PIJAR: Drama Wortel Raksasa

Drama Wortel Raksasa ini terinspirasi dari cerita yang dibawakan dengan kompak dan jenaka oleh Komunitas Homeschooler dari Yogyakarta pada saat Festival Pendidikan Rumah (FESPER) di Salatiga dua tahun yang lalu.

Aku menawarkan kegiatan drama yang sama dengan narasi dan lagu yang sedikit berbeda kepada PIJAR dan ternyata disambut dengan sangat hangat. Drama ini kemudian dikemas dalam bentuk acara Pentas Seni (PENSI) PIJAR, sebagai PENSI 1. Diharapkan akan berlanjut ke PENSI selanjutnya dengan cerita yang lebih seru lagi pastinya.

Bahagia sekali ketika sambutan hangat bahkan panas menurutku diberikan secara maksimal oleh teman-teman PIJAR. Aku katakan "panas" karena mereka sangat antusias membantu persiapan drama ini dengan pembagian tugasnya masing-masing. Selama 2 bulan kami bahu-membahu saling bertukar pendapat juga tentang pernak-pernik yang muncul dalam persiapan drama, dari kostum, set panggung, latihan akting (peran), latihan pengucapan, latihan mc, latihan lagu, sound system, undangan, konsumsi, dll.

Sekitar 25 anak bersedia bermain peran dalam drama ini. Sebagian dari mereka menerima peran yang sudah ditentukan, namun yang lain ada yang minta perannya sendiri. Lucu dan salut dengan imajinasi dan keberanian mereka untuk mengungkapkan keinginan mereka dengan baik. Bahkan di awal latihan peran, mereka sudah sibuk sendiri memikirkan kostum yang akan dipakai nanti.
Gladi Bersih Drama Wortel Raksasa

Hari Minggu, tanggal 8 Mei 2016, di BaseCamp PIJAR, Rumah Mba Dian Noviyanto di Perumahan Neo Permata, PENSI 1 PIJAR dengan kegiatan Drama Wortel Raksasa pun terselenggarakan.



Jam 8.00 para pemeran sudah mulai berkumpul, mulai memakai kostum dan dipercantik/cakep dengan face painting. Di sini mereka belajar banyak toleransi, baik terhadap waktu, terhadap diri sendiri, dan terhadap sikap orang lain di saat-saat genting seperti itu. Mereka juga belajar bergerak cepat namun terkontrol, belajar mengerti waktu kapan perlu keluar atau kapan di dalam dulu sebelum saatnya dia berakting.

Wortel Raksasa Perfomer in Action





Salah satu adegan dramanya ...




Sinopsis Singkat dari Drama Wortel Raksasa ini adalah keluarga petani yang tanpa sadar memiliki wortel raksasa dikebunnya. Mereka mengalami kesulitan untuk mencabut wortel ini. Para superhero datang membantu keluarga petani untuk mencabutnya. Hingga akhirnya hanya seorang Tukang Jamu yang berhasil.
Kenapa hayo...



Salut !
Mereka tampil sangat luar biasa. Mengendalikan rasa takut atau grogi yang muncul ketika naik ke panggung dan tetap berdialog dan berperan dengan baik.
Kalian hebat anak-anak! Hidup PIJAR!


-Tuhan Memberkati-


Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas