Monday, October 30, 2017

OASEKids: Juara 1 Lomba Dongeng Anak Nusantara


Sekitar awal Oktober 2017, flyer ini tersebar luas di medsos. Informasi tentang Lomba Dongeng Anak Nusantara pun sampai ke telinga para orang tua di seluruh penjuru, termasuk orang tua OASEKids.

OASEKids adalah anak-anak Pramuka usia Siaga yang berkegiatan bersama di Klub OASE di Rumah Inspirasi, Cipinang, Jakarta Timur.

Setelah sounding dan rembugan, akhirnya diputuskan untuk mengikuti Lomba ini walaupun dalam waktu yang singkat untuk mempersiapkan hal-hal penting terkait dengan persyaratannya.


OASEKids memilih judul Dongeng "Muzakir dan Dermawan". Dongeng ini dirasa sangat mengena makna ceritanya dan sangat lekat dengan keseharian di dunia nyata.


Tahap seleksi awal Lomba Dongeng ini adalah drama yang direkam dalam bentuk video yang kemudian diunggah di youtube dan kemudian disebarluaskan melalui medsos. Penilaian lolos seleksi adalah berdasarkan hasil voting LIKE terbanyak. Dialog drama diperbolehkan dengan cara dubbing atau rekam suara, sehingga saat rekam video para pemeran cukup mengikuti dialog yang sudah terekam sebelumnya.

Para Pemeran Drama Muzakir dan Dermawan untuk tahap seleksi awal adalah:
1. Oji – Muzakir
2. Raja – Dermawan
3. Alisha – pengemis 1
4. Vania – pengemis 2
5. Andini - pengemis 3
6. Ali – anak buah Muzakir
7. Syauqi – anak buah Muzakir
8. Duta – serangga besar
9. Yanthi – burung pipit
10. Adiva – burung pipit
11. Abimanyu – Narator




Dengan berbekal latihan dialog selama 2x, OASEkids tetap percaya diri dan video drama pun dikirimkan kepada panitia tepat di saat hari pengumpulan. Setelah melalui tahap sharing dan like di media sosial, beberapa waktu kemudian ada kabar dari panitia, bahwa OASEkids masuk sebagai nominasi di tahap semi final. Bahagianya anak-anak ketika mendapatkan kabar ini.

Dengan begitu, OASEkids pun akan tampil secara live di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Depok. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah... LATIHAN! :)

Berhubung akan ditayangkan secara live, maka anak-anak pun berlatih kurang lebih 3x. Terutama belajar untuk kontrol diri ketika nanti ada di panggung dan di belakang panggung, memahami alur cerita dan sigap ketika saatnya berperan, melafalkan dialog dengan lantang dan jelas, berekspresi sesuai dengan perannya, dan pastinya bersabar.

Untuk memeriahkan cerita Muzakir dan Dermawan ini, OASEkids merangkul beberapa teman lagi untuk menjadi penari. Ada Ibrahim, Hadi, Kayyisha, Aliyah, dan Ammeera. Maka latihan peran dalam tarian pun perlu dilakukan.

 Image result for oasekids


Sungguh ajaib anak-anak itu memang. Di hari penampilan mereka tampil dengan natural namun tenang. Dan tak disangka ternyata OASEkids mendapatkan JUARA 1 Lomba Dongeng Anak Nusantara ini. Wah anak-anak sangat bahagia pastinya... Orangtuanya juga hehe...
Selamat ya kalian semua...

Image result for oasekids



Berikut video OASEkids dalam Drama Muzakir dan Dermawan:






-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment