Hari Terakhir Abi di KB

Hari ini hari terakhir Abi menjadi "warga" KB di sekolahnya.
Besok kamis, ada jadwal penerimaan raport.

Ketika aku infokan ke Abi bahwa ini hari terakhir masuk, lalu terima raport,
Abi tanya, "Raport itu apa Ma?"
Aku jelaskan bahwa raport itu sebuah buku penilaian yang berisi tentang apa-apa saja yang dilakukan Abi selama di kelas KB tersebut.
Abi tanya lagi, "Trus kalo baik apa gak baik gitu gimana Ma?"
Aku jawab, "Ya gak gimana-gimana Mas.. tinggal nanti kita lihat bagian mana yang perlu fokus lebih dari kita dan bantuan lebih dari mama supaya Abi menjadi anak yang lebih hebat lagi"

Kemudian, aku pun lanjut menjelaskan, bahwa setelah itu Abi akan bermain belajar dengan mama papa di rumah. Papanya pernah tanya waktu itu, tentang rencana HS ini ke Abi.
Jawaban Abi juga di luar dugaan, "Aku seneng kok kalo belajar main di rumah sama mama papa, lebih seru daripada di sekolah".
Syukurlah, meaning, rencana HS bisa dijalankan dengan awalan yang smooth.
Walopun memang sudah mulai dijalankan, tapi kondisinya Abi kemarin masih ambil bagian di sekolah formal itu 3x seminggu.

Hari ini, buku-buku yang menjadi media kegiatan Abi diserahkan kepada kami.
Baru sadar, bahwa sistem di sekolah ini, lebih fokus kepada menulis :(
Ada 4 buku kegiatan:

-  "Aku Pandai Menulis", berisi berbagai bentuk garis dari lurus, lengkung, zig-zag, miring, yang kemudian berakhir pada huruf vokal. Semuanya dalam bentuk putus-putus untuk kemudian si anak belajar menulis dengan cara menyambungkan garis putus-putus tersebut. Buku ini 3/4 terisi.

- "Bermain dengan Angka", berisi bentuk angka 1-10 besar dan bentuk garis putus untuk disambung. Anak diminta untuk mewarnai angka besar kemudian menyambung garis putus angka kecil. Buku ini hampir semuanya terisi, sisa 1 halaman saja, namun sudah pernah dianalogikan dengan worksheet.

- "Kreativitas", berisi tidak hanya mewarnai, namun mengenal posisi, mengenal ukuran, mengenal pasangan seperti sendok-garpu, sapi-susu, gelas-piring, dsb, mengenal bentuk benda seperti biji bunga matahari, kapas, stempel dari wortel, membuat hewan dari pare, menghias donat, dll. Sayangnya yang dikerjakan di sekolah hanya bagian yg mewarnai, kreativitas -- dalam hal ini yang kumaksud adalah membuat sesuatu dari benda -- lainnya tidak dilakukan. Kecuali satu kreativitas, yaitu biji matahari yang ditempel di awal masuk sekolah. Hanya 1/4 yang terisi.

- Buku Kosong khusus menempel, hanya 6 halaman saja yang terisi. :(



PR Mama deh untuk melanjutkan
terutama Buku Kreativitas nya... Asyik tuh kalo dilakukan..
Oiya, bahkan stiker yang ada di dalam Buku itu sama sekali tidak digunakan hiks..

Jadi ingat juga, ketika pembagian raport semester 1 yang lalu, Abi berumur 3tahun 10bulan,
Guru Abi meminta aku untuk mengajari Abi menulis di rumah hehehe...
Aku mengiyakan saja.. namun yang aku lakukan adalah membiarkan Abi sesuka hatinya mewarnai gambar mobil, mencoret sana sini buku yang menarik perhatiannya, mengecat mobil mainannya dengan cat air.
Dan biarkan dia bereksplorasi.

Lucunya, sekarang, Abi umur 4tahun 4bulan,
justru Abi yang minta sendiri buku dot-to-dot lalu mengerjakannya tanpa diminta, lalu mewarnai gambar-gambar seri film Cars dari buku mewarnai yang dia pilih sendiri di toko, menyelesaikan semua puzzle yang dipilihnya di toko, mengikuti alur huruf, mengenal dan menyebutkan huruf lebih lengkap, mengenal dan menyebutkan angka sampai 100.

Ah..
Sungguh!
Let Him EXPLORES...


-Tuhan Memberkati-

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas