Tentang Batik (3)

Tiba-tiba terlintas dalam benakku tentang Batik.
Mengingat dulu sering melayani pesanan teman-teman untuk baju Batik yang membuatku menyusuri Pasar Beringharjo Yogyakarta. Ah nostalgia dengan gang senggolnya..

http://pesonawarnaindonesia.blogspot.com/2013/05/pesona-wisata-belanja-pasar-beringharjo.html


Batik adalah karya seni yang sangat indah menurutku. Perjalanan batik-membatik pun sangat menarik. Apalagi ketika melihat berbagai hasil kerajinan atau produksi batik itu sendiri, bisa lupa waktu dan lupa kantong. Seolah tenggelam didalam corak batik yang begitu beragam.

Seiring berjalannya waktu, karya seni batik ter-update secara bebas mengikuti perkembangan jaman. Muncul berbagai macam corak batik modern yang merupakan modifikasi atau kombinasi dari motif-motif batik yang ada di seluruh daerah di Nusantara Indonesia.

Salut dengan para designer dan pengrajin yang berkecimpung di dunia batik tersebut. Mereka senantiasa menggali budaya dan corak batik di segala penjuru daerah kemudian menciptakan motif batik yang baru dan modern. Baik dari ragam motif geometri maupun alam seperti hewan dan tumbuhan. Warna-warni pun dimunculkan lebih variatif dan tampak lebih indah.

Sekarang, batik banyak sekali ditemukan di toko-toko dan pameran dengan beragam harga. Tahun 2009, UNESCO mengakui Batik sebagai warisan benda tak tergantikan Indonesia. Dan setiap tanggal 2 Oktober sekarang diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Kemajuan yang luar biasa dalam perjalanan batik Indonesia. Semoga terus berkembang.


Batik-Bali

Motif Batik yang sangat menarik menurutku adalah Batik Bali ini salah satunya.
Batik dengan warna cerah dan saling berkumpul dalam satu helai kain batik beserta lukisan bunga yang besar. Indah!
Hanya saja kain Batik Bali ini lebih sering digunakan sebagai jarik (bawahan). Namun di era modern ini, mulai banyak designer yang menciptakan fashion dengan motif Bali ini.




Ini juga cantik. Aku suka.
Motif Batik Madura yang sarat dengan alam. Ada tumbuhan dan hewan.
Kombinasi warna merah biru dan tidak terlalu terang menunjukkan kesan soft/kalem.
Batik modern sekarang ini menarik karena banyak mencampuradukkan warna dan lebih berani.
Selain Madura, batik Semarangan juga mengaplikasikan motif dari alam.



Nah.. motif Batik yang satu ini adalah favorit sepanjang masa. Ini motif Batik Solo yang sering sekali digunakan untuk acara resmi. Menurutku kesan yang muncul di motif dan warnanya adalah sangat agung dan elegan. Apa karena aku orang Jawa ya? Hmm.. sepertinya begitu.
Coklat - hitam - putih, seolah menjadi kombinasi warna Batik yang selalu mengesankan.


Paling menyenangkan apabila cuci mata di dunia maya tentang berbagai macam produk batik.
Sekarang sangat beragam, dari baju, tas, tempat tisu, dompet, sarung bantal, sprei, sepatu dan sandal, bahkan topeng, dan hiasan kayu dengan motif batik lainnya.
Dengan berbekal kata kunci "kerajinan batik" lalu klik untuk pencarian gambar, maka muncul berbagai macam hasil produk industri batik.

Terus maju industri batik Indonesia!


-Tuhan Memberkati-

Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas