Thursday, May 28, 2015

Worksheet: DORA Science Done!

Sekitar setahun lalu aku iseng beli buku kegiatan Dora Science ini.
Sekedar untuk memantau perjalanan bermain dengan sains bersama Abi di usia 5 tahun saat itu.
Tidak setiap hari juga aku menyuguhkan buku ini ke Abi. Karena memang model HS di rumah kami yang mendekati unschooling di mana saat ini lebih mengarah ke apa yang ingin dilakukan Abi.

Setelah menginjak usia 6 tahun kemarin, kami kembali mereview bersama apa-apa saja yang belum ditengok (baca: dipelajari) di dalam buku ini.
Waktu itu memang masih aku pending untuk beberapa kegiatan yang berkaitan dengan membaca dan menulis karena Abi masih belum lancar.

Ternyata setelah lancar semua dengan sendirinya, sangat mudah bagiku berdiskusi dengan Abi ketika bersama-sama mengisi beberapa halaman yang masih belum terjawab.
Dan kembali kagum aku dibuatnya. Banyak hal yang kukira Abi belum mengerti, ternyata dikerjakannya dengan benar.  


Buku ini menurutku lumayan bagus dalam memaparkan sains yang sederhana. Diintegrasikan dengan menebalkan kata dan mencari kata juga ada teka-teki silang. Lebih pada pengetahuan teori, bukan praktek. Sementara kami biasanya melakukan praktek sains dengan buku yang berbeda, atau juga melihat dari youtube.

Abi bisa menemukan kata di dalam huruf-huruf tak beraturan, mengisi teka-teki silang bergambar, kemudian menginterpretasikan bentuk air bila dituang ke berbagai bentuk tempat, dan masih ada beberapa kegiatan lagi.
Satu yang menarik, ada kegiatan dimana Abi diminta menjelaskan apa itu merebus, menggoreng, memanggang, membakar. Ternyata Abi bisa menjelaskan dengan gaya bahasanya sendiri.



Dan akhirnya...
Abi pun lebih banyak mengerjakan secara mandiri.
Bukan serta merta aku kagum kepada Abi, namun kembali aku sungguh mengalami ketika kita bersabar dengan anak-anak dan membiarkan mereka bereksplorasi secara natural, justru disitulah mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas dan bermakna.

Nah...
Sekarang tugas kami untuk memberikan stimulus ke tahap yang lebih luas lagi deh.



-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment