Thursday, December 5, 2013

The Book of The Right Brain Training

Salah satu buku luar biasa yang terbit bulan Desember ini..
Buku ini ditulis oleh AM. Rukky Santoso, seorang penggagas pelatihan otak kanan (Right Brain Training) satu-satunya di Indonesia, yang telah jungkir balik mengenal dan mengembangkan usaha di berbagai bidang dan menemukan formula kehidupan yang lebih baik.

Kita, atau tepatnya kebanyakan orang pada umumnya menganggap pola rasional dan logis adalah pola yang paling sempurna dan penting untuk menghadapi dan menyikapi realitas hidup sehari-hari. Dan kita tidak pernah membayangkan ada pola berpikir yang lain.
Sebenarnya kalau dilihat-lihat, saking rasional-nya, terkadang kita tidak bisa melihat atau memahami hal-hal supernatural, dan kemudian memilih untuk mencari bukti dan pembenaran melalui akal sehat.
Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari kita, tidak sedikit hal yang tidak bisa dicerna secara rasional.
Lalu apakah rasionalitas dan kelogisan itu salah?
Jelas tidak! Hanya saja, ada sesuatu yang terlewatkan.



Secara tidak sadar, kita sering mengalami sedikit tegang, stress, panik, tidak semangat, dll. Kita baru akan menyadari kalau hal ini menjadi sangat menganggu dan bahkan sudah tidak terkendali lagi.
Menurut buku ini, ketegangan yang kita rasakan tersebut timbul karena pola berpikir kita yang kurang seimbang yang mana terlalu banyak menggunakan otak kiri dan mengabaikan peran penting otak kanan.

Beberapa waktu lalu, aku ngobrol dengan PapaAbi, bahwa sebenarnya dominan otak kiri atau otak kanan tidak ada yang benar atau salah. Karena toh itu sudah design manusianya sendiri sejak lahir. Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam perkembangan tubuh selanjutnya adalah mengembangkan dengan seimbang. Bisa menggunakan kehebatan masing-masing di waktu yang tepat.

Naaah itu diaaa... gimana caranya ya?


Buku ini menjelaskan bahwa pendapat otak kanan yang selama ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang karena dianggap bahwa itu hanya untuk para seniman dalam berkreativitas, itu adalah salah.
Ternyata fungsinya tidak hanya itu. Ketika manusia dapat mengaktifkan dan mendayagunakan otak kanannya, maka kualitas hidup, fisik, dan psikis akan meningkat.
Hebat ya!



Buku ini telah tersedia di Gramedia pada awal Desember 2013.

Bagi yang berminat bisa menghubungi aku.
Akan ada forum Right Brain Training di Gramedia Matraman pada tanggal 14 Desember 2013 (ada fi gambar flyer di atas).

Semoga dengan membaca buku ini, semakin kita bisa memahaminya untuk meningkatkan kualitas hidup kita masing-masing. Kalau bukan kita sendiri lalu siapa lagi?

-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment