Friday, October 31, 2014

KlubOASE: Taman Burung di TMII

Field Trip KlubOASE bulan Oktober ini adalah belajar bersama para burung di TMII.
Kami mengadakan acara di Taman Burung TMII hari Rabu itu, mulai dari jam 9.00 sampai dengan jam 13.00.

Kami berangkat bersama keluarga Anne dengan 2 anaknya yaitu Naufal dan Kayishya, karena rutenya sejalan dari area Serpong ke arah TMII. Seru deh di mobil. Anak-anak ngobrol sebentar walaupun tak lama ada yang terlelap hehehe... Sementara bapak ibu nya saling sharing.

Lumayan banyak yang ikut field trip ke taman burung ini. Sementara menunggu komplit, anak-anak berlarian di halaman depan. Sekitar pukul 9.15 wib kami masuk gerbang, briefing sebentar oleh pemandu, kemudian bagi kelompok.

Area Taman Burung ini ada di dekat PP IPTEK dan Museum Migas.
Di dalamnya terdapa kubah-kubah untuk tempat tinggal para burung tersebut. Menurut sejarahnya, ada 9 kubah yang diresmikan tanggal 27 April 1986 oleh Presiden Soeharto. Ada kolam ikan besar juga dan gua-gua untuk tempat tinggal beberapa unggas.

Kelompok kami dibagi menjadi 2, sesuai dengan pembagian belahan di taman burung ini, yaitu kubah barat dan kubah timur. Di Kubah Barat, tempat burung yang berasal Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali antara lain Merak, Beo, Elang, dan Jalak Bali. Sedangkan di Kubah Timur, terdapat burung-burung yang berasal dari Sulawesi, Maluku dan Papua antara lain Kasuari, Cendrawasih, Nuri, Maleo.





Setelah berjalan mengitari kedua kubah, kami berisitirahat di dekat pintu masuk.
Ada rerumputan lapang dan lorong yang memungkinkan sebagai tempat istirahat dan makan bekal.
Selesai makan siang, anak-anak diajak untuk berkreasi membuat topeng burung.
Sambil mengajak anak-anak untuk mengingat kembali apa yang sudah mereka lihat tadi.
Lucu deh hasilnya..



-Tuhan Memberkati-


No comments:

Post a Comment