Berpetualang di Kidzania - 1st

Hari Jumat lalu, kami mendapat kesempatan berpetualang di Kidzania.
Hmm..lebih tepatnya mengambil kesempatan. Karena kami bergabung dengan grup dan mendapatkan harga yang lebih murah (Rp. 70,000) dibandingkan dengan harga normal.

Siapa yang tidak tahu Kidzania. (Bisa cek di www.kidzania.com)
Kidzania pertama didirikan di Mexico, September 1999. Lalu sampai di Indonesia tahun 2007.
Saat ini sudah tersebar di beberapa negara seluruh dunia.
Kidzania adalah sebuah tempat (arena) bermain anak-anak (2-16 tahun) dengan konsep edukasi, atau lebih tepat disebut Edutainment. Bagus dan Unik! itulah impresi awal mengenai tempat ini.
Di dalamnya dibangun replika sebuah kota yang mencakup beberapa profesi yang ada di dunia nyata, termasuk jalan raya, gedung rumah sakit, pemadam kebakaran, bengkel, pom bensin, toko, dll.
Kidzania ini bertempat di Pacific Place Shopping Mall Lantai 6, Jl. Jendral Sudirman.
Harga normal tiket Kidzania (Senin - Jumat):
Rp. 50,000 (2-3 tahun), Rp. 135,000 (4-16 tahun), Rp. 90,000 (di atas 16 tahun).
Harga normal tiket Kidzania (Sabtu-Minggu):
Rp. 50,000 (2-3 tahun), Rp. 150,000 (4-16 tahun), Rp. 90,000 (di atas 16 tahun).
Harga normal tiket Kidzania (Liburan):
Rp. 100,000 (2-3 tahun), Rp. 200,000 (4-16 tahun), Rp. 100,000 (di atas 16 tahun).

Di pintu depan Kidzania, kita diajak untuk mengantri tiket dengan konsep seperti membeli tiket di airport/bandara. Anak-anak mendapatkan "kertas cek (bank note papers)" senilai 50 Kidzos (Mata Uang Resmi di Kidzania) yang bisa diuangkan untuk membeli apapun di dalam Kidzania.

Khas dari Kidzania adalah..
Ketika akan bermain, para petugas Kidzania akan menyapa terlebih dahulu dengan sapaan: 
"Selamat Malam, Bapak/Ibu mau bekerja disini?"
Jadi anak-anak dipanggil Bapak/Ibu. Dan permainan adalah pekerjaan. Setelah mereka "bekerja" mereka mendapatkan hasil dari jerih payah mereka.
Dan... Kenapa Malam? Karena Kidzania adalah Dunia Malam. Begitu katanya. :)


Petualangan 1. 
Menuju Bank BCA - Mengantri - Menukar cek di bank BCA - Menerima Uang 50 Kidzos.

Petualangan 2.
Menuju Area Konstruksi - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang apa bahan dan bagaimana membuat dan menyusun dinding/tembok - Bekerja membuat dinding.

Petualangan 3.
Menuju ke Lantai Dua, Simulasi Pesawat Terbang - Mengantri (cukup lama dan bisa sabar) - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang menjadi pilot - Bekerja menjadi pilot untuk menerbangkan dan mendaratkan pesawat.
Sayang, kami orang tua tidak bisa masuk dan sama sekali tidak terlihat dari jalur antrian. Jadi no photo deh.

Petualangan 4.
Menuju Kantor Pemadam Kebakaran - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang perlengkapan dan alat pemadam kebakaran - Melihat video bagaimana memadamkan kebakaran - Bekerja sebagai pemadam kebakaran. 
Kebetulan di area ini, kegiatan menyemprot air untuk memadamkan kebakaran sedang dalam perbaikan sehingga anak-anak hanya berkeliling saja naik mobil pemadam kebakaran.

Petualangan 5.
Menuju Bengkel Mobil - Mengantri - Mendengarkan penjelasan tentang mesin dan roda mobil - Melihat video bagaimana roda dan mesin bekerja juga fungsinya - Mengenal peralatan bengkel - Bekerja melepas dan memasang roda mobil. 

Petualangan 6.
Menuju Laboratorium Sabun Sehat - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang kesehatan dan sabun termasuk melihat kotoran yang ada di tangan dengan sinar ultraviolet - Melihat video tentang kesehatan dan sabun - Bekerja membuat sabun cair.

Petualangan 7.
Menuju Rumah Cat - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan tentang cat - Bekerja mengecat dinding rumah.

Petualangan 8.
Menuju Area Pembersihan Kaca - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Mendengarkan penjelasan bagaimana membersihkan jendela di gedung bertingkat - Bekerja membersihkan jendela.

Petualangan 9.
Menuju Area Pom Bensin - Mengantri - Berkenalan dengan teman baru - Bekerja menjadi Petugas Pom Bensin (melakukan pengisian bensin, cek angka bensin yang dikeluarkan, belajar memasang selang bensin).
Yang ini dilakukan agak cepat, karena waktu bermain sudah hampir habis :D



Wah... 9 petualangan dilalui Abi sore-malam itu.
Melihat binar di mata Abi sungguh-sungguh membuyarkan kelelahanku berdiri menemaninya.
Hehehehe... semangatnya luar biasa. Dan mungkin memang tak terasa berjibaku selama 5 jam dengan berbagai pengetahuan baru di depan mata dan bisa dirasakan langsung dengan seluruh indranya.

"Kapan-kapan aku kesini lagi ya Ma...", kata Abi sambil jingkrak-jingkrak.
OKE! yuk nabung kitaaa... hehehe..


-Tuhan Memberkati-

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas