Friday, October 10, 2014

KlubOASE: Bermain di Taman Garasi

Kesempatan baru lagi bagi kami untuk berkunjung ke Taman Garasi bersama KlubOASE.
Lokasi Taman Garasi ada di sekitaran Buaran.
Kami berangkat dari rumah jam 6.15 pagi, karena harus mampir ke Jakarta Selatan untuk mengmabil pesanan produk teman-teman KlubOASE.
Kami tiba di Taman Garasi jam, 9.15 pagi. Untunglah masih belum secara resmi kegiatan dimulai.

Impresi pertama kali sesampainya di Taman Garasi adalah suasananya nyaman sekali. Kami berkumpul lesehan di sebuah carport/garasi terbuka dengan latar belakang rak buku yang beraneka ragam dan menggiurkan untuk dipinjam.
Mengapa disebut Taman Garasi?
Karena disinilah dimana kita sekaligus mendapatkan ilmu melalui buku bacaan yang tersedia di taman bacaan ini dan menikmati semilirnya angin dengan lesehan di sebuah garasi rumah milik Mba Shanty Syahril.

"Salut!" ... lagi-lagi kata itu yang terbersit di benakku.
Aku dipertemukan dengan salah seorang dari sekian banyak orang yang mau berbagi, melalui teman-teman homeschooler ini, melalui KlubOASE ini.
Dari berbagai macam bidang pekerjaan yang mereka jalani, selalu ada kegiatan yang membuatku terperanjat. Betapa hebatnya mereka untuk berbagi.

Di Taman Garasi ini, semua komunitas lintas usia sangat diterima.
"disini seperti menjadi tempat bertemunya berbagai lintas usia untuk saling bertukar pikiran, menambah ilmu, belajar mengajar belajar mendengarkan ... ", Mba Shanty menjelaskan kepadaku.

Kegiatan KlubOASE di Taman Garasi kemarin sangat santai, akrab dan justru sepertinya mengkayakan anak-anak dalam permainan yang mereka milih sendiri. Tema kemarin adalah Board Game. Anak-anak secara mandiri memilih mainannya sendiri. Secara tak langsung terbentu kelompok sesuai dengan range usianya.

Ada 2 kelompok terbentu dengan sendirinya: ada kelompok 3-6 tahun, dan kelompok 7 tahun keatas.
Kelompok kecil (3-6 tahun) lebih banyak bermain dengan balok, mainan kayu, block, ayunan, prosotan, bertanah-tanah di taman bermain. Sedangkan Kelompok besar (di atas 7 tahun) lebih banyak bermain monopoli, kartu tebak gambar, membaca, catur, saling berbagi cerita tentang satu hal yang diketahuinya. Seru sekali!
Melihat anak-anak saling berinteraksi satu sama lain ini sangat membahagiakan. Mereka berinteraksi dengan sangat baik.




Sementara para Ibu ... seperti biasa... >_<
Saling bertukar pikiran tentang segala sesuatu dari makanan, anak, agenda sebuah kegiatan, sampai jualan produk, dan pastinya berbagi camilan.
Dan para Bapak, saling berdiskusi tentang bisnis dan pekerjaan juga pelajaran hidup.
Ada juga yang berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pengolahan sampah yang minggu lalu diadakan di Rumah Inspirasi. Ceritanya ada di Blog Mas Andityo di sini.
Aku malah belum sempat menulis tentang hal ini.



Menurutku hari itu adalah hari yang kaya dipandang dari sudut pandang yang lain lagi.
Terimakasih Tuhan atas segala kesempatan ini.

-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment