BXplorers: Membuat Foto dengan Kamera Lubang Jarum

Belajar bersama para kakak yang bergabung dalam komunitas Kamera Lubang Jarum Indonesia (KLJI) merupakan kegiatan BXplorers ketiga di bulan November 2015 ini.



Apa itu KLJ? Kamera Lubang Jarum (KLJ) atau pinhole camera adalah sebuah kamera tanpa lensa yang bisa kita buat dari barang apapun dengan syarat memiliki ruang yang kedap cahaya dan memiliki sebuah lubang kecil untuk memproyeksikan cahaya menjadi sebuah gambar visual dengan posisi terbalik. Sejarah KLJI sendiri dapat dilihat di http://dgi-indonesia.com/sejarah-komunitas-lubang-jarum-indonesia-klji/.

Foto-foto dari FB BXplorers Club


Seperti biasa, sebelum belajar membuat kamera dan memotret melalui kamera lubang jarum ini, anak-anak diajak mendengarkan dongeng. Kali ini ditemani oleh Kakek Pendongeng (aku lupa namanya). Kakek mendongeng tentang gajah dan kancil. Gajah baik hati yang ingin menolong seluruh warga hutan dengan kekuatan yang dimilikinya. Namun lambat laun menjadi sombong karena dia terus menerus memamerkan kebaikannya. Dongeng bagus.

Setelah itu anak-anak seru ini diperkenalkan dengan kaleng yang digunakan sebagai alat dasar pembuatan kamera. Mengapa disebut lubang jarum? Karena nantinya kita akan memotret melalui lubang kecil yang dibuat di kaleng tersebut. Dan ternyata tidak mudah hehe.. 
Abi kurang berhasil memotret. Hal ini karena waktu melepaskan penutup terlalu cepat dan pencahayaan yang kurang pas. Wah sepertinya musti mengenali objek dan keadaan sekitar ya.

Pelajaran berharga bagi Abi dan teman-teman barunya. Selain mengetahui jenis kamera lain dari yang selama ini ditemui, mereka belajar sabar juga. 
Terimakasih kakak KLJI atas ilmu barunya dan terimakasih juga panitia BXplorers.

-Tuhan Memberkati-


Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas