Abi bantu Masak

Selama 2 hari ini, Abimanyu-ku semangat sekali ketika mendengar kata "memasak"
Pasti dia akan bilang "Aku bantu mama masak ya"
Pikirku, "ah tidak ada salahnya.. toh dia jadi tambah ilmu"
Berantakan urusan belakangan lah ... hehehe

Kemarin Selasa, 23 April
Berhubung sarapan dan makan siang sudah tersedia dengan sendirinya alias ada yang menyediakan termasuk ada acara ulang tahun teman Abi yang memberikan lunchbox, jadi aku hanya perlu memasak untuk malam saja..
Pilah-pilih.. Hujan deras, bikin yang simpel aja.. 
Akhirnya aku putuskan untuk menggoreng kornet, yang sengaja aku beli kemarin Minggu, karena Abi sudah lamaaaaa sekali ga makan yang namanya kornet...

Aku masih menyiapkan bahan dan alat masak di dapur, sedangkan Abi masih asyik dengan mobil-mobilannya yang baru saja re-layout tadi siang dan sore.
Eeh .. tiba-tiba dia ke dapur.. "Ayo Ma, kita jadi masak," pintanya.
"Oh iya.. jadi kok. Ini mama baru siapkan. Tunggu sini ya," jawabku.

Acara memasak menggoreng kornet pun dimulai:
- Abi pecahin telur ini ya.. Aku biarkan Abi pegang telur lalu kuarahkan untuk diketukkan ke mangkok, dan kemudian dipecahkan.. Sambil aku tunjukkan... yang ini kulit telur, yang ini bagian kuning, yang ini bagian putih
- Abi bentuk kornetnya ya.. caranya begini, aku ambilkan gumpalan kecil kornet dan mengepalkannya di telapak tanganku.. Abi coba ikuti tapi jadi lonjong-lonjong deh kepalan Abi...
- Masukkan kepalan kornet ke telur ya... Abi coba masukkan kepalan kornet tadi ke telur dengan sendok .. karena menyendoknya bingung jadi pecah2 deh kepalan kornet nya hahaaa.. Gpp deh 

- Yuk Mas goreng kornet bersama-sama yaa... Langsung Abi lari ke dalam ternyata ambil kursi, supaya badan n tangannya nyampek di penggorengan :D
- Jadi deh kornet versi kepalan Abi Ɨƚa..Ɨƚa..Ɨƚa.. Berantakan gak apa lah, yang penting enak !! :)


Kornet ala Abi

Hari Berikutnya, Rabu 24 April
Sejak semalam Abi sudah merencanakan memilih menu apa.. hahaha
Dia ikut lihat-lihat buku resep yang aku beli
Abi minta masak udang goreng tepung dan sayurnya mama yang pilih..
Jadi deh, aku tuliskan kebutuhan bahan yang harus dibeli.. dan ingatkan dia bahwa harus ke tukang sayur pagi .. Abi mengiyakan..

Pagi ini.. Abi aku bangunkan.. "Mas, bangun yuk.. ke tukang sayur ikut ? beli udang kan? "
Lucu deh.. matanya masih setengah tertutup.. "Tapi aku ngantuk maaa..."
"oh gitu.. jadi gimana ? Abi mau tunggu di rumah aja? ato ga usa beli udang? yang mana?"
aku coba memberikan 2 pilihan xixixixi..
Akhirnya dia memilih untuk ikut ke Tukang Sayur dan membeli udang juga bahan sayur lain.

Sama seperti hari sebelumnya...
sesampainya di rumah, langsung nagih.. "ayuk ma masak.."

Aku bersihkan udang sampe bersih dan cuci 2x.. 
kemudian aku minta Abi pecahkan telur lagi seperti kemarin.. dan kocok dengan garpu.. seneng banget kalo diminta untuk melakukan ini..
Oiya, untuk sayurnya, aku memilih menu sayur tumis putren (janggel/jagung muda) dan brokoli..
Abi membantu mengupas janggelnya lhoo.. dan it's all by himself.. Good Boy!
 



Kemudian bawang putih yang sudah aku kupas, ditumbuk kasar dan aku minta Abi untuk ini, sembari aku kenalkan ini bawang putih.. dan menunjukkan mana yang disebut bawang merah...

Lalu Abi mencampur udang, garam, dan bawang putih.. diaduk dengan tangan.

Kira-kira 5 menit didiamkan supaya meresap ke udang, aku menuang tepung terigu dan Abi mencelupkan udang tadi ke dalam telur satu persatu, kemudian menggulingkan ke tepung..
 
Siap goreng deh, udang yang diselimuti tepung .. "putih putih ya Ma", katanya..

Hmmm... yummy...

Udang goreng tepung Abi langsung disajikan
dan penikmat pertama tetep.. Abimanyu-ku wkwkwkwk... dicemiiiil muluuu

 Kalo diamati sepertinya mulai kelihatan Abi suka masak..
Wah Chef Abimanyu terkenal besok! ;)


- Tuhan Memberkati -

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas