Tuesday, December 18, 2012

5 Tahapan Kualitas kita

Makasih papa Abi yang membagikan informasi penting dalam buku yang dibacanya belakangan ini...
Setelah aku baca pada bagian yang ditunjukkan, ternyata sangat penting banget untuk kita ketahui .. bahwa kita sebagai manusia yang lahir, keluar dari perut mama/ibu/bunda/simbok menjadi bayi mungil, dan tumbuh berkembang menjadi orang dewasa saat ini memiliki tahapan yang harus dipenuhi dan dinikmati sesuai dengan masanya untuk membangun kualitas kita yang lebih baik dari masa ke masa.

Aku sempat share hal ini di status FB, namun rasanya informasi ini sangat perlu dituliskan disini. Biar inget terus.. hehehe...

===================================================================

Berikut Lima Tahapan Kualitas kita yang sangat penting:

1. Masa Bayi (Baby) --- 0-1thn: --Love and Pleasure--
Pada masa ini mustinya diisi dengan cinta kasih, kenyamanan, kenikmatan.. 
Kita sebagai orang tua baru, tentu saja akan mengalami "perubahan" emosi secara tidak sadar, dan hal ini tidak jarang memberikan kekuatiran dan ketakutan selama proses pembelajaran kita yang mana tidak hanya sebagai suami atau istri melainkan menjadi satu tim yang harus kompak yaitu "orangtua".
Namun, kualitas perkembangan anak harus kita nomorsatukan, terutama dalam memberikan perhatian penuh dengan cinta kasih, kenyamanan, dan kenikmatan dalam keluarga

2. Masa Balita (Child) --- 2-5thn: --Full of Creativity and Imagination--
Pada masa ini sebaiknya diisi dengan segala hal yg berkaitan dengan imajinasi dan kreativitas..
"Bebaskan anak anda!"... mungkin itu ya kalimat yang tepat..
Memang dalam sistem pendidikan Indonesia masih mengaplikasikan teori dan kepandaian akademis - dalam hal ini angka yang memegang kendali - sebagai patokan kuat bahwa anak akan dipandang dan dibanggakan, tanpa mempertimbangkan atau melihat bagaimana karakter anak tersebut dan apakah yang digeluti anak ini pada masa sekolahnya sesuai dengan apa yang diminatinya. 
Masa balita ini sangat krusial menurutku. Kita sebagai orang tua harus sangat jeli mengamati tingkah laku dan kesukaan anak kita. Bukan lalu mengarahkan dia untuk harus belajar ini itu yang mana secara tidak sadar (atau mungkin sadar?) hanya sebagai sarana kebanggaan orang tuanya saja.
Biarkan mereka berimajinasi dan dengan penuh rasa ingin tahu nya berkreasi dengan berbagai macam tingkah laku yang positif. Tentu saja kita perlu membantunya dalam perkembangan karakter yang positif... Concern to character building from now on.

3. Masa Anak2 (Boy/Girl) --- 6-12thn:
--Time for Fun and Playfulness--
Masa anak-anak adalah masa dimana mereka bisa bermain dengan menyenangkan, mengenal berbagai kegiatan baru dalam bentuk permainan pintar dan menantang baik di sekolah atau di sekitar rumah/taman bermainnya. Mereka pun akan mengenal berbagai macam orang dengan pemahaman karakter masing-masing, dan belajar menyikapinya.
Dengan pengarahan karakter yang positif di masa balita sebelumnya, akan sangat membantu anak kita untuk bersikap baik dan menikmati kegiatannya di masa ini.
Oiya, terutama pengenalan pribadi antara Boy dan Girl.. Hal ini menjadi perhatian kita juga belakangan ini. Karena tidak sedikit informasi/berita yang menunjukkan kemerosotan kualitas anak dengan adanya kematangan seksual dini. Salah satu cara termudah untuk membantu anak kita adalah dengan menetralkan kondisi apabila sedang berdiskusi tentang Boy dan Girl secara garis besar. Jelaskan saja secara ilmiah dulu dan dengan nada yang netral.
Dan juga, menurutku tidak perlu menggoda atau memunculkan "kamu pacarnya sapa hayo? uda punya pacar belum?" .. apalagi hal ini diungkapkan pada saat anak masih balita.
Pasti nanti ada masanya anak kita akan menunjukkan sikap pubernya.
Semoga setuju ya bagi yang sudah mengalami anak puber.. hehehehe...

4. Masa Remaja (Youth) --- 13-19thn: --Romance and Adventure--
Naaah... di masa inilah, sudah sewajarnya kalo anak kita mulai bereaksi tidak biasa hehehe..
Karena di masa ini anak akan berpetualang dan menemukan hal baru ttg romantika.. and It becomes PUBERTAS.. :D
Dari yang suka berahasia, atau ada juga yang mengubah style/cara berpakaian, mempunyai kesukaan atau idola dan kadang berlebihan, mulai merasa paling benar dan kita dianggap sebagai penghalang, sedikit belajar berbohong dan beralasan, sampai pada masa menstruasi untuk anak perempuan dan masa akil balik untuk anak laki-laki dengan adanya jakun, juga munculnya jerawat. Lengkap yaaa... xixixi
Krusial? pastinya...
Namun kembali lagi, apabila sejak masa balita kita sekuat tenaga memberikan penjelasan yang layak dan mencontohkan hal-hal positif ... pasti akan membantu anak dan orang tua dalam melewati masa ini bersama-sama.

5. Masa Dewasa (Adult) --- 20thn ke atas: --Reality and Responsibility--
Pada masa ini, merupakan sebuah pembuktian diri bahwa kita sudah layak dikatakan dewasa. Beberapa sikap yang menunjukkan bahwa kita sudah DEWASA adalah tanggung jawab, memiliki prioritas hidup, konsisten, bijaksana, siap menerima kritik dengan besar hati, mampu memutuskan/memilih, sopan dan beretika, dan sikap baik lainnya yang mengikuti.
Perubahan yang ekstrim misalnya dari sikap kekanakan menjadi lebih dewasa, akan sangat sulit dilakukan sekaligus karena kita sudah mempunyai pemikiran sendiri yang terkondisikan dari apa yang kita terima sejak masa balita dan anak-anak.
Jadi, apabila kita mempunyai anak seorang mahasiswa, dan mengeluhkan sikapnya bahwa dia tidak hormat kepada kita, menjawab ajakan kita dengan teriakan atau berbagai alasan tanpa mengindahkan permintaan kita, atau anak kita tersayang ini selalu minta uang untuk membeli berbagai macam barang namun tidak merawatnya dengan baik, dan lain sebagainya ...
Bukan semata-mata anaknya loh.. kembali kepada masa sebelumnya.. apa yang sudah kita berikan dan apa yang sudah kita programkan lalu apa yang sudah kita kondisikan saat itu, pada masa krusial perkembangannya.

==============================================================

Aku salut ..

Sangat salut dengan orang tua yang berhasil mendidik anak-anaknya menjadi orang yang sukses. Sukses bukan semata materi loh ya. Dalam kehidupan ini, aku lebih memilih untuk sukses secara batiniah, alias bahagia ayem tentrem.

Salut .. ketika berhasil mengamati minta dan passion anak-anaknya dan membantu mereka untuk mengembangkannya sehingga menjadi pegangan hidupnya dan kebanggaannya.

Salut .. ketika para orang tua ini bangga melihat anaknya berhasil di bidang yang menjadi passionnya.

Tidak ada yang dapat menggantikan .. apapun itu .. ketika kita hidup dan menjalani passion kita dengan keluarga tercinta.

Semoga kami pun bisa melakukan apa yang sudah dilakukan para orang tua membanggakan itu.. dan tujuannya adalah satu.. BAHAGIA AYEM TENTREM.

- Tuhan Memberkati -


1 comment:

  1. Tahapan kualitas yang dilalui manusia modern.

    www.multibrandx.net

    ReplyDelete