Thursday, June 7, 2018

DeKuLing di Malang

Membuat rencana, mengucapkan bersama, lalu melepaskan kepada semesta, dan akhirnya terjadilah. Begitulah yang kami -De Kaplongan (DK)- alami bersama. Saling mengungkapkan ide kegiatan, menyepakati, dan melakukannya dengan sepenuh hati sesuai kesepakatan apapun yang terjadi.

Setelah mengajak teman-teman di Rawamangun Jakarta Timur dan sekitarnya untuk berbagi cerita tentang Homeschooling,kami berpikir alangkah bahagianya jika Dekuling juga diagendakan dalam travelschooling kami ke Malang. Semesta mendukung rupanya. Teman-teman Malang sangat antusias.



Hari Kamis 10 Mei 2018, Dekuling terselenggarakan di Balai Desa Ngjio Karangploso Batu Malang.
DK dengan formasi komplit sungguh merasa tersanjung bisa berbagi cerita keseharian kami masing-masing kepada teman-teman HS Malang. Kurang lebih 25 keluarga yang hadir saat itu.

Perkenalan demi perkenalan mengalir satu per satu.
Bagaimana keluarga kami menjalani proses homeschooling dengan cara kami masing-masing.
Ada yang mengacu pada metode Charlotte Mason (CM), ada yang comot sana comot sini mengambil metode yang cocok di hati orang tua dan anaknya (Evan Moor, KurNas, Online Education lainnya), ada juga yang senyaman anaknya menjalani.

Beberapa peserta juga menceritakan petualangan mereka bersama anak-anak. Sebagian ada yang sudah memulai homeschooling, ada juga yang baru akan mencoba.
Yang membahagiakan adalah ketika keluarga yang mencoba menjalankan bercerita bahwa mereka menemukan kedamaian dan kenyamanan baru dalam hubungan orang tua dan anak. 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi prioritas utama dalam kehidupan berkeluarga dan mengantarkan anak-anak dengan bekal kuat adalah :
1. bentuk komunikasi yang baik sangat memberikan dampak positif untuk anak
2. membangun pertanyaan penuh makna (powerful questioning) tanpa judgment di awal
3. perlu memancing minat dan terus menemaninya
4. pemaparan berbagai profesi bisa dimulai dari usia 7tahun
5. di bawah 7tahun sangat penting untuk dikenalkan nilai moral 
6. jadwal sehari-hari bisa dibuat bersama anak-anak
7. menjalankan agenda akan lebih baik jika dengan kesepakatan untuk memicu tanggungjawab
8. kegiatan domestik/pekerjaan rumah bisa diperkenalkan sejak dini sesuai porsi usia
9. membacakan cerita setiap malam sebelum tidur sangat meningkatkan bonding/ikatan batin
10. sering mengobrol bersama anak dan memeluk mereka akan memberikan percaya diri dan kekuatan kepada mereka untuk bicara jujur

Selama acara DeKuLing, anak-anak mendapatkan pengalaman untuk belajar menghias Tote Bag dan membuat serabi ala Batu. Cukup menyenangkan bagi anak-anak hingga memamerkan hasil karya mereka dengan sebuah kebanggaan.

Terimakasih ya emak-emak DK sayang atas kebersamaan ini.





-Tuhan Memberkati-

No comments:

Post a Comment