putri di Malam Pengantin.
Sidoluhur mengandung makna keluhuran. Bagi orang Jawa, hidup memang untuk mencari keluhuran materi dan non materi. Keluhuran materi artinya bisa tercukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai dengan jabatan, pangkat, derajat, maupun profesinya. Sementara keluhuran budi, ucapan, dan tindakan adalah bentuk keluhuran non materi. Orang Jawa sangat berharap hidupnya kelak dapat mencapai hidup yang penuh dengan nilai keluhuran.
2. SIDOASIH
Sama dengan Sidoluhur, berasal dari Kraton Surakarta dan merupakan Batik Tradisional yang dikenakan oleh Pengantin Putri di Malam Pengantin.
Makna yang terkandung adalah Sido berarti jadi, Asih berarti sayang, ragam hias ini mempunyai makna agar hidup berumah tangga selalu penuh kasih sayang.
3. SIDOMULYO
Batik Tradisional ini berasal dari Banyumas dan masih terbawa oleh aliran kraton, biasanya dikenakan oleh Pengantin Putra/Putri di Malam Pengantin.
Sidomulyo bermakna bahagia, berkelimpahan rejeki, dan hidup dalam kemuliaan.
4. SIDOMUKTI
Merupakan batik Tradisional namun dikategorikan pada saat itu sebagai batik Petani, mungkin maksudnya bukan kalangan bangsawan. Dan batik Sidomukti ini biasanya dipakai oleh Pengantin Putra/Putri di malam resepsi pernikahan mereka. Makna yang terkandung didalamnya adalah Hidup yang didambakan selain keluhuran budi, ucapan, dan tindakan, tentu agar hidup akhirnya dapat mencapai mukti atau makmur baik di dunia maupun di akhirat.
Biasanya dikenakan oleh pengantin pria dan wanita pada acara perkawinan, dinamakan juga sebagai Sawitan (sepasang). Sido berarti terus menerus dan muktiberarti hidup berkecukupan dan kebahagiaan. Jadi motif ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik.
5. SIDOWIRASAT
Dalam motif ini sudah ada kombinasi dari motif batik tradisional sebelumnya. Dipercaya bahwa kombinasi motif batik Sidowirasat ini melambangkan bahwa orang tua akan selalu mendampingi putra/putrinya dan memberikan nasehat juga menuntun mereka dalam memasuki bahtera rumah tangga.
6. PARANG KUSUMO
Sama halnya dengan Sidoluhur yang berasal dari Surakarta, motif ini biasanya dipakai Calon Pengantin Putri pada saat tukar cincin atau prosesi/upacara pernikahan. Maknanya adalah hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin, ibaratnya keharuman bunga (kusuma).
7. TRUNTUM
Merupakan Batik Tradisional Kraton Surakarta. Motif ini biasanya dikenakan oleh Kedua Orang Tua Pengantin. Maknanya adalah menuntun, hampir sama dengan Sidowirasat.
8. WAHYU TUMURUN
Batik ini berasal dari Pura Mangkunegaran dan biasanya dipakai oleh Pengantin pada waktu acara panggih atau pertemuan keluarga besar kedua mempelai.
Wahyu Tumurun dapat diartikan sebagai turunnya anugerah, sehingga memberikan makna bahwa kedua mempelai diberikan anugerah oleh Sang Maha Kuasa berupa kehidupan bahagia dan sejahtera seta berjalan sesuai dengan petunjukNya.
9. PARANG RUSAK
Motif ini muncul di lingkungan Kraton Jogja dan Solo, konon diciptakan oleh Panembahan Senopati yang bertapa di Pantai Selatan. Parang Rusak mempunyai arti perang atau menyingkirkan segala yang rusak, atau melawan segala macam godaan. Motif ini mengajarkan agar sebagai manusia mempunyai watak dan perilaku yang berbudi luhur sehingga dapat mengendalikan segala godaan dan nafsu.
10. PARANG BARONG
Berasal dari kata “batu karang” dan “barong” (singa). Dulunya dikenakan para bangsawan untuk upacara ritual keagamaan dan meditasi karena motif ini dianggap sakral. Motif ini menggambarkan senjata, kekuasaan. Selaras dengan makna yang ada dalam motif Parang Barong, maka pada saat itu Ksatria yang menggunakan batik ini dipercaya bisa berlipat kekuatannya.
11. PARANG KLITHIK
Dengan motifnya yang kecil dan rapi, menggambarkan sikap halus dan lembut yang diharapkan dimiliki oleh setiap Putri kraton pada saat itu.
12. PARANG SOBLOK
Dengan motif yang rapi dan tegas, lebih besar dari Parang Klithik... Motif ini bermakna sebuah keteguhan, ketelitian, dan kesabaran.
13. SEKAR JAGAD
Motif ini sering dikenakan dalam pesta pernikahan, karena melambangkan ungkapan cinta dan memelihara perdamaian. Berasal dari kata “kar jagad” (Kar=peta; Jagad=dunia) .. motif ini dipercaya melambangkan keragaman diseluruh dunia. Selain itu, mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona.
14. KAWUNG
Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.
Melambangkan kebijaksanaan dan keseimbangan hidup. Ada juga yang percaya bahwa mempunyai makna yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya dan mencerminkan pribadinya sebagai seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati nurani agar ada keseimbangan dalam perilaku kehidupan manusia.
15. MEGA MENDUNG
Berasal dari Cirebon yang dipercayai maknanya membawa kesuburan dan pemberi kehidupan. Pada bentuk Megamendung ada garis lengkung yang beraturan dari yang paling dalam kecil lalu melebar keluar secara harmonis, hal ini membawa pesan moral bahwa dalam kehidupan manusia selalu berubah (naik turun), melalui proses pembelajaran diri dan pada akhirnya akan kembali kepada Sang Pemberi Hidup.
16. KAWUNG OLENG dan KAWUNG PICIS
Kawung Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil. Picis adalah mata uang senilai sepuluh senyang bentuknya kecil. Sedangkan Kawung Oleng lebih besar daripada Kawung Picis. Ada lagi Kawung Bribil adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Oleng. Hal ini sesuai dengan nama bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen. Sedangkan kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil disebut Kawung Sen. Dan motif kawung ini dipercaya memberi makna kejujuran dan keberanian.
17. SEMEN RAMA
Motif Semen dimaknai sebagai penggambaran dari “kehidupan yang semi” (kehidupan yang berkembang atau makmur). Terdapat beberapa jenis ornamen pokok pada motif-motif semen. Yang pertama adalah ornamen yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat. Kedua adalah ornament yang berhubungan dengan udara, seperti garuda, burung dan mega mendung. Sedangkan yang ketiga adalah ornament yang berhubungan dengan laut atau air, seperti ular, ikan dan katak. Jenis ornament tersebut kemungkinan besar ada hubungannya dengan paham Triloka atau Tribawana. Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia; dunia tengah tempat manusia hidup, dunia atas tempat para dewa dan para suci, serta dunia bawah tempat orang yang jalan hidupnya tidak benar/dipenuhi angkara murka.
Selain makna tersebut motif Semen Rama (dibaca Semen Romo) sendiri seringkali dihubungkan dengan cerita Ramayana yang sarat dengan ajaran Hastha Brata atau ajaran keutamaanmelalui delapan jalan.Ajaran ini adalah wejangan keutamaan dari Ramawijaya kepada Wibisana ketika dinobatkan menjadi raja Alengka. Jadi “Semen Romo” mengandung ajaran sifat-sifat utama yang seharusnya dimiliki oleh seorang raja atau pemimpin rakyat.


Pastinya masih banyak jenis/motif batik yang berkembang di industri batik saat ini dengan berbagai makna yang dipercaya oleh penciptanya.
Semoga informasi ini bisa membantu kita untuk membayangkan sekaligus menyadari dan bisa berbangga atau bahkan berpartisipasi untuk melestarikan budaya indahnya batik Indonesia ini.

Hmmm... sampai sini dulu ulasan Batiknya.
Selamat Pagi.. :D

Berikut aku tampilkan juga contoh motif Batik yang tercantum dalam FILOSOFI BATIK di atas.


SIDOLUHUR

SIDOASIH

SIDOMULYO

SIDOMUKTI

SIDOWIRASAT

PARANG KUSUMO

TRUNTUM

WAHYU TUMURUN

PARANG RUSAK

PARANG BARONG

PARANG SOBLOK

PARANG KLITHIK

SEKAR JAGAD

KAWUNG

MEGA MENDUNG

KAWUNGPICIS

KAWUNG OLENG

SEMEN RAMA