Ttg Homeschooling (4): "Bonding&5E"

Momen tercerahkan untuk kesekian kalinya dari membaca sana sini para blog HS-ers dan obrolan bermutu di komunitas Indonesia Homeschooler..

Aku sangat bersyukur mengenal mereka walopun dalam dunia maya.
Semangat berbagi mereka sungguh luar biasa.

Salah satunya, dan kurasa adalah pe-motivasi ku saat ini untuk menjalankan HS, adalah obrolan yang mengangkat topik "Study for Exam or Study for Live".
Juga jawaban singkat padat dan jelas tentang Bonding dari Mba Wiwiet.

Singkatnya,
Bahwa untuk usia Balita, yang terpenting adalah BONDING yang kuat dan baik.
Bonding dalam artian ikatan/hubungan antara aku dan Abi juga termasuk antara papanya dan Abi. Hal ini adalah yang FOKUS UTAMA dalam menjalan HS dengan Abimanyu saat ini...

Dengan Bonding yang kuat antara orangtua dan anak, maka character building yang baik bisa ditanamkan dengan mudah. Tentunya didukung dengan pengetahuan orang tua tentang DO and DONT, salah satunya adalah pemgaruh media komunikasi seperti siaran televisi dan gadget.

Dengan Bonding yang kuat, kita bisa melakukan 5-E smoothy.Yes! Definitely!


5-E ini adalah ENJOY, EASY, EXCELLENT, EXPERT, EARN.

Aku mengambil kesimpulan dari sharing Mba Septi dalam obrolan itu.

Pastinya kita bisa mengamati dan membantu anak untuk mengetahui kegiatan atau bidang apa yang menjadi membuat dia ENJOY.

Kita yakin dan anak pun akan tampak sangat EASY ketika menjalankan kegiatan/bidang yang dia ENJOY apapun tahapan dan tantangannya.

Dengan mengetahui ENJOY dan meyakini EASY tersebut maka kita akan mampu memahami fasilitas apa yang diperlukan anak .. sehingga anak akan menjadi EXCELLENT dalam menjalankan kegiatan atau bidang yang digelutinya.

Kemudian hal ini akan membawanya menjadi sang EXPERT. Dia bisa lebih mengeksplore lagi terkait dengan bidang atau bahkan bisa menciptakan sesuatu dari sini.


Untuk selanjutnya mencapai tingkat untuk EARN sesuatu dalam hidupnya kelak. 
Untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya.

Tampaknya bisa dikatakan WORK with PASSION... LIVE with PASSION ...
So.. It will be meaningful.

FASILITAS yang kita berikan bukanlah hanya Seperangkat Mainan untuk dimainkan sendiri, Selembar worksheet untuk dikerjakan sendiri, Sejumlah CD untuk ditonton sendiri, atau Pemenuhan segala keinginan tanpa arahan.

FASILITAS yang wajib kita berikan adalah ruang gerak/kegiatan, ruang eksplorasi, ruang jawab, vision board/dream list yang akan membentuk POLA PEMBELAJARAN dalam kebersamaan (bonding real-act) di setiap prosesnya...

*semoga kami bisa terus mem-FASILITASI Abi dengan baik dan semakin baik*

 

Aah... terima kasih banyak sekali untuk para senior HS-er yang telah dan selalu berbagi ilmu denganku.

-Tuhan Memberkati-

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas