Sunday, January 29, 2017

Our Life Framework

Dalam membangun sebuah gedung pasti memerlukan rangka dan fondasi. Tak hanya itu, bahkan untuk menciptakan sesuatu seperti buku, lagu, pertunjukan, rangka atau batasan atau tema merupakan hal yang penting agar dapat menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan tepat sasaran.

Namun sebelumnya, setiap manusia hebat sebagai pencipta lagu, buku, pertunjukan atau apapun hasil karyanya akan menjadi lebih hebat ketika fondasi dan rangka kehidupan pribadi dan keluarganya kuat.

Tak banyak dari kita yang menyadari betapa kuatnya rangka kehidupan tersebut sebagai pendukung kinerja kita dalam kehidupan sehari-hari. Aku pun masih belajar mengidentifikasi setiap elemen rangka kehidupan dan bagaimana mempertahankan rangka kehidupan yang cocok bagi keluargaku, yang mampu mendukung kinerja kami sesuai dengan porsi kami masing-masing untuk saling mengisi di dalam keluarga dan berbagi di sekitar kami.

Hasil obrolanku dengan Aji yang lebih aktif mencari ilmu di berbagai tempat, dapat disimpulkan bahwa ada 12 elemen rangka kehidupan yang terkelompokkan dalam 3 tahap.



TAHAP 1: EXPERIENCE/PENGALAMAN
Pengalaman disini lebih pada interaksi kita entah itu terhadap diri kita sendiri, anggota keluarga, dan orang-orang di sekitar kita.
Sebuah pengalaman tentang bagaimana kita mengenal diri kita sendiri, respon spontan apa yang kita biasa tunjukkan lalu bagaimana kita mengatasi apa yang terjadi di sekitar kita.
Menurut kami, tahap ini adalah yang utama untuk dikuatkan terlebih dahulu.
Elemen yang terkandung di tahap ini adalah:
1. Love relationship
2. Frienship
3. Environment
4. Adventure

TAHAP 2: GROWTH/PERTUMBUHAN
Setelah pengalaman dengan diri sendiri dan orang lain kuat, maka fokus selanjutnya adalah pertumbuhan yang mengikuti diri kita yang nantinya akan berguna tak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain juga.
Elemen yang tercakup dalam tahap ini adalah:
5. Intellect
6. Health & Fitness
7. Skills
8. Spiritual Life

TAHAP 3: CONTRIBUTION/KONTRIBUSI
Maka dengan berbagi lengkaplah hidup ini, ungkapan yang sering terngiang dalam benakku.
Di tahap ini kita diajak untuk menyadari bagaiman kontribusi kita dalam keluarga dan sekitar kita juga terhadap diri sendiri.
Elemen yang mendetilkan tahap kontribusi ini adalah:
9. Creating Life
10. Career
11. Family Life
12. Community

Ada ungkapan tentang keluarga yang mengena sekali.
Aku menemukannya ketika menonton film Dian Sastrowardoyo dan Luman Sardi "7 Hari 24 Jam", bahwa: "The foundation of everything is a good family"



Amin. Amin. Amin.
Mampukan kami.

-Tuhan Memberkati-



No comments:

Post a Comment