Tuesday, June 25, 2013

IXL Pre-K Level (3) - 100% Graduate

Wow!
Abi menyelesaikan soal IXL untuk level Pre-Kindergarten 100% kemarin tanggal 24 Juni 2013.
Kurang lebih 1 bulan dari Abi mulai berpetualang di dunia IXL.

What makes IXL fun?
Setiap kali Abi berhasil mengerjakan soal dan benar...
program IXL memunculkan gambar sebuah penghargaan dan kemudian apabila sesuai dengan kategori-nya, Abi akan mendapatkan Award berbagai macam gambar lucu...
Jadi semangat sekali Abi...

IXL Awards

Hebatnya, Abi jadi paham dengan sendirinya tentang ukuran, bentuk, jumlah, perbandingan, dsb.
Hanya bagian Mata Uang yang merupakan pengetahuan sangat baru, karena mata uang negara lain.
Namun justru bisa jadi pembelajaran aku, bahwa Abi juga bisa dikenalkan mata uang Indonesia dari yang terkecil..
Dan kami sudah mulai mengenalkannya dengan kegiatan menabung dengan coin dan ikut gerakan CAC Jogja untuk mengumpulkan coin dan membantu anak-anak kurang mampu bersekolah.


Selamat ya Abimanyu-ku..
Way to Go!!
Performance Report

-Tuhan Memberkati-

Wednesday, June 19, 2013

LAPBOOK-1: SEJARAH MOBIL

Pastinya!
Abi memang hobi banget sama yang namanya mobil.
Semua merek mobil yang lalu lalang di jalanan Jakarta ini bisa dikenalinya dengan sangat mudah tanpa harus melihat ke bagian belakang mobil...
Beda sama mamanya, kalo ditanya musti lihat dulu tulisan dibelakangnya apa.. ya gak semua sih :D

Beberapa waktu sebelumnya, Abi mulai tanya-tanya..
- "Mobil pertama itu kapan ya?"
- "Mobil pertama itu kayak apa ya?"
- "Sapa ya yang bikin mobil pertama?"

Awalnya, aku hanya akan mengajaknya tanya Mbah Gugel [Google] saja..
Tapi pas kami bersama-sama cari tahu di Google, wah... excitement nya Abi mulai deh..
It's obvious indeed!.. matanya berbinar-binar dan heboh..
Abi langsung minta lihat gambar mobil pertama seperti apa, laku ketika aku bacakan pencipta mobil pertama, Abi juga langsung tanya ada gak foto orangnya. Akhirnya terkumpullah data 6 mobil pertama sebagai sejarah munculnya teknologi mobil saat ini. Kurasa cukup data ini.

Dan tiba-tiba.. CLING!..
Kenapa gak dibuat LAPBOOK saja ya..
Justru membantu Abi untuk lebih tahu dan ingat, juga memberikan kegiatan untuk motorik kasarnya seperti menggunting, menempel dan coret-coret.

"Mas, kita bikin Lapbook aja yuk!", ajakku.
"Apa itu Lapbook Ma?", tanyanya.
"Lapbook itu hmmm... tempat kita kumpulkan pengetahuan baru, seperti sejarah mobil tadi Mas. Gimana mau gak?", aku sengaja menjelaskan simpel untuk Abi.

*Definisi yang lengkap, Lapbook adalah sebuah paket kegiatan belajar yang menyatukan beberapa kegiatan kecil menjadi sebuah pembelajaran terintegrasi, yang hasilnya disajikan dalam bentuk dokumentasi yang disimpan di dalam map. [sumber: http://rumahinspirasi.com/belajar-dengan-media-lapbook/]*

"Ya ya yaaa... caranya gimana dong?", tanya Abi dengan mimik pengen tahu.
"Caranya, gambar yang tadi kita kumpulkan, kita print, trus kita potong, trus tempel, dan namai deh. Abi mau?", tanyaku lagi untuk memastikan.
"Mauuuu.... nanti aku yang print ya.. nanti aku yang potong ya...", sambutnya dengaaaan.. HEBOH! hehehehe.. yah begitulah Abi kalo sama yang namanya MOBIL dan kegiatan terkait.

Berikut proses dan hasilnya :)





Keren Abiii!! ... YEAY!!


-Tuhan Memberkati-

IXL Pre-K Level (2) - 45%

Posting ini sebagai lanjutan dari http://meilawijaya.blogspot.com/2013/05/ixl-awards-pre-k-1.html
yang merupakan "perjalanan" Abi dengan IXL nya...

Abi gak setiap hari main IXL.. Aku juga gak mengarahkan untuk tiap hari main IXL sih..
lebih sering terserah Abi pengen main apa.
setelah kurang lebih 2 mingguan kalo gak salah, Abi minta untuk lanjut lagi IXL nya.

So, we moved on to Level D, E then Level F on the next day.

Ada yang membuatku kaget...
aku sempat posting on-the-spot di Facebook:

Still Surprised!
Mungkin utk anak yg rajin dan dileskan sempoa ato kumon, hal ini bukanlah hal yg luar biasa.
Tapi utk aku masih jadi hal yg luar biasa xixixixi...
Abi bisa penjumlahan scr random sampe 20 tanpa aku ajari secara teori dan dg duduk diam dengarkan.. Bahkan mungkin aku tidak pernah sengaja mengajak Abi utk "duduk n belajar".
Random maksudku, tdk urut dg 1+1 ato 1+2 dst..
Yang Abi bisa;
- 10 sama 10 itu 20 Ma..
- 10 sama 2 jadi 12
- 5 sama 5 hmm.. 10
- 10 sama 6, berarti satu enam (ejanya) trs pencet 1 dan 6
Hebat kamu Nak.. 



Kebetulan di Level D dan E adalah menghitung sampe 20
awalnya Abi menghitung benda satu demi satu sebanyak itu
tapi trus makin ke belakang, kalo lebih dari 10, dia tinggal itung yang baris kedua karena baris pertama pasti jumlahnya 10.

Heran gak berhenti.. 
berdecak kagum pun aku alami...
Hehehehe.. lebay ya.. tapi memang di luar dugaan...
sungguh aku rasakan.... 
bahwa memang setiap anak punya berbagai macam kecerdasan dia akan belajar dengan sendirinya dan kita sebagai orang tua bertugas mengarahkan dan memberikan ruang...

Terima kasih Tuhan






-Tuhan Memberkati-

Saturday, June 15, 2013

Cerita Sepeda Abi

Bulan Juni, usia Abi 4 tahun 4 bulan
Tinggi badan 118 cm dan Berat badan 24-25 kg
Berat badan naik sedikit, tapi gak se-signifikan pertumbuhan tinggi badan
Makanya, setiap orang yang ketemu Abi, pasti selalu bilang "waah sekarang kurusan ya..."
xixixixi...


Dengan tinggi segitu, sepeda yang kami belikan setahun yang lalu ternyata sudah membuat Abi gak nyaman. Entah kenapa, apa mungkin seret dan berat juga ya tarikannya, selain dari kakinya yang panjang jadi gak nyaman pas gowes pedalnya.
Sepeda dengan roda berdiameter 16 cm, dan tinggi sadel sudah mentok di tingkat yang paling tinggi wkwkwk.. mereknya aku lupa deh apa.. tapi di bagian depan ada tulisan Nagoya.
Yah bukan merek terkenal sepertinya. Waktu itu harganya Rp. 400,000,-

Hari Rabu kemarin, setelah selesai mengurus e-KTP, kami mampir ke RodaLink Serpong untuk lihat-lihat sepeda. Memang sudah berencana sebelumnya, berdasar kondisi sepeda Abi sebelumnya.

Pas tanya ke Abi, dia setuju untuk beli sepeda baru dan sepeda lama akan diberikan kepada Tukang Sampah yang mungkin punya anak kecil yang memerlukan sepeda ini.


Kami berencana membelikan Abi sepeda baru dengan ukuran roda berdiameter 20 cm.
Tadinya sekalian deh ambil Polygon, tapi ternyata di toko out of stock.

Jadi, pilihan kedua jatuh pada wimcycle firebird. Dari penampakan fisiknya sepeda ini tampak kokoh, dan catnya juga bagus, rodanya juga mantab diliatnya.
 
Tentu saja kembali ke Abi, yang ternyata sudah menikmati gowes sana-sini pake sepeda ini.
Dan yang bikin kami heran, ternyata langsung lancar banget gowesnya.
Gak kayak pas naik sepeda yang lama. Walopun sama2 dibantu dengan 2 roda samping.
Harga sepeda wimcycle firebird diameter 20 cm saat ini adalah Rp. 900,000,-

Yang penting Abi nyaman dan dengan posisi tubuh yang baik ketika menaiki sepeda. Dan bisa bersepeda kesana-kemari tentunya.





Sebagai konsekuensi.....
Mama dan Papa harus ikut bersepeda bersama setiap pagi dan sore hahahahaha... ngalamat dah..

Mulai hari Kamis, Abi bangun jam 6.00 pagi demi bersepeda lalu dilanjutkan sore sekitar jam 16.00 - 17.00.
Yah no problemo Mas.. Mama Papa siap! :D

Abi langsung lancar naik sepeda, bahkan bisa ngebut.
Dan sepertinya dia baru menyadari bahwa naik sepeda itu enak.
Maaf ya mas, mama gak ngeh apa yang terjadi sebenarnya waktu dulu kamu berusaha sekuat tenaga mengayuh pedal di sepeda sebelumnya.
Memang harus ganti yang lebih besar ya Nak. hehehe..



Hari Jumat, Tukang Sampah lewat seperti biasa..
Aku mengingatkan Abi untuk memberikan sepedanya sesuai dengan rencana Abi sebelumnya.
Dan dia pun mengiyakan.. Lalu langsung berdiri di teras dan menunggu salah satu tukang sampah mengambil tong sampah rumah.. Pas sudah di depan rumah, Abi bilang, "Pak, aku ada sepeda ini ya, uda kekecilan, tolong dibawa ya.."

Good Boy...
Selanjutnya? Let's have some fun biking... :D

-Tuhan Memberkati-

Friday, June 14, 2013

Abi & Yamaha

Pada awalnya, pas Abi 4tahun aku mulai cari tahu Abi pengen menambah keahlian apa.
Apakah musik, dancer, bela diri, olahraga...

Kami mengajak Abi untuk survey ke beberapa tempat les di sekitar serpong.
Menurut kami lebih baik yang dekat dulu, karena masih 4 tahun yang tergantung dengan mood.

Dancer sebenarnya yang tampak dimintai Abi lebih besar daripada keahlian lain yang kami tawarkan.
Apalagi pas kesana, tempatnya bagus, pasti menambah ketertarikan Abi.
Sayangnya, minimal untuk memulai berlatih modern dance (karena Abi cowok) adalah 5 tahun.
Jadi tunggu tahun depan ya mas..
Wkwk Abi sempat muka sedih gitu deh.. Maaf ya mas..

Kami coba ke tempat les dancer dan bela diri yang disediakan oleh Sport Centre Graha Raya.
Namun sayang, beberapa kali ke sana, sering tidak sesuai dengan jam yang terpampang di papan.
Menjaga konsistensi memang tidak mudah sepertinya.
Juga memelihara infrastruktur yang telah disediakan.
Abi nya pun males-malesan ketika aku ajak untuk melihat metode les nya.
Malah minta pulang terus... >_<
So, CORET deh yang disini... 

Untuk olahraga, Abi memilih berenang karena kebetulan waktu itu di sekolah juga ada berenang.
Karena sudah kenal dengan guru renangnya [dari luar], jadi Abi nyaman untuk melanjutkan les renang bersama guru ini di luar sekolah. Sampai saat ini sudah 3x les renang di Duta Bintaro.
Cerita awal les renang ada disini.

Selanjutnya kami ke tempat les musik. Abi menunjukkan ketertarikannya kembali.
Memang ada yang dekat sekali dengan rumah, namun dari segi tempat dan kondisi infrastruktur tempat akhirnya kami memilih yang "terpercaya" sekaligus sudah punya Pakem Internasional.
Jadilah Abi les di Yamaha Alam Sutera. 

Saat itu sudah lewat masa pendaftaran sebenarnya.
Kami datang ke sana akhir February, dan les nya sudah dimulai sejak awal February.
Syukurlah masih ada 1 kursi di kelas ini, dan masih boleh mendaftar karena baru 2x masuk.
Secara resmi Abi masuk les awal Maret 2013, setiap Sabtu jam 12.00-13.00.
Berdasarkan dengan umur, Abi masuk kelas JMC (Junior Music Course) atau dulu istilahnya Wonderland. Jalur ini adalah jalur eksklusif untuk anak-anak yang memang berminat dengan musik sejak dini. Batas maksimal masuk JMC 5.5 tahun, karena range JMC adalah 4-6 tahun. 
Kemudian setelah itu akan naik tingkat ke JEC (Junior Extended Course) lalu JAC (Junior Advance Course) dan setelah itu bisa mendalami lebih fokus ke alat musik yang diminati. 
Apabila kita mendaftar di usia lebih dari 5.5 tahun, biasanya akan masuk ke jalur privat.
Dalam 1 kelas ada 10 anak dengan didampingi salah satu orang tua.

Rincian Biaya les di Yamaha untuk JMC Tahun 2013:
- pendaftaran Rp. 300,000,-
- bulanan Rp. 435,000,-
- perlengkapan les, Rp. 550,000,- terdiri dari buku lagu, buku pr, cd lagu, dvd (video), whiteboard dan magnet (disebut laptop), tas, dan boneka,
- ujian Rp. 240,000,-

Guru pengajar profesional sekali, sejauh aku mengamati ya, terutama dalam menghadapi anak-anak.
Ramah .... Tidak ada intonasi negatif dan kata-kata memojokkan.. NONE.
Lafal jelas ketika mengajak bernyanyi, Ketepatan nada baik sekali, plus, main piano nya sangat jago hahahaha... pasti yaaa...


Suasana di dalam kelas JMC


Latihan menyanyi dengan metode imitating [menirukan dan mendengarkan suara guru]







Akhir Juli nanti Abi akan UJIAN Semester I..
Gak berasa sudah mau Ujian..
Materi Ujian adalah (1) menyanyi 1 lagu, (2) main 2 lagu, dan (3) imitating seperti latihan.
Anak-anak bebas memilih dari beberapa lagu yang dipelajari selama mengikuti les.

Abi memilih lagu "Kucing-kucing yang Lucu" untuk dinyanyikan, dan lagu "Roti Panas" + "Tug of War" untuk yang dimainkan. Mulai sekarang deh latihan.. xixixi





Semangat terus latihan bersama mamapapa yaaa..
Sukses besok Ujiannya ... masih 1 bulan lagi hehehe...

-Tuhan Memberkati-

Tempel Kapas & Gunting Kertas

Setelah kemarin lusa menerima buku kegiatan Abi di sekolah dan cek kembali isinya, aku tawarkan ke Abi apakah dia mau melengkapi tugas-tugas di buku tersebut supaya penuh dan untuk bermain belajar.
Senangnya, Abi ternyata tidak keberatan.. katanya, "Ayo yuk ma, kita isi bukunya"

Buku kreativitas terutama, yang hanya terisi 1/4 nya.
Kami memilih kegiatan apa yang akan dilakukan dari beberapa tugas yang belum selesai.
Abi memilih menempel kapas dan mengisi toping donat dengan potongan kertas origami.

Menempel Kapas

Disini aku jelaskan kapas itu apa dan apa fungsinya, dan aku minta Abi untuk memegang dan merasakan. Kapas ini lalu disobek-sobek menjadi potongan yang kecil untuk kemudian nanti ditempel ke gambar Domba yang ada di Buku. 
Abi bersin beberapa kali wkwkwk... gatel mungkin kena partikel kapas yang tersobek kecil-kecil.
Setelah kapas terpotong kecil, Abi lalu meratakan lem di gambar Domba dan siap menempelkan kapas-kapas ini memenuhi tubuh Domba. Selesai deh!



Hasilnya "penuh" amat yak... 
Sampai mata domba pun gak keliatan wkwkwk...
It was no problem for me.. at all...



Membuat toping Donat



Selanjutnya, Abi memilih tugas bergambar donat.
Abi diminta untuk membuat toping dari kertas warna-warni [aku ambilkan kertas origami miliknya].
Kertas ini dipotong kecil-kecil untuk kemudian nanti ditaburkan di atas gambar donat.

Aku memberi permainan tambahan, yaitu menggunting huruf yang aku buat, membentuk kata DONAT.
Lalu ditempel di bagian bawah gambar donat.
 

Belajar ketepatan dalam menggunting sekaligus mengeja DONAT dan mengenal bagaimana membuat donat, terbuat dari apa, dan topingnya apa saja.













Tambahan ilmu untuk Abi hari ini adalah mengenal kapas, juga memperkuat keahliannya dalam menggunting sungguhan.. hahaha...



-Tuhan Memberkati-

Thursday, June 13, 2013

Terima Raport & HS

Hari ini Abi terima raport..
Celoteh Abi tentang raport ada di sini.

Kami datang jam 7.30 pagi, dan ternyata sudah ramai.
Mungkin supaya lebih cepat ya.. karena hampir semua orang tua teman-teman Abi karyawan.

Setelah menunggu lebih dari 1jam, akhirnya tiba giliran kami.
Raport Abi banyak kemajuan dilihat dari Semester I setengah tahun yang lalu hingga sekarang.
Hebat ABI!

Sistem Penilaian dengan menggunakan simbol, bukan angka.
Paling baik adalah simbol matahari, lalu bintang, smile, dan heart sebagai tanda masih bisa ditingkatkan lagi untuk menjadi lebih baik.

Raport Semester I 
Banyak smile hehehe..




Raport Semester II 
Banyak matahari hehehe..



SMILE & HEART..
PR buatku untuk membantu Abi meningkatkan keahliannya disitu.

Setelah ngobrol sana sini dengan Sang Guru Pendamping, kebetulan dibagi 2 dan kami mendapat bagian dengan Guru Pendamping, akhirnya aku menyampaikan keputusan kami bahwa tidak akan melanjutkan ke TKA.

Ketika menyampaikan keputusan ini, respon Guru Pendamping positif [tipe orangnya mungkin ya]. Sejak awal aku amati guru ini "baik" dibandingkan dengan banyak guru di sekolah ini.
Dia mendoakan semoga Abi bisa berkembang lebih baik dengan HS dan memang sampai kapanpun anak paling baik adalah berkembang bersama orang tuanya.
Adem juga mendengarnya hehehe.. Terima kasih Bu.

Berpamitan ke Guru Utama KB, kami pun menyampaikan hal yang persis sama. 
Hanya saja respon nya berbeda.. xixixi.. 
Tapi wajar juga.. sudah sekolah formal kemudian memutuskan HS pasti disambut dengan pertanyaan besar dari pihak sekolah formal apalagi.
WHY?

Entahlah, saat itu aku menjawab dengan baik atau tidak pertanyaan besar ini.

"Aku memutuskan resign untuk mendampingi Abi, kemudian aku membaca sana-sini, menambah pengetahuan dari berbagai sumber, dan mengamati Abi juga, kami merasa cukup mampu saat ini untuk mendampingi Abi setiap waktunya dan mengambil alih tanggung jawab pendidikan sepenuhnya."  Itulah sebagian pernyataanku ke Guru Utama KB...
Pada intinya, Abi nyaman bermain sambil belajar di rumah bersama kami dan kami melihat perkembangan yang baik pada Abi.
Sebenarnya ada yang lebih ingin kami sampaikan, bahwa pendidikan itu bukan hanya belajar dengan metode "3D: Duduk Diam Dengarkan" dan pembentukan karakter itu sangat penting di usia Abi saat ini hingga nanti 12 tahun.


Sempat memang Guru ini membujuk Abi, dg beberapa pertanyaan, antara lain:
- kenapa kok mau di rumah?
- kan gak ada temannya di rumah? cuma sama mama
- disini kan banyak temannya?
- pagi bisa disini, siang-malam bisa sama mama
- dulu mamapapa sekolahnya juga di sekolah kayak gini, bukan di rumah
 

Aku hanya diam membiarkan Abi merespon sesuai keinginannya. Karena anak kecil pasti akan berbicara lebih jujur tanpa ditutupi... Aku sempat terharu ketika Abi dengan lantang menjawab,
"Aku sudah putuskan belajar sama mamapapa di rumah"

Guru ini pun "menyerah" hehehe...

Lalu aku minta Abi untuk berterimakasih kepada mereka atas arahan dan pendampingan selama di sekolah, kemudian mencium dan memeluknya.
Dan Abi melakukannya dengan baik. Aku pun melakukan hal yang sama kepada mereka.

Bu Guru semua, Terima kasih telah membantu Abi berkembang dengan sistem yang ada.
Semoga kita bisa ketemu lagi di kemudian hari dengan kesuksesan kami bersama sistem HS.
Amin. :)

-Tuhan Memberkati-

Wednesday, June 12, 2013

Membuat E-KTP (2)

Melanjutkan posting tentang Membuat E-KTP di sini

Kami berangkat jam 9.00 pagi ke kantor kecamatan.
Sampai disana penuh sekali parkirannya.. Ternyata yang ramai adalah bagian pembuatan Akta Kelahiran. Setelah tanya salah satu petugas, beliau menunjukkan loket E-KTP dengan ramah.

Masuk ke loket E-KTP, ada 4 antrian dan tidak ada satu petugas pun.
Kami bertanya ke salah satu ibu yang tunggu di situ, dan memang mereka sedang menunggu.
Beberapa saat kemudian, satu petugas datang, dan menjelaskan ke salah satu bapak bahwa tidak ada data di kecamatan sehingga tidak bisa diproses E-KTP nya.

Wah?
Mulai bertanya-tanya..
Ada apa nih? Kok gak bisa diproses ya?

Begitu sampai pada giliran sang ibu yang aku tanyain tadi, mulai tampak kejelasannya..
Data penduduk yang sudah ada di kecamatan ini adalah data yang sudah membuat KK setelah ada perubahan Kabupaten, yang mana disini adalah Kabupaten Tangerang Selatan.
Dan untuk memunculkan data kita, petugas akan memasukkan NIK yang tercantum di KK kita.
Kalo KK kita masih yang lama, data tidak akan muncul dan harus diperbarui baru bisa E-KTP.

Untungnya, kami waktu itu buat KK pas sudah terpisah menjadi Kabupaten Tangerang Selatan.
Jadi begitu tiba giliran kami, dimasukkan NIK di KK, langsung deh keluar data kami masing-masing.
Dan langsung jepret satu-satu xixixi..
Setelah itu cap jempol kanan kiri, cap empat jari kanan kiri, cap telunjuk kanan kiri, dan scan mata, juga tanda tangan.. dan semuanya elektronik.
Terakhir, isi data diri di buku tamu.
Selesai.
Katanya, sekitar 2 bulan lagi selesai dan bisa diambil di RT.

Prosesnya sendiri 15 menit kira-kira.
Kalo nunggunya kemarin sekitar 20 menit.
Jadi bisa dibilang CEPAT. hehehe....
So far, pelayanan petugas kecamatan juga baik dan ramah.. Keep it up ya Pak! :D

-Tuhan Memberkati-

Tuesday, June 11, 2013

Hari Terakhir Abi di KB

Hari ini hari terakhir Abi menjadi "warga" KB di sekolahnya.
Besok kamis, ada jadwal penerimaan raport.

Ketika aku infokan ke Abi bahwa ini hari terakhir masuk, lalu terima raport,
Abi tanya, "Raport itu apa Ma?"
Aku jelaskan bahwa raport itu sebuah buku penilaian yang berisi tentang apa-apa saja yang dilakukan Abi selama di kelas KB tersebut.
Abi tanya lagi, "Trus kalo baik apa gak baik gitu gimana Ma?"
Aku jawab, "Ya gak gimana-gimana Mas.. tinggal nanti kita lihat bagian mana yang perlu fokus lebih dari kita dan bantuan lebih dari mama supaya Abi menjadi anak yang lebih hebat lagi"

Kemudian, aku pun lanjut menjelaskan, bahwa setelah itu Abi akan bermain belajar dengan mama papa di rumah. Papanya pernah tanya waktu itu, tentang rencana HS ini ke Abi.
Jawaban Abi juga di luar dugaan, "Aku seneng kok kalo belajar main di rumah sama mama papa, lebih seru daripada di sekolah".
Syukurlah, meaning, rencana HS bisa dijalankan dengan awalan yang smooth.
Walopun memang sudah mulai dijalankan, tapi kondisinya Abi kemarin masih ambil bagian di sekolah formal itu 3x seminggu.

Hari ini, buku-buku yang menjadi media kegiatan Abi diserahkan kepada kami.
Baru sadar, bahwa sistem di sekolah ini, lebih fokus kepada menulis :(
Ada 4 buku kegiatan:

-  "Aku Pandai Menulis", berisi berbagai bentuk garis dari lurus, lengkung, zig-zag, miring, yang kemudian berakhir pada huruf vokal. Semuanya dalam bentuk putus-putus untuk kemudian si anak belajar menulis dengan cara menyambungkan garis putus-putus tersebut. Buku ini 3/4 terisi.

- "Bermain dengan Angka", berisi bentuk angka 1-10 besar dan bentuk garis putus untuk disambung. Anak diminta untuk mewarnai angka besar kemudian menyambung garis putus angka kecil. Buku ini hampir semuanya terisi, sisa 1 halaman saja, namun sudah pernah dianalogikan dengan worksheet.

- "Kreativitas", berisi tidak hanya mewarnai, namun mengenal posisi, mengenal ukuran, mengenal pasangan seperti sendok-garpu, sapi-susu, gelas-piring, dsb, mengenal bentuk benda seperti biji bunga matahari, kapas, stempel dari wortel, membuat hewan dari pare, menghias donat, dll. Sayangnya yang dikerjakan di sekolah hanya bagian yg mewarnai, kreativitas -- dalam hal ini yang kumaksud adalah membuat sesuatu dari benda -- lainnya tidak dilakukan. Kecuali satu kreativitas, yaitu biji matahari yang ditempel di awal masuk sekolah. Hanya 1/4 yang terisi.

- Buku Kosong khusus menempel, hanya 6 halaman saja yang terisi. :(



PR Mama deh untuk melanjutkan
terutama Buku Kreativitas nya... Asyik tuh kalo dilakukan..
Oiya, bahkan stiker yang ada di dalam Buku itu sama sekali tidak digunakan hiks..

Jadi ingat juga, ketika pembagian raport semester 1 yang lalu, Abi berumur 3tahun 10bulan,
Guru Abi meminta aku untuk mengajari Abi menulis di rumah hehehe...
Aku mengiyakan saja.. namun yang aku lakukan adalah membiarkan Abi sesuka hatinya mewarnai gambar mobil, mencoret sana sini buku yang menarik perhatiannya, mengecat mobil mainannya dengan cat air.
Dan biarkan dia bereksplorasi.

Lucunya, sekarang, Abi umur 4tahun 4bulan,
justru Abi yang minta sendiri buku dot-to-dot lalu mengerjakannya tanpa diminta, lalu mewarnai gambar-gambar seri film Cars dari buku mewarnai yang dia pilih sendiri di toko, menyelesaikan semua puzzle yang dipilihnya di toko, mengikuti alur huruf, mengenal dan menyebutkan huruf lebih lengkap, mengenal dan menyebutkan angka sampai 100.

Ah..
Sungguh!
Let Him EXPLORES...


-Tuhan Memberkati-

Monday, June 10, 2013

Membuat E-KTP (1)

Bulan lalu, ada pengumuman terpampang di pintu masuk cluster aku,
tentang batas pembuatan E-KTP.

Iya nih, belum melanjutkan proses pembuatan E-KTP,
lha KTP Tangerang juga belum lama jadi dan diterima di tangan :)

Berhubung batasnya adalah akhir Juni 2013,
maka dari sekarang sudah booking hari ke Papa untuk meluangkan waktu ke kantor Kecamatan.
Aku sudah ke kantor Kelurahan Pakujaya, ternyata untuk membuat E-KTP langsung ke Kantor Kecamatan Serpong Utara.

Disini tempatnya:


Lihat Peta Lebih Besar


Yang harus dibawa, menurut informasi dari Kelurahan, adalah: KK.
That's all.
Kebetulan ketemu sama Satpam Cluster, dan aku iseng-iseng tanya tentang hal ini.
Wah beruntung sekali, si Bapak menjelaskan bahwa perlu bawa KK asli, KTP asli, beserta copy2nya.
Terima kasih ya Pak!

Siap untuk proses pembuatannya deh, yang seharusnya gratis.
But we'll see...

Friday, June 7, 2013

Brokoli cah Bombay & Telur Ecek" Keju

Memang ya...
kalo ada anak kecil di rumah, lebih baik kalo masak sendiri dan masak yang simple
yang terpenting adalah anak diberi alternatif berbagai macam sayur, supaya mengenalnya dan terbiasa sejak kecil jadi besok besar gak pilih-pilih makanan.
kita pun jadi lebih nyaman dan aman ketika melepasnya besok terkait dengan pilihan makanan si anak.

Kemarin, karena papanya dinas keluar kota, tinggal berdua aja di rumah.
Aku pun lagi agak batuk pilek.
Jadilah aku masak brokoli cah bombay untuk sayur dan scrambled eeg (telur dadar ecek-ecek) yang aku kasih potongan keju supaya lebih menarik dan melengkapi rasa masakan.


Brokoli cah Bombay

Bahan:
1 bonggol (apa ya istilah bahasa indonesia nya?) brokoli, biasanya di store atau di tukang sayur sudah dipotong per bonggol gitu di plastik.
1 buah bawang bombay, iris memanjang, tipis saja
3 siung bawang putih, iris tipis
1 siung bawang merah, iris tipis
gula, garam dan air secukupnya
minyak goreng atau blue band untuk menumis

Cara Memasak:
1. panaskan minyak/blue band untuk menumis, setelah panas, masukkan bawang putih dan bawang merah lalu aduk-aduk dan biarkan sampai harum
2. masukkan bawang bombay, aduk-aduk sampai agak layu
3. masukkan brokoli, aduk-aduk selama beberapa saat supaya tercampur dengan aroma bawang
4. masukkan air, kecilkan api, lalu tutup, dan biarkan sebentar sampai brokoli agak empuk
5. setelah brokoli agak empuk, masukkan gula dan garam sesuai selera
6. masak sebentar, cicipin, dan siap dihidangkan jika sudah pas rasanya


Telur Ecek-Ecek Keju

Bahan:
2 butir telur, kocok lepas, diberi garam
keju kraft kotak, potong dadu sesuai selera, jumlah juga sesuai selera saja :)
blue band untuk menggoreng

Cara Memasak:
1. panaskan blue band
2. masukkan telur kocok, biarkan sebentar sampai agak terbentuk
3. aduk-aduk telu (atau diecek-ecek) supaya terpotong-potong tak beraturan
4. setelah telur agak matang, masukkan potongan keju, aduk sebentar saja supaya tidak meleleh
5. cicipin, dan siap dihidangkan jika sudah pas rasanya


Kebetulan Abi cocok...
lagi-lagi cocok ya xixixixi... Puji Tuhan memang makannya gampang

Selamat Mencoba!

-Tuhan Memberkati-

Wednesday, June 5, 2013

Meronce dg Flanel

Baru ingat kalo belum posting kelanjutan kegiatan meronce...

Sebelumnya Abi sudah pernah meronce dengan gabus.
Waktu itu aku buatkan potongan gabus yang besar dan talinya adalah tali rafia.
Bisa dilihat di sini postingnya.

Nah, kali ini, aku buatkan game meronce sekaligus belajar memasukkan kancing dengan menggunakan kain flanel.
Terimakasih kepada Mba Wiwik yang sharing tentang kreativitas ini diblog-nya, http://horazwiwik.blogspot.com/2012/12/belajar-mengancingkan-dengan-ular.html


Membuatnya mudah, yang dibutuhkan adalah:
kain flanel warna-warni [supaya tampak menarik], kancing besar, pita

Ada 2 versi game meronce flanel yang aku buat, yaitu versi besar dan kecil ...  :D
Bedanya adalah:
- Flanel besar; lembaran flanel dipotong bentuk kotak dengan ukuran agak besar dan kancing yang akan dilewati nantinya juga kancing besar
- Flanel kecil; lembaran flanel dipotong bentuk persegi dengan ukuran lebih kecil dari 'flanel besar' dan kancing yang digunakan berukuran lebih kecil, plus tidak hanya satu kancing hehehe...

Ideku aja sih ini..
"halang rintang" nya ditambah sedikit ya Nak.. :p

Meronce Flanel Besar

Cara Membuat:
1. potong flanel warna-warni menjadi kotak-kotak dengan ukuran kurang lebih 3x3cm
2. belah/potong bagian tengah flanel kotak tersebut, panjangnya disesuaikan dengan diameter kancing
3. siapkan pita, panjang antara 10 cm
4. jahit kancing di masing-masing ujung pita

Cara Bermain:
1. masukkan flanel kotak melalui kancing besar pertama
2. turunkan melalui pita/mengikuti pita dan berhenti sebelum kancing kedua


Gitu aja sih cara bermain-nya.. hehehe..
Simpel yak! :p




Meronce Flanel Kecil

Cara Membuat:
1. potong flanel warna-warni menjadi persegi dengan ukuran kurang lebih 1x2cm
2. belah/potong bagian tengah flanel kotak tersebut, panjangnya disesuaikan dengan diameter kancing
3. siapkan pita, panjang antara 10 cm
4. jahit kancing di masing-masing ujung pita dan juga di 2 atau 3 titik tengah pita

Cara Bermain:
1. masukkan flanel kotak melalui kancing besar pertama
2. turunkan melalui pita/mengikuti pita
3. lanjutkan ke kancing kedua, turunkan
4. dan seterusnya sampai pada kancing terakhir




Aku sempat merekam diam-diam proses Abi meronce flanel kecil xixixi...






Yey!
walopun agak tersendat tapi bisa dibilang Abi sukses!
hahahaha... penilaian subyektif ya...
But it was really fun..
Aku belajar berkreasi, Abi pun belajar meronce dan mengancing

-Tuhan Memberkati-

Monday, June 3, 2013

Anamnesa Abimanyu

Iya nih..
pengen nulis tentang Abimanyu-ku yang gak ada habisnya

Kali ini aku pengen curhat tentang Anamnesa Abi.
Anamnesa atau riwayat kesehatan, adalah informasi terkait dengan kesehatan seseorang.
Karena kemarin awal Juni sempat sakit batuk pilek selama 2 hari, aku jadi flash back riwayat kesehatan Abi sejak masa bayi.

Belakangan ini Abi jarang sakit, Puji Tuhan.
Awal diboyong ke Vale, bisa setiap bulan Abi sakit, bahkan pernah 3 minggu sekali Abi selalu batuk pilek dan kadang disertai demam.
Sering ke dokter? pasti.. Malah langsung ke Rumah Sakit, waktu itu masih ke RS Premier Bintaro, kalo sekarang mampirnya ke RS Permata Ibu, yang dekat rumah dan waktu pelayanannya lebih cepat.

Sejak bayi, Abi yang lahir dengan berat 3,075 kg dan panjang 49 cm [sempat dibilang bayi mungil sama PapaAgus dibandingkan dengan kakak2 sepupunya], memang tergolong rentan sakit.
Bisa juga karena gen ya? Aku dulu waktu kecil juga "lemah", alias sangat rentan terhadap virus dan penyakit yang ada disekitarku.

Setelah lahir, dinyatakan kuning, sehingga masih harus "menginap" di RS waktu itu, sampai kurang lebih 2 minggu dari hari lahirnya. Karena RS punya batas minimal tersendiri sebagai prosedur untuk menyatakan bahwa sang bayi ini boleh dibawa pulang.

Abi dibaptis setelah dinyatakan sehat dari kuning dan secara resmi tidur di rumah karanggayam.
Kalo gak salah waktu itu tanggal 15 February 2009, Abi dibaptis di Gereja Banteng.

Kira-kira seminggu kemudian, Abi demam tinggi, dan kalo mau pipis mukanya memerah dan seperti mengejan (ngeden orang jawa bilang).
Sempat panik waktu itu, karena pipisnya gak lancar tapi Abi mengejan terus dan jadi rewel.
Dibawalah Abi kembali ke RS, dan harus opname karena perlu diobservasi.
Ternyata alat kelamin Abi dinyatakan "bungkus", jadi lubang pipisnya kecil sekali karena tertutup selaput penisnya. Kasihan ya...
Masa observasi hampir 2 minggu, dengan obat dan salep pun sudah dilakukan dan sepertinya tidak maksimal.  Maka, diambil langkah terakhir, SUNAT..
Wah, dilema aku.. apalagi Aji juga di Surabaya, dalam arti aku jadi gamang untuk mengambil keputusan IYA atau TIDAK.
Demi kesehatan Abi, aku pun mengiyakan. Usia Abi waktu itu 32 hari, pas hari H diSUNAT.

Aku ingaaattt banget pas Abi aku gendong masuk ke ruang operasi, dan dia kedinginan disana.
Begitu keluar dari ruang operasi, Abi menggigil kedinginan sambil menangis.
Hiks.. sampai sekarang, pas nulis ini pun aku masih berkaca-kaca mengingat peristiwa itu.
Tapi, kesehatan Abi yang membaik setelah itu, memompa semangatku dan meyakinkan aku juga bhw keputusanku tidaklah salah. Abi juga cepat besar alias gemuk, makan apa saja yang disediakan.
Matur nuwun Gusti...

Ketika masa cutiku habis dan harus kembali ke Jakarta, aku memboyong Abi ke rumah kontrakan kami di Gotong Royong waktu itu.
Kembali dihadapkan dilema yang lebih berat, Abi mengalami iritasi setelah beberapa hari di Jakarta. Kulitnya merah-merah, dan gatal hampir ke seluruh tubuhnya. Kemudian Abi juga batuk pilek.
Sampai harus opname juga di RS. Gandaria. [ada di posting lama ku di arsip 2009].
Abi dinyatakan alergi Air dan Udara di Jakarta.
 Keputusan berat diambil, Abi kembali ke Jogja sementara.
Anehnya, begitu sampai Jogja, ruam/iritasi di kulitnya hilang seketika.
Wah udara Jakarta begitu kotornya ya... :(

Hampir 2.5 tahun kami lalui bertiga dengan jarak jauh, bahkan sempat pisah 3 kota.
Tetap dengan usaha memboyong Abi ke Jakarta setelah kami punya rumah di Vale, sambil mengamati respon fisik dan psikis Abi.
Selama di Jogja, Abi pun mudah kena batuk pilek. Inhalasi dan fisiologi menjadi hal biasa untuk Abi karena seringnya dilakukan. Waktu itu masih belum terdeteksi kenapa kok Abi sering sakit.
1-2 bulan sekali pasti Abi ke dokter. Dokter hanya mengatakan anak ini alergi, entah apa, kemungkinan terbesar adalah debu saat itu.

Akhir tahun 2011, Abi resmi diboyong dan tinggal bersama kami di Vale.
Mulai terdeteksi perlahan kenapa Abi sering sakit batuk pilek.
Aku mengamati secara mendetail dan perlahan apa yang mengganggu sistem tubuhnya.
Yang paling tampak saat ini adalah..
Abi ini alergi terhadap micin, merica, dan makanan yang berpengawet yang kemungkinan kadarnya tinggi antara lain timtam, chitato dkk, happytos, minuman kotak.
Kalo lagi Fit masih bisa dia mengkonsumsi makanan/minuman yang kebanyakan dijual dipasaran ini, tapi kalo lagi capek/drop.. wah jangan deh.. bisa langsung batuk pilek dan kadang disertai demam.

Bersyukur kepada Tuhan, Abi bisa dikasihtau bahwa ada beberapa makanan, yang mana adalah cemilan favorit anak-anak dan orang dewasa juga sepertinya, yang berpengawet lebih dan dia tidak bisa ikut makan/minum seperti anak-anak kebanyakan.

Kemarin, 3 bulan terakhir Abi sama sekali gak batuk pilek.
Baru sakit awal Juni ini, dan itupun hanya 2-3 hari batuk pilek.
Puji Tuhan. Sehat terus ya Nak.

-Tuhan Memberkati-

Sunday, June 2, 2013

Sop Soon Sosis

Kalo gak salah, 
Senin or Selasa di akhir bulan Mei aku masak Sop Soon Sosis buat Abi.
Baru sempat ditulis sekarang deh disini :D


Sop Soon Sosis

Bahan:
- 1 pack kecil soon, yang banyak dijual di pasar, supermarket, ato tukang sayur
soon ini harus direndam dulu sebelum nanti dimasak bersama bahan lain
- 1 pack kecil sosis, kadang aku pake farmhous kecil, ato bisa juga so nice, potong 1cm
- 4 siung bawang putih, diiris halus
- 2 batang wortel lokal, yang kecil memanjang biasanya, potong tipis melingkar
- 2 gelas air
- daun bawang dan seledri secukupnya
- 1 buah kentang, kupas & potong dadu, kalo aku biasanya direbus dulu sebentar
- 1 sdm minyak goreng
- garam, gula, merica secukupnya

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum
2. Masukkan wortel, kentang, lalu aduk dan tambahkan air, diamkan hingga wortel lebih empuk
3. Masukkan soon, sosis, dan daun bawang juga seledri, aduk-aduk
4. Tambahkan garam, gula, merica sesuai selera, aduk sebentar
5. Masak hingga matang, cicipin dan siap dihidangkan selagi panas


Abi suka juga  yang ini
xixixixi...
Selamat Mencoba!

-Tuhan Memberkati-

Saturday, June 1, 2013

Ttg Homeschooling (3)

Banyak sekali hikmah yang bisa aku ambil dari "keputusan HS" ini
Banyak sekali upgrade ilmu yang aku dapat dari berbagai blog para pelaku HS

Tiada kata lain selain HEBAT dan SALUT
masih terlintas apakah aku mampu menjalankannya
namun berbekal niat kuat untuk mengembangkan Abimanyu-ku sesuai dengan minat bakatnya,
membuatku semangat dan semakin kuat untuk menjalankan HS ini

Ada teman yang berpesan..
"Pilihan hebat.. hanya kalian yang harus betul kasih tau Abi kenapa menjalankan HS, di saat teman lainnya dipilihkan sekolah oleh orang tua nya"

Aku setuju dengan itu, dan itu sangat betul
Apalagi nanti kalo menghadapi respon keluarga besar yang notabene adalah para akademisi >.<
Baca di grup FB Komunitas HS pun, ternyata banyak juga yang mengalami kejadian seperti yang mungkin akan aku alami nantinya hehehehe....
Dan aku bersyukur, banyak sekali motivasi-motivasi yang saling di-sharing kan di grup ini dan juga sangat inspiratif

Sekitar bulan Mei ini,
aku mulai menjalankan HS dalam arti, beberapa kegiatan yang aku tawarkan ke Abi mengacu pada anjuran materi yang dilakukan juga oleh para HSer; seperti:
- materi secara keseluruhan, aku mengacu pada Lesson Pathways  ada juga Homeschool Creation
- materi belajar math yang fun, aku mendaftar di IXL Math
- materi ketrampilan seru-seru, selain aku baca di buku "Slow & Steady Get Me Ready", aku juga mempelajari di http://horazwiwik.blogspot.com

sepertinya masih banyak lagi sumber lain
karena kalo kita googling dengan kata kunci "homeschool" saja, hasilnya banyak banget lho...
artinya apa? sudah banyak keluarga yang mengambil tanggung jawab penuh terhadap sistem dan metode juga materi pendidikan untuk anak-anaknya
selain itu, beberapa yayasan [terutama di luar negeri], yang sangat friendly membagikan apapun yang dibutuhkan oleh para HSer

Bersyukur, Abimanyu-ku justru menikmati kegiatannya di rumah
ketika aku tanya, "Mas, besok setelah KB selesai, Abi bermain belajar di rumah sama mamapapa mau gak?" .. tanpa diduga Abi langsung mengiyakan.
Juga bersyukur punya suami yang sangat mendukung.. love papa..

Seperti kata Pak Aar Sumardiono [pelaku HS dan penulis beberapa Buku panduan HS], bahwa saat ini [masa balita] yang terpenting adalah "bonding", membangun ikatan yang baik dengan anak, menurutku terutama komunikasi ya..
supaya anak mudah bercerita apapun kepada kita sebagai orang tua yang secara paralel juga harus memposisikan diri sebagai teman, kalo bonding ini kuat.. maka ke depannya akan jauh lebih mudah.

Menjadi pelaku HS, yang terpenting adalah dokumentasi..
apapun kegiatan yang dikerjakan, terutama yang akan terkait nantinya dengan prosedur akademik

Jadi concern kami adalah HS untuk masa balita dulu...
supaya bisa berlanjut sampai SD.. hehehe..
AMIN.