Percobaan Api Unggun & Merangkai Lego Mobil

Sekitar 2 minggu ini Abi kembali lagi menilik Mega Block --seperti Lego-- "Lamborghini Reventon" nya untuk dirangkai. Dan itu hampir setiap hari, kadang bangun tidur pagi langsung Abi pegang ini.
Mega Block ini kami beli sekitar 3-4 bulan lalu, dan waktu itu kami masih menjadi tutor alias mengajari Abi merangkai satu demi satu. Dia melihat dan melakukan yang kami minta.

Kemarin pun begitu...
Abi minta aku untuk membuka satu-persatu, diulang dari awal.
Kemudian Abi yang akan menyusun sendiri katanya... "Aku mo cobain.."
Ada kalanya Abi kesel, mungkin kok gak bisa-bisa pasangnya. Trus muka sedih deh, peluk aku.
Tapi kalo berhasil, Abi pura-pura berlari ke kamarnya, minta aku merem sambil bilang,
"Mama ... coba lihat mobilnya".

Salut juga dengan usahanya. Dan kami berusaha mengajarkan tentang USAHA dan prosesnya melalui kegiatan ini.

Fokus Merangkai

Nyengir Seneng karena Berhasil

Sorenya, kami jalan-jalan ke taman.
Abi mengumpulkan berbagai macam ranting.
"Ma, bikin api unggun lagi ya.. yang besar sekarang"

Mengulang yang pernah kami lakukan, namun kali ini aku tambahin daun yang masih hijau.
Sebelumnya hanya daun kering dan ranting.

Dan berhasil!
But Ups!.. the fire is getting bigger... :D

Sambil menutupi kepanikan wkwkwk...
aku minta Abi menyiram api dengan air.
Sekalian dia tahu proses ketemu api dan air.

"Mas.. mas, coba deh ambil selang trus apinya disiram pake air, apa yang terjadi ya?"

Abi malah semangat,
"Oh iya!! Pasti mati no Ma apinya....", katanya sambil lari menyalakan kran air, menarik selang dan menyiram kobaran api.

"Yeey.. mati beneran Ma!", teriaknya.
"Wah iya ya.. karena apa ya Mas?", tanyaku iseng.
"Ya karena api ketemu air. Api panas air dingin. Apinya kalah deh..", jelasnya.
"Hmm.. betul. Hanya saja sebenarnya tergantung besarnya juga. Kalo apinya lebih besar dibandingkan jumlah air yang disiramkan, maka api juga tidak akan mati. Makanya kenapa para pemadam kebakaran itu selalu sedia air yang banyak, ato mencari sumber air yang besar, karena untuk jaga-jaga kalo api yang akan dipadamkan besar..", aku coba menerangkan sebisaku.

Sementara Abi bengong seperti biasa, ini bentuk Abi ketika menyerap sesuatu.
Kemudian nyeletuk.. "Trus keluar asap ya Ma?".
Hehehe.. iya mas.. Lagi membayangkan to ternyata.

Semoga kita terus bisa bereksperimen yang seru-seru ya Mas..

-Tuhan Memberkati-

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas