Monday, June 30, 2014

Face Painting (4)

Face Painting lagi...
Abi suka sekali wajahnya dilukis. Hmm.. pertanda apa ya?

Tadinya Abi minta dilukis karakter Sideways, salah satu karakter di film transformer.
Tapi aku kurang bisa membayangkan seperti apa bentuk Sideways itu di wajah Abi.
Walaupun sudah cari-cari di internet.

Setelah pikir-pikir dan pilih-pilih, Abi memutuskan untuk dilukis bentuk Dinosaurus.
Aku cari lagi di internet, bentuk face painting dino yang lucu.
Kalau face painting begini, malah menjadi proses belajar diriku sendiri dalam membuat gambar.
Jadi Abi secara tidak langsung memberiku kesempatan untuk belajar gambar.
Haha.. thank you my boy.

Beginilah jadinya.. :D


-Tuhan Memberkati-

Thursday, June 19, 2014

Merangkai Lego (MegaBlock) Lamborghini

Setahun sudah Lego dari Mega Block seri Lamborghini Reventon ini keluar masuk dari kotak mainan Abi ke ruang tengah. Beberapa kali Abi mencoba merangkai.
Awalnya, kami membantu merangkaikan satu demi satu blok yang ada sesuai petunjuk.
Kemudian, Abi mencoba merangkai masih dengan arahan kami satu per satu.
Sampai akhirnya, Abi bisa merangkai sendiri namun belum dari awal. Karena memang bagian awalnya agak rumit.

Sejak Abi berusia 5 tahun ini, Abi mulai percaya diri untuk merangkai sendiri dari awal.
Seringkali Abi minta tolong untuk dibongkar dari awal.
Abi sudah bisa menyusun sesuai urutan petunjuk yang ada.
Dan kegiatan ini masih terus berlangsung sampai kemarin ini.
"Ma, tolong dilepas semua, dari awal ya.. aku mau pasang-pasang dari awal", pinta Abi semangat.

Ada saat aku ingin membantu ketika Abi agak bengong sebentar hehehe... (otomatis sikap emak ya sepertinya). Tapi kalau Abi sadar aku akan bantu atau terucap.. "yang itu gimana Mas?".
Abi selalu langsung menjawab, "Aku sudah bisa kok Ma pasang dari awal.."
Kena deh emaknya... :p
Aku harus belajar untuk "tega". Membiarkan kemampuan Abi berkembang menjadi lebih hebat.

Dan sekarang, ada tambahan gaya Abi.. "Ma, tolong difoto ya.." >_<



-Tuhan Memberkati-

Tuesday, June 17, 2014

Cerita Abi tentang Sabun

Ceritanya tadi sore dan sore-sore lainnya belakangan ini, ketika mandi sore, dimanfaatkan Abi untuk mencampuradukkan apa saja yang ada di kamar mandi.
Entah itu sabun mandi, shampoo, atau sabun cuci.
Sepertinya Abi ingin tahu apa yang akan terjadi jika kelompok sabun ini dicampurkan ke dalam air.

Beberapa kali melakukan "percobaan" (Abi menggunakan istilah percobaan untuk kegiatan itu), Abi minta aku untuk mendokumentasikan.
Wah sempat bingung juga. Momen seperti ini, yaitu inisiatif yang muncul dari dalam diri anak itu sendiri dan minta untuk diabadikan mustinya memang langsung dipenuhi. At least itu menurutku.

Proses ini aku pandang sebagai proses belajar Abi.
Belajar bicara menceritakan pengalamannya.
Belajar mencari tahu tentang apa yang ingin diketahuinya dan mengalami langsung.
Belajar menyimpulkan dari apa yang dialaminya.

Mau tak mau, dengan kondisi di kamar mandi, beginilah hasil dokumentasinya. Hehehehe..







-Tuhan Memberkati-

Saturday, June 14, 2014

Berpetualang di Kidzania - 1st

Hari Jumat lalu, kami mendapat kesempatan berpetualang di Kidzania.
Hmm..lebih tepatnya mengambil kesempatan. Karena kami bergabung dengan grup dan mendapatkan harga yang lebih murah (Rp. 70,000) dibandingkan dengan harga normal.

Siapa yang tidak tahu Kidzania. (Bisa cek di www.kidzania.com)
Kidzania pertama didirikan di Mexico, September 1999. Lalu sampai di Indonesia tahun 2007.
Saat ini sudah tersebar di beberapa negara seluruh dunia.
Kidzania adalah sebuah tempat (arena) bermain anak-anak (2-16 tahun) dengan konsep edukasi, atau lebih tepat disebut Edutainment. Bagus dan Unik! itulah impresi awal mengenai tempat ini.
Di dalamnya dibangun replika sebuah kota yang mencakup beberapa profesi yang ada di dunia nyata, termasuk jalan raya, gedung rumah sakit, pemadam kebakaran, bengkel, pom bensin, toko, dll.
Kidzania ini bertempat di Pacific Place Shopping Mall Lantai 6, Jl. Jendral Sudirman.
Harga normal tiket Kidzania (Senin - Jumat):
Rp. 50,000 (2-3 tahun), Rp. 135,000 (4-16 tahun), Rp. 90,000 (di atas 16 tahun).
Harga normal tiket Kidzania (Sabtu-Minggu):
Rp. 50,000 (2-3 tahun), Rp. 150,000 (4-16 tahun), Rp. 90,000 (di atas 16 tahun).
Harga normal tiket Kidzania (Liburan):
Rp. 100,000 (2-3 tahun), Rp. 200,000 (4-16 tahun), Rp. 100,000 (di atas 16 tahun).

Di pintu depan Kidzania, kita diajak untuk mengantri tiket dengan konsep seperti membeli tiket di airport/bandara. Anak-anak mendapatkan "kertas cek (bank note papers)" senilai 50 Kidzos (Mata Uang Resmi di Kidzania) yang bisa diuangkan untuk membeli apapun di dalam Kidzania.

Khas dari Kidzania adalah..
Ketika akan bermain, para petugas Kidzania akan menyapa terlebih dahulu dengan sapaan: 
"Selamat Malam, Bapak/Ibu mau bekerja disini?"
Jadi anak-anak dipanggil Bapak/Ibu. Dan permainan adalah pekerjaan. Setelah mereka "bekerja" mereka mendapatkan hasil dari jerih payah mereka.
Dan... Kenapa Malam? Karena Kidzania adalah Dunia Malam. Begitu katanya. :)


Petualangan 1. 
Menuju Bank BCA - Mengantri - Menukar cek di bank BCA - Menerima Uang 50 Kidzos.

Petualangan 2.
Menuju Area Konstruksi - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang apa bahan dan bagaimana membuat dan menyusun dinding/tembok - Bekerja membuat dinding.

Petualangan 3.
Menuju ke Lantai Dua, Simulasi Pesawat Terbang - Mengantri (cukup lama dan bisa sabar) - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang menjadi pilot - Bekerja menjadi pilot untuk menerbangkan dan mendaratkan pesawat.
Sayang, kami orang tua tidak bisa masuk dan sama sekali tidak terlihat dari jalur antrian. Jadi no photo deh.

Petualangan 4.
Menuju Kantor Pemadam Kebakaran - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang perlengkapan dan alat pemadam kebakaran - Melihat video bagaimana memadamkan kebakaran - Bekerja sebagai pemadam kebakaran. 
Kebetulan di area ini, kegiatan menyemprot air untuk memadamkan kebakaran sedang dalam perbaikan sehingga anak-anak hanya berkeliling saja naik mobil pemadam kebakaran.

Petualangan 5.
Menuju Bengkel Mobil - Mengantri - Mendengarkan penjelasan tentang mesin dan roda mobil - Melihat video bagaimana roda dan mesin bekerja juga fungsinya - Mengenal peralatan bengkel - Bekerja melepas dan memasang roda mobil. 

Petualangan 6.
Menuju Laboratorium Sabun Sehat - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang kesehatan dan sabun termasuk melihat kotoran yang ada di tangan dengan sinar ultraviolet - Melihat video tentang kesehatan dan sabun - Bekerja membuat sabun cair.

Petualangan 7.
Menuju Rumah Cat - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang cat - Bekerja mengecat dinding rumah.

Petualangan 8.
Menuju Area Pembersihan Kaca - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan bagaimana membersihkan jendela di gedung bertingkat - Bekerja membersihkan jendela.

Petualangan 9.
Menuju Area Pom Bensin - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Bekerja menjadi Petugas Pom Bensin (melakukan pengisian bensin, cek angka bensin yang dikeluarkan, belajar memasang selang bensin).
Yang ini dilakukan agak cepat, karena waktu bermain sudah hampir habis :D



Wah... 9 petualangan dilalui Abi sore-malam itu.
Melihat binar di mata Abi sungguh-sungguh membuyarkan kelelahanku berdiri menemaninya.
Hehehehe... semangatnya luar biasa. Dan mungkin memang tak terasa berjibaku selama 5 jam dengan berbagai pengetahuan baru di depan mata dan bisa dirasakan langsung dengan seluruh indranya.

"Kapan-kapan aku kesini lagi ya Ma...", kata Abi sambil jingkrak-jingkrak.
OKE! yuk nabung kitaaa... hehehe..


-Tuhan Memberkati-

Thursday, June 12, 2014

KlubOASE: TMII-Museum Ikan Air Tawar & Museum Serangga

Hari Rabu kemarin Agenda Klub OASE adalah Field Trip.
Pilihan Field Trip kali ini adalah ke TMII di Museum Ikan Tawar dan Serangga.
Lumayan banyak yang bergabung kali ini. Temannya banyak jadi seru deh.
Sementara menunggu peserta lengkap, anak-anak ada yang bermain sepeda (sewa), ada juga yang berlarian. Para orang tua saling berbincang dan melepas kangen bagi yang sudah lama tak bersua :)


Tiket masuk ke museum ikan air tawar dan museum serangga ini Rp. 15,000 per orang atau per anak di atas 80 cm tingginya.
Menurutku murah sekali dengan berbagai pengetahuan yang bisa didapatkan dan proses pengembangbiakan ikan-ikan ini.
Tidak sedikit tenaga dan biaya yang mustinya perlu dikonsentrasikan kepada museum ini.
Dibandingkan dengan harga tiket bermain playground di beberapa tempat, harga tiket museum ini terlalu rendah.
Semoga pemerintah bisa lebih fokus dalam hal ini ya..


Museum Ikan Tawar

Kesan pertama ketika menjelajah museum ini:
- tampilan ikan di akuarium tertata rapi dan bersih
- penataan ruangan baik ada bagian outdoor dan indoor
- banyak sekali jenis ikan yang ada
- banyak pengetahuan yang bisa diambil dari sini

Anak-anak dibagi 2 kelompok karena jumlahnya banyak.
Setiap kelompok dipandu oleh satu pemandu museum yang menjelaskan dengan baik setiap jenis ikan disitu.
Anak-anak tampak antusias mengenal berbagai jenis ikan air tawar.
Pemandu juga mendemokan beberapa ikan spesial.
Ada ikan Buntal yang bisa menggembung selama 5 menit, untuk menghindari bahaya.
Ada ikan Belut Listrik yang menghasilkan listrik kira-kira 6000 volt.
Ada momen melihat bagaimana ikan Piranha itu memakan mangsanya secara berkelompok.
Ada momen memegang tempurung Labi-Labi (kura-kura bertempurung lunak)
Ada kegiatan memberikan makan kepada ikan-ikan di kolam besar.



Museum Serangga

Setelah menjelajah dunia Ikan Air Tawar, kami diantar menuju ke Museum Serangga.
Berbagai macam serangga yang telah diawetkan ada di dalam kaca display berjajar rapi lengkap dengan nama-nama, asal muasal, dan keterangan lain.
Termasuk juga jenis berbagai macam kup-kupu.
Ada juga peta persebaran serangga dan kupu-kupu di seluruh Indonesia.



Belajar Anatomi Ikan

Setelah kurang lebih 1.5 jam berlajan kaki menjelajah dunia ikan air tawar dan serangga, kami menuju rumah kayu di belakang museum untuk istirahat sejenak (duduk dan selonjoran hehehe..)
Di rumah kayu ini kami diajak untuk melihat video tentang anatomi ikan.
Anak-anak mengenal mana itu sirip, fungsinya apa, ada berapa sirip, dan berbagai pengetahuan ikan lain.
Lalu kakak pemandu mengajak anak-anak untuk tanya jawab.

Acara masih berlanjut.


Belajar Cara Menangkap Ikan

Acaranya selanjutnya adalah belajar menangkap ikan.
Sebelumnya anak-anak diajak untuk mengenal jenis pakan ikaan dan alat-alat yang digunakan untuk menangkap ikan. Lalu mereka belajar memperagakan bagaimana cara menangkap ikan.
Saat itu waktu menunjukkan jam 11.00 siang, matahari bersinar sangat terang sehingga anak-anak diminta untuk memakai "caping" (topi kerucut yang biasa dipakai petani atau nelayan di desa).


Setelah itu, anak-anak ke Laboratorium.
Mereka diajak untuk mengenal alat-alat laboratorium juga obat/vitamin yang diperlukan dalam proses perkembangbiakan ikan.
Dan yang terakhir, paling seru... Menangkap Ikaaaaan!!.. :D
Mungkin stres ya ikannya, karena semua anak masuk ke air bersama-sama. Byur!
Bahkan ada yang sampai detik-detik terakhir masih heboh berendam di kolam ikan...



Tiada terkira pengalaman anak-anak hari ini...
Terima kasih Klub OASE.. Terima kasih Bunda Raken sebagai seksi sibuk..
Terimakasih Alam Semesta..

-Tuhan Memberkati-

Monday, June 9, 2014

Face Painting (3)

Hari ini Abi "membereskan" (baca: bongkar) semua mainan yang ada di kamarnya.
Untuk beberapa saat, Abi tampak asyik sendiri dan berceloteh.
- "ooh ini ada disini to.."
- "hmmm .. yang ini untuk gambar.."
- "..ngooongg awas ini ada mobil polisi..."

Tiba-tiba Abi panggil aku.
"Ma, kita face painting yuk abis ini.. tunggu aku beres-beres dulu ya.."
"Oke mas", sahutku dari dapur.

Setelah beberapa lama tidak dilakukan, kali ini Abi minta dilukis wajah alias face painting sebagai Batman.
Aku tanya kenapa kok memilih tema Batman hari ini.
Kata Abi, "yah pengen aja xixixi.." sambil cekikikan.

Kami berdua browsing untuk mencari gambar yang pas. Dan beginilah jadinya :)



Geli liat mimik wajah Abi selama proses face painting.
Abi menahan senyum atau tidak bicara seperti orang sariawan xixixi... Alasannya supaya face painting tidak rusak atau luntur. Dan ketika sudah selesai, setiap kali tanya, "masih ada kan Ma?".

Nah, berhubung mama perlu membeli kebutuhan. Jadilah Abi ikut kemana-mana sebagai Mas Batman.
Hampir setiap orang menyapa dan tanya-tanya ke Abi apa yang terjadi di wajahnya.
Dari penjual tahu gejrot, pembeli tahu gejrot yang sedang menunggu pesanan, dan pelayan toko.
Termasuk teman-teman di sekitar rumah, karena sore harinya Abi menyiram tanaman di luar dan main air.


-Tuhan Memberkati-

Saturday, June 7, 2014

Taman Ayodya, Kebayoran JakSel

Hari ini, mama dan papa ada tugas menyanyi di Gereja Blok B Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
Kami tiba di gereja satu jam lebih awal.
Jalan-jalan dulu deh di Taman Ayodya sebelah gereja.
Masih pagi, udara sejuk, taman masih bersih, badan sehat, hati ayem tentrem.. hehehehe...

Yang kami lakukan hanya jalan berputar sambil bercanda.
Menunjukkan beberapa hal ke Abi dan menjawab berbagai pertanyaan Abi tentunya.
"Wah itu kok tiang bunganya bisa tenggelam di kolam?" (ada hiasan bunga yang terbuat dari besi yang dipasang dari dasar kolam menuju ke atas hingga muncul di permukaan kolam)
"Bagus ya tempatnya Ma, bersih.." (sekalian menjelaskan kebersihan lingkungan dan kita sebagai makhluk hidup yang bisa membantu terciptanya alam bersih dan indah)
"Wah banyak tanamannya ya..." (bisa untuk menjelaskan proses berkembangnya tanaman)

Sisanya..
Hanya tertawa-tawa .. foto-foto.. dan mengamati Abi yang "pencilakan" di berbagai tempat karena dengan adanya turunan dan tanjakan mungkin menyenangkan bagi Abi. 

Salut dengan Dinas Pertamanan dibawah Pemerintahan DKI Jakarta sekarang, yang memperbarui program mereka untuk mempercantik taman-taman di Jakarta ini. Selain indah dan makin hijau, pilihan pemakai jalan untuk sekedar berisitirahat atau pilihan sebagai tempat olahraga semakin banyak.

Mari sama-sama hijaukan bumi kita.




-Tuhan Memberkati-

Wednesday, June 4, 2014

Bantu Mama Cleaning

Salah satu kegiatan Abi adalah membantuku bersih-bersih dan berbenah.
Kami biasa diskusi dulu tentang waktu yang disempatkan untuk melakukan kegiatan itu.
Kegiatan tersebut tidak serta merta membersihkan seluruh rumah dari pagi sampai malam tentu saja.

Seperti siang hari ini.
Kami fokus membersihkan dan merapikan hiasan yang ada di atas rak/lemari dan juga alat-alat pekerjaan rumah (seperti palu, paku, obeng, dll). Kebetulan kami sediakan tempat untuk alat-alat ini.
Waktu yang kami sediakan adalah pagi setelah ritual pagi kami berdua selesai sampai siang menjelang makan siang. Sehingga ketika jam makan siang sudah selesai berkegiatan cleaning.

Karena beberapa kali kami sudah lakukan.
Awalnya dulu Abi masih ambil porsi sedikit sekali. Misalkan membersihkan satu atau dua hiasan lonceng, atau mengambilkan mama lap bersih yang sudah dibasahi air.
Sekarang, Abi sudah bisa merapikan alat-alat dalam satu kotak lalu mengaturnya di rak yang disediakan.
Tugas Abi sekarang juga membersihkan semua hiasan yang ada. Tinggal aku cek saja as his permission.
Kalau masih ada yang kurang bersih, aku cukup mengajari cara yang menurutku akan membuat lebih bersih tanpa membuatnya melakukan ulang.

Senang rasanya bekerja sama dengan Abi.
"Ya aku yang ini ya Ma.."
"Ooh yang itu belum.. ya aku bersihin"


-Tuhan Memberkati-

Monday, June 2, 2014

Belajar Modifikasi Mobil

Kegiatan tak terduga kembali dilontarkan Abi.
Siang tadi, setelah bermain ABC Mouse, Abi minta ijin untuk belajar modifikasi mobil.
Persis seperti itu kalimatnya... "Boleh gak aku belajar modifikasi mobil Ma?"
Aku masih belum terbayang, mau belajar yang seperti apa.
"Dengan cara apa mas?", tanyaku kemudian.
Abi terdiam, tampak berpikir sejenak.. "Kalo pake selotip gitu boleh gak?"
Aku berpikir cepat, mobil ditempeli selotip, yah tak apalah, nanti tinggal dikletek (dilepas) aja.
Maka kemudian aku meluluskan permintaannya.

Tak lama Abi asyik dengan selotip dan berlanjut ke doubletape.
Tempel sana sini, lalu ditempel lagi dengan spidol atau benda lain.
Dengan berbagai cerita yang keluar dari mulutnya ... komat-kamit deh sambil gunting sana sini.
Modifikasi berlangsung sekitar 1 jam.
Cukup lama menurutku.

Dan hasilnya bisa dilihat di foto ini hehehe..
Sampai besok Abi minta kami untuk tidak melepasnya, seolah dia telah bekerja keras untuk proyek modifikasi ini dan minta tolong untuk dihargai dengan cara melihatnya lebih lama lagi.


Dampaknya.. 
Karena tidak segera dilepas, dimana daya rekat doubletape lebih kuat, makaaaaa...
terjadilah seperti yang diinginkan... menempellah "hasil modifikasi" Abi ini lebih lama dari yang diperkirakan.
Alias membekas doubletape -nya.

Beberapa hari kemudian, Abi lihat sendiri apa yang terjadi.
Di sisi lain Abi sedih sekali, karena memang di bagian itu cat mobil tampak kurang halus.
Abi minta maaf dengan lemas dan  muka sedih sekali.
Aku mencoba mengajak Abi diskusi bahwa kami tidak keberatan Abi belajar modifikasi mobil dan bahwa itu adalah hal yang luar biasa untuk dilakukan. Dan kami bangga Abi bisa mengetahui apa yang Abi ingin lakukan sendiri. Hanya saja untuk saat ini, kalau Abi ingin belajar modifikasi menggunakan doubletape bisa dipasangkan di mobil mainan Abi yang besar. 

Sampai saat ini Abi masih bingung..
Karena dia ingin langsung "praktek" di mobil sungguhan dengan imajinasinya.
Aaah.. semoga kami bisa menemukan cara dan membukakan jalanmu ya nak.

-Tuhan Memberkati-