Raport Homeschooling Abimanyu 2016

Di raport Tahun 4 ini melihat kembali perjalanan proses belajar Abi di usia 7 tahun.
Raport Abimanyu Tahun 1 (2013) ada di sini, Tahun 2 (2014) ada di sini, dan Tahun 3 (2015) ada di sini.

Ketika Abi berusia 4 tahun, kebetulan ada pameran pendidikan yang salah satu boothnya menyediakan jasa finger print dengan harga promo. Sebagai orang tua baru yang ingin tahu (a.k.a kepo), kami pun mencoba melakukannya ke Abi. Dari hasil finger print test dapat diketahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Abi, juga tipe gaya belajar dari analisa kecerdasan tersebut.
Memang tidak mutlak penilaian ini, namun setidaknya cukup sebagai bekal evaluasi di masa mendatang. Dan ternyata hasil ini bermanfaat di Raport Tahun 4 ini. Saat itu ada 8 jenis kecerdasan yang dianalisa, berdasarkan penelitian dari Dr. Howard Gardner.

Tiga Kekuatan Abi secara berurutan dari yang terkuat adalah:
1. Verbal Linguistic ((kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat -kalimat, presentasi, pidato, diskusi, tulisan)
2. Visual Spacial (kemampuan berpikir tiga dimensi)
3. Naturalis (kemampuan untuk dekat dengan tanaman, hewan, dan bagian lain dari alam semesta)

Sementara kekuatan lain yang mengikuti di bawahnya adalah:
4. Mathematic Logic (kemampuan mencari solusi matematika dan berpikir logis)
5. Kinesthetic Body (kemampuan menggunakan gerak tubuh dalam berekspresi)
6. Musical (kemampuan menggunakan musik sebagai komunikasi dan ungkapan ide)

Dan kekuatan yang paling rendah adalah:
7. Interpersonal/Sosial (kemampuan mengamati dan memahami motivasi dan maksud orang lain)
8. Intrapersonal/Pribadi (kemampuan memahami kemampuan diri dan menghargai diri) 

Namun ada 1 kekuatan yang belakangan ini tampak menonjol di Abi. Menurut yang aku baca di http://mytalentimpact.com/?s=pembelajar+afeksi, ada Kecerdasan Eksistensi.
Kecerdasan Eksistensi disebutkan juga sebagai Kecerdasan Moral atau Spiritual atau Rohaniah di artikel lain, yang mana didasari juga oleh penelitian Dr. Howard Gardner.

9-types-of-intelligence-infographic

Dari jenis kecerdasan di atas, perjalanan Tahun 4 ini menunjukkan dengan pasti bahwa memang sesuai "His Three Top Intelligences" berhasil dijalankan. Hasil "kerja" Abi ketika membuat presentasi dengan power point atau kumpulan video atau juga edit foto dengan berbagai aplikasi tampak semakin baik dan sangat suka bereksplorasi. Pemilihan warna dan huruf semakin variatif dan cantik.

Kemampuan membuat bermain dengan Lego Lasy Bricks semakin rumit. Bahkan ketika dihadapkan dengan Lego Technic. Dia berusaha tekun membuatnya dengan petunjuk yang ada. 
Gaya bahasa di blog Abi sekarang semakin runut dan jelas dibandingkan sebelumnya.
Juga, Abi mulai suka berpetualang dengan angka dan hitungan. Setiap waktu menghitung apapun yang dia rasa menarik. Seringkali tiba-tiba bertanya, "Mama, 4 dikali 4 itu 16 ya? ... Mama, 100 tambah 50 itu 150 ya?" dan seterusnya. Untuk menambah pengetahuan tentang matematika, Abi belajar bersama education.com.

Perkembangan gerak tubuh semakin banyak dengan renang, stretching, dan mencoba parkour.
Konser musik di Yamaha beberapa kali menjadi pengalaman berharga bagi Abi. Lagu baru berhasil diciptakan Abi dan yang membuatnya semakin tertantang adalah memainkan lagu umum berdasarkan kemampuan hearing, baik dari leading note juga chordnya. Abi sedang menikmati eksplorasi di situ.

Sementara, kemampuan interpersonal dan intrapersonal sangat kami amati di tahun ini. Bagaimana Abi menghadapi dengan kondisi yang ada dan kemajuan apa yang Abi tunjukkan dibandingkan tahun lalu. Lambat tak jadi masalah, justru menjadi pembelajaran penting kesabaran, terutama untukku. 

Dan yang menonjol seperti yang disebutkan di atas, Abi seringkali menanyakan tentang diri sendiri, bagaimana manusia muncul, bagaimana alam semesta ini terbentuk, hubungan dengan manusia lain. 


*Perkembangan Fisik Motorik

MOTORIK KASAR 
Pencapaian besar di tahun 2016 adalah Abi bisa berenang dengan usaha dan caranya sendiri. Sampai sekarang, dia masih terus berusaha berenang dengan berbagai gaya. Good Job Abi!
Bersepeda, main sepak bola/futsal, main petak jongkok dan berbagai permainan strategi cukup nyaman Abi lakukan. Melompat dan berlari masih terus dilakukan Abi. Maksud hati bergaya parkour, tapi karena belum paham tekniknya jadilah sering jatuh. Tapi usaha sangat oke.
Koordinasi tangan dan kaki semakin baik, walaupun terkadang masih perlu ditingkatkan.

MOTORIK HALUS
Umumnya masih sama dengan Tahun 3. Namun Abi mendapatkan kebanggaan untuk dirinya sendiri dari hasil permainan electone yang lebih baik belakangan ini. Membuat prakarya/crafting sudah sangat jarang dilakukan sendiri.


*Perkembangan Kognitif

Beberapa pencapaian ditunjukkan Abi di berbagai bidang.
Saat ini Abi sudah lancar sekali membaca. Abi mulai beralih ke buku-buku petualangan dengan banyak teks dan minim gambar, namun buku masa kecilnya tetap saja menjadi bacaan selingan.
Abi sudah bisa menciptakan lagu, membuat cerita karangan, dan menceritakan kembali apa yang sudah dibacanya atau film yang sudah ditontonnya, kemudian mengajak kami berdiskusi untuk mengambil hikmah pembelajaran dari cerita tersebut.

*Perkembangan Moral dan Spiritual

Belajar hening kembali digiatkan setelah beberap waktu di tahun lalu terhenti. Mulai "memanggil" kembali sensor dalam tubuh/diri Abi melalui lontaran pertanyaan yang ditujukan sebagai refleksi diri. Diskusi lebih dalam tentang alam semesta dan isinya yaitu makhluk hidup lebih sering dilakukan. Yah tentu saja Abi mulai suka bertanya-tanya tentang sejarah manusia, planet dan tata surya, mengapa kita di bumi, atau mengapa galaksi kita dinamakan Bima Sakti.

*Pertumbuhan Psikologis

Gigi susu Abi mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh. Daya ingat Abi juga semakin kuat, terutama ketika bepergian, Abi lebih sering mengingatkanku tentang jalan mana yang dilalui. Sifat keras kepala mulai berkurang dan lebih dapat menerima/pengertian karena kemampuan logikanya mulai berkembang.




TANTANGAN DI 2017

Sepertinya sudah saatnya untuk mengerucutkan proses pembelajaran Abimanyu di tahun 2017.
Abi sempat mengungkapkan kepada kami bahwa dia sangat ingin menambah kemampuannya dalam bergerak secara fisik di awal tahun 2017. Gerak fisik yang dimaksudkan Abi adalah sports dan dance. Kita lihat review-nya tahun depan.


Comments

Popular posts from this blog

2nd Pregnancy - Week30

Berkunjung ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Garasi Mobil dari Kardus Bekas