Monday, May 20, 2013

Coloring, Bantu Mama, Puzzle, Meronce

Hari ini cukup seru kegiatannya.. rasanya jadi ikutan seneng juga deh mamanya..
Tanpa menggunakan media elektronika dan mainan favoritnya :p

Iya.. minggu lalu Abi sempat lepas kontrol emosi ketika bermain PS Balapan sama papanya, lalu Abi banting stick PS cukup keras. Sesuai kesepakatan dengan tema "memelihara dan merawat mainan + kontrol emosi" maka, permainan yang dibanting tersebut dengan sangat terpaksa disimpan untuk seminggu, tidak boleh dimainkan.. hehehe...
Proses ini kadang berjalan lancar, kadang juga pake nangis lama dan dengan diskusi yg panjang..
Yah gakpapa, walopun suka gak tega juga, tapi inilah proses pembelajaran (menurutku).


Start the day....

Bangun tidur, Abi bangun sendiri, memang sengaja aku biarkan sampai sebangunnya..
karena weekend kemarin banyak agenda dan kemungkinan dia capek, plus hari ini gak sekolah.
Alhasil jam 8.30wib Abi baru bangun. Rutinitas sehat pertama adalah pipis dan minum air putih.
Setelah mandi dan sarapan, aku keluarkan coloring books Abi yang beberapa masih kosong.
Aku lihat reaksi Abi, ternyata dia berminat, dan minta aku untuk ambilkan pensil warnanya.
Semua buku dibuka dan tak lama kemudian asyik mewarnai sambil cerita sendiri.
Sesekali Abi tanya, ini harus gimana, enaknya warna apa, itu apa, dsb.


Ada buku Mickey Mouse yang dulu aku belikan ketika berusia 2 tahun, dan buku ini masih menjadi favoritnya. Kalo dulu, hanya dilihat, dibuka-buka bolak-balik. 

Sekarang Abi lebih mengamati gambar Mickey Mouse and friends, sedang apa dan dimana juga gimana ceritanya. Kebetulan ceritanya edukatif ke pengenalan angka, warna, binatang, dan tempat. 
Jadi deh kami main tebakan.



Trus, baru inget deh kalo ada Homework dari JMC Yamaha..
Sejak bulan Maret Abi ikut les musik di Yamaha, disebut JMC untuk anak 4-6 tahun.
Metode mengajar : Sangat Bagus, dan aku suka sekali dengan konsepnya. Very Fun!

Aku: "Mas, ada PR dari Miss Anita, inget gak?"
Abi: "Ooo iya iya.. yang mana ya Ma?"
Aku: "Hmmm.. coba, mama minta tolong Abi ambil tas Yamaha di kamar."
Abi: (jalan ke kamar, cari tas Yamaha, agak lama hehe.. karena memang aku amati Abi ini perlu mengasah ketelitian dan belonging terhadap barang disekitarnya juga barang miliknya)
Setelah tanya dan minta clue dimana letak tas nya, akhirnya ketemu juga :p

Aku: "Ooh bikin lingkaran nak, dan menghitung berapa lingkaran yang ada di gambar ini. Sekalian kita baca dari depan ya? Abi mau?"
Abi: "Yaaaa!! (semangat sambil lompat >_<)


Menjelang siang, kami sudah berencana akan pergi karena ada beberapa urusan.
Bermotor-ria kami pergi.. yiihaaa... ke kantor pos, ke toko kado, dan ke warteg hehe..
Di toko kado, yang mana isinya mainan semua, Abi harus membelikan kado untuk teman sekolahnya yang mengadakan acara pesta ulang tahun besok Selasa. Setelah memilih, aku biarkan Abi "menjelahi" semua mainan yang ada.
Abi: "Ma, nanti ditulis ya.. Aku pengen yang ini, yang ini, yang ini."
Aku: "Iya, pasti mas. Nanti kita tulis bersama ya. Syaratnya apa mas?"
Abi: "Nabung, trus jadi anak baik"
Aku: "Oke deh.. "

Sorenya,
Abi minta makan koko krunch yang kemarin dibeli.
Setelah itu Abi main di luar bersama anak balita tetangga sembari aku potong rumput liar di taman dan pel teras dan bersihin carport. Lagi-lagi, aku surprised dibuatnya. Abi yang masih bersantai-santai dan ngobrol sama temannya, trus mendatangiku.
Abi: "Mama ngapain?"
Aku: (sudah selesai pel, dll, tinggal cuci gombal/kain pel) "Ini mo mama cuci gombal nya"
Abi: "Aku aja ma.. sini aku aja"
Lalu dengan sekuat tenaga, Abi peres gombal, trus tanya caranya gimana cuci gombal.
Aduuh sayang.. hebat kamu ini! muah..muah deh..

Menjelang maghrib, aku minta Abi untuk segera mandi setelah bermain di luar dan bantu-bantu tadi, dimana kemudian ada kucing kecil mengeong berulang kali dan berusaha mencari kaki Abi seolah minta dielus. Haha.. namanya juga Abi, suka banget sama kucing.
Abi mendekati kucing kecil itu dan diajak ngobrol, "kamu lapar?" kucingnya meong-meong.
Trus Abi panggil-panggil deeh...

"Mama..mama.. aku tanyain kucingnya laper ga, dia bilang meong, berarti laper Ma, ada makanan gak Ma? untuk kucingnya.. laper dia.. apa sisa makanan gitu"

Hadeeh.. mo ditolak kok ya kasian Abinya.. akhirnya aku cari-cari di tempat cuci piring sapa tau ada sisa makanan... ternyata ada..

Abi pake nungguin kucing makan pula.. sambil bilang: "Makan kucing, dihabisin ya"
>.< ... abiii...abiii...


 

Mandi sudah.. Minum air putih sudah.. Minum susu sudah...
Lanjut deh dengan permainan malam.. hehehe.. kayak apa aja ya..

Menyelesaikan puzzle cars.
Abi punya 14 puzzle cars sampai saat ini.
Aku minta Abi untuk menyelesaikan dalam waktu cepat.
Sambil bersenandung, nyanyi-nyanyi lagu campur-campur, Abi bisa menyelesaikan 14 puzzle selama 15 menit.. wkwkwkwk...


Meronce...
Minggu malam aku menyelesaikan alat game meronce ini.
Aku buat dari gabus, dipotong menjadi berbagai bentuk/shape
Lalu sebagai tali ronceannya, aku pake tali rafia.
Masih meronce versi besar.
Dan Abi sukses .. walopun awalnya masih kagok tangannya.
Horeee!



 

Yippie!
seru banget hari ini..
Besok ngapain lagi ya.. xixixixi ^_^

-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment