Terong Masak Kecap & Tumis Sawi Udang Bakso


Iseng ah, masak sayur berbahan terong...

Dulu pernah masak terong sekali, dengan menu terong goreng tepung.
Kali ini mo bikin 2 sayur, terongnya dimasak manis pedas dan untuk Abi tumis sawi putih pake udang dan bakso bermaizena.. sepertinya enak hehe..


Begitu selesai, Abi langsung minta makan
Aku siapkan kursi dan alat makan .. lahap deh makan sendiri sampai habis
Setelah makan, Abi sudah bisa menaruh piring kotornya di tempat cucian dan membersihkan nasi-nasi yang tercecer di bawah kursi..
Pinternya Abiii... muah muah...


Jadi tergiur nih mamanya.. Aku cobain, waah ternyata memang enak .. uhuy!

Aku tulis resepnya deh, sapa tau ada yang pengen cobain masak ini juga.
Gampang masaknya dan cepat, jadi bisa hemat waktu kalo lagi sibuk.




Terong Masak Kecap

Bahan:
2 Terong Ungu, dipotong-potong, masukkan ke dalam air
5 bawang merah, iris kasar
2 bawang putih, iris kasar
1/2 bawang bombay, iris memanjang
kecap, garam, gula, air secukupnya dan minyak untuk menumis

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, tumis hingga harum
2. Masukkan terong, aduk-aduk sebentar
3. Tambahkan kecap secukupnya, lalu aduk-aduk
4. Masukkan air secukupnya (kira-kira 1 gelas kecil), aduk kemudian diamkan hingga mendidih
5. Kecilkan Api dan terong tampak kecoklatan, masukkan garam dan gula pasir secukupnya, aduk
6. Cicipin sesuai selera dan siap dihidangkan

Manfaat Terong Ungu (yang aku temukan di salah satu posting):
  1. Mengatasi Hipertensi.
  2. Mengatasi Hepatitis dan Diabetes.
  3. Mencegah dan mengobati kanker.
  4. Melancarkan peredaran darah dan mengatasi penebalan dinding pembuluh darah.
  5. Mengatasi radang usus.
  6. Mencegah bronchitis.
  7. Mengatasi tangan kesemutan, rematik dan radang sendi.
  8. Menurunkan kolesterol.
  9. Meningkatkan gairah seksual.
  10. Mengatasi wasir.

:. diambil dari http://permathic.blogspot.com/2013/01/kandungan-gizi-dan-manfaat-terong-ungu.html


Tumis Sawi Putih Udang Bakso

Bahan:
1 bonggol Terong, dipotong-potong, masukkan ke dalam air
1 buah wortel, iris tipis
2 bawang merah, iris halus
4 bawang putih, iris kasar
1/2 bawang bombay, iris tipis
1 sdt tepung maizena, dilarutkan ke 1/2 gelas air matang
Udang dan Bakso sesukanya
Garam, gula, merica secukupnya dan minyak untuk menumis

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, tumis hingga harum
2. Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna
3. Masukkan wortel, aduk-aduk hingga layu
4. Masukkan sawi putih dan bakso, aduk-aduk hingga sawi layu dan bakso agak mekar
5. Masukkan air maizena , aduk kemudian diamkan hingga hampir mendidih
6. Kecilkan Api masukkan garam dan gula pasir secukupnya, aduk hingga maizena mengental
7. Cicipin sesuai selera dan siap dihidangkan

Manfaat Sawi Putih (yang aku temukan di salah satu posting):
  1. Digunakan sebagai campuran masakan, padahal banyak manfaat yang didapatkan.
  2. Mencegah Osteoporosis,mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.
  3. Mencegah penyakit jantung karena mengandung Vitamin E, betakaroten dan vitamin C.
  4. Menjaga Kornea Mata Agar Sehat,karena mengandung vitamin A yg mengeluarkan keratin.
  5. Mencegah Anemia karena Mengandung asam folat.
  6. Menghaluskan Kulit dengan Kandungan vitamin E nya.
  7. Menyembuhkan Luka,serta Daya Tahan Tubuh Karena mengandung vitamin C.
  8. Mencegah Diabetes Mellitus,banyak mengandung kalsium
  9. Menangkal macam-macam Kanker,Adanya Indol dan Isotiosianat berfungsi mencegah penyebab kanker.
  10. Mencegah penyakit gondok,Goitrogen dpt menghambat fungsi kelenjar tiroid, menyebabkan terjadinya goiter gondok.
:. diambil dari http://www.katailmu.com/2013/02/manfaat-sawi-putih.html 


Wah ternyata manfaat nya banyak juga...
SIP deh!

Selamat Mencoba

- Tuhan Memberkati-

Comments

  1. Lia, resep Sawi Putih Udang Bakso, kok bahan nya pake bonggol terong?

    ReplyDelete
  2. Hahaha.. salah ketik mba..
    Makasih ya koreksi-nya
    maksude itu sawi putih mba :D .. [cekikik...]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas